by

Aneka Tempat Wisata Di Sidoarjo Yang Harus Kamu Kunjungi

Tahukah Kamu tentang sebuah kota yang bernama Sidoarjo?
Tahukah Kamu jika di Sidoarjo terdapat tempat wisata?
Kali ini Saya akan membahas tentang tempat wisata yang ada di Kota kelahiran Saya, Sidoarjo.

Sidoarjo adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Bersama dengan Gresik, Sidoarjo merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila (Gresik–Bangkalan–Mojokerto–Surabaya–Sidoarjo–Lamongan).

Popularitas Kota Sidoarjo mungkin masih kalah dengan popularitas Kota Surabaya. Namun, Sidoarjo adalah kota yang harus Kamu kunjungi. Sidoarjo adalah tempat yang bersih, aman, nyaman, tentram, dan ramah. Kabupaten Sidoarjo memiliki slogan : “Sidoarjo bersih hatinya”. Terdapat Ikan bandeng dan udang pada Lambang Kabupaten Sidoarjo, yang mengartikan bahwa udang dan ikan bandeng adalah hasil tambak dalam daerah Kabupaten Sidoarjo. Sidoarjo juga sering disebut sebagai Kota Petis.

Sebagai orang Sidoarjo maka tidak ada salahnya jika Saya memberikan info tempat wisata di Sidoarjo. Tak banyak diketahui orang jika Sidoarjo juga punya objek tempat wisata dan wisata kuliner. Jika Kamu mengunjungi Sidoarjo, maka Kamu harus mampir ke tempat-tempat ini.

Aneka Tempat Wisata Di Sidoarjo Yang Harus Kamu Kunjungi

1. Museum Mpu Tantular Sidoarjo


Jika Kamu ingin mengunjungi tempat wisata yang kaya akan pengetahuan sejarahnya, maka Kamu harus mengunjungi museum Mpu Tantular. Didalam Museum Mpu Tantular, Kamu bisa menemukan fosil-fosil hewan purba, transportasi kuno yang antik, senjata-senjata pada zaman dahulu, budaya-budaya islam, hindu-budha, benda peninggalan zaman kolonial, dan masih banyak lagi. Museum Mpu Tantular dulu bernama Stedelijk Historisch Museum Soerabaia, didirikan oleh Godfried von Faber pada tahun 1933 dan diresmikan pada tanggal 25 Juli 1937. Saat ini, museum ini dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis pada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.
Alamat lokasi Museum Mpu Tantular ada di  Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Jl. Raden Moh. Mangundipi, Siwalanpanji, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252.

2. Pazkul Sidoarjo

Kamu lapar? Dan ingin makan? Mungkin Kamu akan suka dengan tempat wisata kuliner ini. Paszul aka Pazar Kuliner merupakan tempat dimana Kamu bisa menemukan tempat makan dengan gaya cafe outdor. Semua makanan ada disana, mulai dari makanan khas daerah, makanan ala restoran, makanan cemilan, dan juga tersedia aneka minuman seperti jus dan kopi. Pazkul ramai saat malam hari, dan terdapat aksi dari band musik yang akan menemani Kita. Bisa dibilang bahwa, Pazkul adalah tempat wisata kuliner terlengkap yang ada di Sidoarjo.
Alamat Lokasi Pazkul ada di Jalan Kahuripan Nirwana No.7, Entalsewu, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252.

3. WaterPark Suncity Sidoarjo


Ingin berenang? Kunjungi saja Objek wisata kolam renang ini. Waterpark Suncity adalah wisata taman air terbesar di Sidoarjo. Disini, Kamu bisa berenang dan bermain air. Terdapat pula wahana air yang menarik. Didalamnya juga ada kios-kios makanan jika Kamu lapar setelah berenang. Ada juga kios yang jual perlengkapan berenang. Terdapat pula kamar mandi yang bisa digunakan untuk ganti pakaian. Disebalah Waterpark Suncity, ada Mall besar yang bisa Kamu datangi untuk berbelanja.
Alamat Waterpark Suncity ada di Lemahputro, Jl. Pahlawan No.1, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61213.

4. Alun-Alun Sidoarjo


Tak lengkap jika mampir ke Sidoarjo tanpa mengunjungi Alun-alunnya. Waktu yang paling tepat untuk mendatangi alun-alun Sidoarjo adalah di minggu pagi. Di minggu pagi, jalan raya ditutup untuk Car Free Day, Kamu bisa bebas jalan-jalan mengelilingi alun-alun untuk sekedar olah raga. Ada pula pedagang kaki lima dan warung-warung yang berjualan makanan dan minuman di pinggir alun-alun. Kamu juga bisa nongkrong bareng sama teman, pacar, ataupun keluarga. Lokasi alun-alun Sidoarjo sangat strategis dan mudah sekali ditemukan karena alun-alun Sidoarjo berada di Ibukota Sidoarjo, Dan terdapat juga kantor pemerintahan Sidoarjo yang dekat dengan alun-alun Sidoarjo.
Alamat Alun-alun Sidaorjo berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Sidokumpul, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61212.

5. GOR Sidoarjo (Stadiun GOR dan Kolam Renang GOR)


GOR Sidoarjo (Gelora Delta Sidoarjo) adalah objek wisata yang harus Kamu kunjungi juga. Ada 2 tempat yang menarik di kawasan GOR Sidoarjo ini, yaitu: Stadion GOR Sidoarjo dan Kolam Renang GOR Sidoarjo.Stadion GOR adalah Stadion sepakbola kebanggaan orang Sidoarjo. Stadion ini digunakan Tim Deltras Sidoarjo untuk berlatih. Keunikan Stadion ini adalah karena memiliki lintasan atletik, dan satu-satunya di Indonesia. Stadion GOR Sidoarjo dibangun pada tahun 2000 dan dapat menampung hingga 35.000 orang.
Lokasi Stadion GOR Dlta Sidoarjo beralamatkan di Komplek Stadion Gelora Delta, Jl. Pahlawan, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61212.

Tidak jauh dari Stadion Gelora Delta, terdapat kolam renang. Ada kolam renang untuk dewasa dan remaja, dan ada juga kolam renang untuk anak-anak dan balita. Kolam renang dewasa memiliki kedalaman sampai 220 meter. Tidak ada wahana air disini, jadi Kita bisa fokus untuk berenang. Ada penjaga kolam renang juga yang disiapkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ada kamar mandi untuk ganti pakaian.
Alamat Kolam Renang GOR Sidoarjo ada di Jl. Pahlawan No.200, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61212

6. Masjid Agung Sidoarjo


Tidak jauh dari alun-alun Sidoarjo, terdapat masjid agung Sidoarjo, lokasinya di sebelah barat alun-alun Sidoarjo. Bangunan ibadah ini cocok sekali untuk Kamu yang ingin berwisata religi atau ingin menunaikan ibadah shalat bagi orang muslim.
Masjid Agung Sidoarjo berlokasi di Jl. Sultan Agung No.40, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 60294

7. Lumpur Lapindo Sidoarjo


Sebuah kesalahan pengeboran dari PT Lapindo telah mengakibatkan munculnya luapan lumpur dari dalam bumi. Lumpur tersebut terus keluar sampai menggenangi kawasan penduduk Dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Kejadian ini terjadi sejak Mei 2006, sampai sekarang. Saat ini, lumpur lapindo dijadikan sebuah objek wisata alam.
Lokasi lumpur lapindo terletak di  Dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

8. Delta Fishing Sidoarjo


kamu punya hoby mancing? Maka Delta Fishing merupakan tempat yang paling tepat buat Kamu. Kamu bisa memancing ikan Mujahir, Nila, Gurame, Bandeng, dan Bawal. Adapula fasilitas kolam renang dan wahana outbond. Ada juga warung untuk Makan. Perahu juga disediakan jika Kamu ingin mengelilingi area delta fishing.
Letak Delta Fishing Sidoarjo ada di Prasung, Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61252

9. Candi Pari Sidoarjo


Candi Pari adalah candi peninggalan kerajaan Majapahit, pada masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk 1350-1389 M. Dahulu, di atas gerbang ada batu dengan angka tahun 1293 Saka = 1371 Masehi. Candi Pari ini memiliki tinggi 15,40 meter, panjang 16 meter dan lebar 14,10 meter. Cocok buat Kamu yang ingin sekedar berfoto di bangunan klasik bersejarah ini.
Candi Pari beralamatkan di Jl. Purbakala, Porong, Candipari, Porong, Candipari, Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61274

10. Pantai Kepetingan Sidoarjo


Kamu pasti tak akan menyangka jika di Sidoarjo memiliki pantai. Pantai Kepetingan Sidoarjo sebenarnya merupakan muara dari sungai-sungai yang ada di Sidoarjo. Pantai Kepetingan Sidoarjo dikelilingi oleh tambak, tumbuhan mangrove, serta hutan pantai. Letaknya kurang strategis dan cukup terpencil membuatnya sulit untuk dijangkau. Kamu bisa menyaksikan upacara nyadran yang diadakan 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Ramadhan dan bulan Maulid. Ritual nyadran ini bertujuan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, serta sebagai wujud syukur dari masyarakat setempat kepada Allah atas melimpahnya hasil tangkapan ikan para nelayan. Pantai Kepetingan juga sering disebut sebagai Pantai Ketingan.
Alamat Pantai Kepetingan Sidoarjo ada di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Nah sekarang Kamu sudah tahu Tempat Wisata Sidoarjo yang wajib dikunjungi. Lalu, apa saja wisata kuliner khas Sidoarjo? Kamu bisa baca artikel tentang Aneka Kuliner Khas Sidoarjo Yang Harus Kamu Cicipi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *