5 Band Rock Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

erwinpratama.com – Setelah Saya memposting artikel yang berjudul Band POP Indonesia Terbaik yang pernah ada. Sekarang Saya akan kembali menulis tentang Band Rock Indonesia Terbaik Sepanjang Masa.

Selain musik pop, ternyata Indonesia juga menyukai musik dengan aliran rock. Ini terbukti dengan cukup banyak band rock yang ada di Indonesia. Band-band rock ini telah memiliki banyak fans, bukan fans biasa namun fans setia.

Musik Rock atau musik Rock And Roll adalah musik yang sebenarnya berasal dari Amerika Serikat. Musik Rock sudah ada sekitar tahun 1940an – 1950an, dan menjadi populer juga di tahun tersebut.

Pada akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an, musik rok berkembang menjadi berbagai subgenre (subkategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, punk rock, hardcore punk, dan alternative rock.indie rock, nu metal, dan lainnya.

Band rock adalah sebuah kelompok musik yang membawakan musik beraliran rock saat Mereka beraksi diatas panggung atau membawakan lagu rock saat merilis album musik atau single-single Musik. Band Rock ini memiliki anggota yang berperan sebagai: Penyanyi Rock, gitar bass, drummer, dan lain-lain tergantung genre musik rock yang dibawakan.

band rock indonesia

Perkembangan musik rock di Indonesia ini cukup bagus, namun sepertinya masih kalah dengan musik pop dan musik dangdut. Walaupun begitu, penggemar musik rock tetap setia menikmati lagu rock yang dibawakan oleh idola penyanyi rock Mereka.

Musik rock yang awalnya dari amerika serikat, Kini telah menyebar luas sampai ke Indonesia, dan muncullah band Indonesia rock yang membawakan lagu rock Indonesia.

Erwin cukup suka dengan lagu-lagu yang bermusik rock. Lalu band rock Indonesia apa sajakah yang terbaik?

5 Band Rock Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

1. God Bless

God Bless adalah band musik rock yang dianggap telah menjadi legenda di Indonesia. God Bless adalah grup musik rock yang berjaya pada tahun 1970an. Band God Bless pernah menjadi pembuka konser band Deep Purple (Band Rock legendaris dunia) di Jakarta pada tahun 1975. God Bless terkenal dengan vokalisnya yang bernama Ahmad Albar. Nama God Bless dipakai oleh band rock ini pada bulan Mei 1973.

Lagu-lagu God Bless yang melegenda adalah: Rumah Kita, Damai, Huma, Semut Hitam, Kehidupan, Anakku, She Passed Away, Aku Bersaksi, Apa Kabar?, Srigala Jalanan.

2. Slank

Slank adalah Band Rock Indonesia yang lahir pada tahun 1983. Awalnya Band ini bernama CSC (Cikini Stones Complex ), yang awalnya hanya mencover lagu Band Rock Rolling Stones. CSC bubar karena jenuh mencover lagu milik orang lain dan akhirnya memutuskan membentuk band yang bisa membawakan lagu Mereka sendiri, Lalu kemudian dipilihlah nama Slank. Asal mula dipilih nama SLANK adalah karena Mereka sering disebut sebagai cocok SELENGEAN (laki Urakan/laki nakal).

Slank debut dengan album pertamanya yang berjudul “Suit… Suit… He… He…” (Gadis Sexy), dengan single andalannya “Memang” dan “Maafkan” itu meledak dipasaran sehingga mereka pun diganjar BASF Award untuk kategori pendatang baru terbaik.

Tahun 2008 dan 2009, Grup musik Slank mendapatkan predikar sebagai Indonesia’s Highest-Paid Music Star (bintang musik berbayaran termahal) dengan penghasilan 500 juta rupiah sekali manggung.

Lagu-lagu Slank terbaik adalah: I Miss U but I hate U, Mars Slankers, Ku Tak Bisa, Balikin, Terlalu Manis, Kamu Harus Pulang, Anak Terbuang, Pulau Biru, Memang, Suit…Suit…he…he.

3. Jamrud
jamrud
Jamrud adalah band rock yang berasal dari Indonesia, terbentuk pada tahun 1984 di Cimahi, Jawa Barat. Awalnya band ini bernama Jamrock, namun kemudian namanya dirubah menjadi Jamrud. Grup musik rock Jamrud terkenal dengan vokalisnya yang bernama Krisyanto. Jamrud ini adalah band yang sukses membawakan musik cadas di Indonesia. Album pertama Jamrud berjudul “Nekat”, yang dirilis tahun 1996.

Lagu-lagu Jamrud yang paling bagus adalah: Pelangi di Matamu, Putri, Kabari Aku, Surti Tejo, Selamat Ulang Tahun, Berakit-rakit, Ningrat, Waktuku Mandi, Telat 3 Bulan, Terima Kasih.

4. NTRL (Netral)
netral ntrl
Band NTRL (sebelumnya bernama Netral) merupakan band rock asal Indonesia yang diciptakan pada november 1991. Band Netral (NTRL) ini terkenal dengan vokalisnya yang bernama Bagus Dhanar Dhana. Debut dari Band NTRL adalah saat video klip Mereka yang berjudul Wa..lah ditayangkan di Stasiun Tv MTV Indonesia yang pada waktu itu berkolaborasi dengan ANTV. Lagu Wa..Lah (dirilis tahun 1995) ini memang lagu andalan dari album pertama Mereka.

Lagu-Lagu Netral yang sangar-sangar adalah: Wa..Lah, Nurani, Sorry, Terbang Tenggelam, Lintang, Pertempuran Hati, Garuda di Dadaku, Sakit Jiwa, Cahaya Bulan, Pelangi.

5. Superman Is Dead

Superman Is Dead (biasa disingkat menjadi SID), ialah band rock Indonesia yang berasal dari pulau Bali, lebih tepatnya di Poppies Lane II – Kuta, Bali. Grup musik Rock ini terkenal dengan vokalisnya yang bernama Bobby Kool. Band Superman Is Dead dibentuk pada tahun 1995 di Kota Bali. Awalnya band ini bernama Superman Is Silver Gun, namun karena kurang cocok, akhirnya diganti menjadi Superman Is Dead. Nama “Superman Is Dead” memiliki makna, jika manusia yang sempurna hanyalah illusi belaka dan imajinasi manusia yang tidak akan pernah ada. Bisa dibilang jika arti dari “Superman Is Dead” adalah Tidak ada manusia yang sempurna.
Album pertama Band Superman Is Dead adalah “Kuta Rock City” yang dirilis tahun 2003, yang didalamnya terdapat single-single favorit seperti: “Punk Hari Ini” dan “Kuta Rock City”.

Lagu-lagu Superman Is Dead Terbaik adalah: Sunset di Tanah Anarki, Kuat Kita Bersinar, Jadilah Legenda, Jika Kami Bersama, Kuta Rock City, Punk Hari Ini, Saint of My Life, Black Market Love, Lady Rose, Bukan Pahlawan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *