9 Cara Mengatasi Komputer Windows Yang Lemot

erwinpratama.com – Komputer atau juga laptop memang menjadi kebutuhan yang penting di zaman globalisasi seperti ini. Dengan komputer, kamu dapat berkerja ataupun bermain game. Pekerjaanmu menjadi lebih ringan dengan komputer. Komputer juga bisa menghiburmu dengan memainkan permainan yang sudah terpasang di pc tersebut. Mungkin komputermu terasa cepat saat pertama kali kamu membelinya. Namun lama-lama kamu merasa komputermu semakin melambat. Kamu pun heran Kenapa Komputer Lemot? Komputer yang lambat pasti akan membuatmu jengkel dan ingin membanting komputer yang kamu miliki. Jangan dibanting dan tidak perlu beli komputer baru. Karena Erwin bisa membuat performa komputermu menjadi cepat dengan tips dibawah ini.

komputer lemot

Penyebab Komputer Lemot

  • Terlalu banyak program yang terinstal.
  • Terlalu banyak startup program atau service yang berjalan.
  • Temporary file yang menumpuk banyak.
  • Program Security seperti antivirus yang terlalu banyak.
  • Masalah Pada Hard Disk.
  • Adanya program jahat seperti virus atau malware.
  • File sistem ada yang error atau hilang.
  • Hardware Overheat (terlalu panas).
  • Program yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer.
  • Spesifikasi hardware yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Tutorial ini menggunakan komputer atau laptop windows, khususnya windows 7.

1. Uninstall Program Yang Tidak Dibutuhkan
Terlalu banyak jumlah program yang terinstal akan mempengaruhi kinerja komputer kamu. Untuk dapat berjalan, program membutuhkan memory. Tentu saja kapasitas memory ram akan termakan oleh program. Semakin banyak program, semakin banyak memory ram yang terpakai. Selain itu program yang jarang dipakai juga akan menguras kapasitas memory pada hard disk. Untuk itu instal program seperlunya saja dan uninstal progam yang jarang digunakan.
Cara uninstal program software maupun game yaitu: Masuklah ke control panel, lalu pilih programs and features

2. Kurangi Startup Program & Service Yang Berjalan
Hal ini masih berhubungan dengan nomer 1. Seperti yang telah diketahui bahwa suatu program memerlukan memory untuk bisa berjalan. Semakin banyak program yang terpasang, maka semakin banyak pula program dan service yang akan berjalan saat windows startup.
Untuk dapat melihat program startup program dan service yang berjalan otomatis, kamu harus masuk ke System configuration.
Cara menonaktifkan startup program dan service yang berjalan yaitu: Klik windows start button, lalu akan masuk ke start menu, pada kotak search di start menu ketik “msconfig”, lalu pindahkan ke tab service atau tab startup.
Kamu juga bisa melihatnya di task manager.

3. Hapus Temporary File
Windows dan program yang terinstal akan membuat file temporary secara otomatis untuk berbagai fungsi, seperti menyimpan informasi pada ketika melakukan instalasi program atau software. File temporary ini tidak dibutuhkan lagi setelah keluar dari program atau ketika shut down dari Windows. Berbagai aplikasi tidak selalu membersihkan file temporary mereka setelah pengguna komputer keluar dari program tersebut. Temporary file yang sudah membengkak akan cukup mampu untuk menurunkan performa kompuer kamu. Bahkan hard diskmu juga akan terkuras karenanya.
Cara membersihkan temporary file yaitu: Klik start, pada kotak search yang ada di start menu ketik “cleanmgr”, lalu pilih drive yang akan dibersihkan.

4. Batasi Jumlah Program Security (antivirus)
Menginstal antivirus cukup hanya 1 saja pada sebuah pc. Menginstal lebih dari satu program antivirus hanya akan melambatkan komputer. Hal ini karena program antivirus selalu berjalan otomatis saat komputer mulai dihidupkan. Dan antivirus juga memerlukan memory yang lumayan besar untuk melakukan pekerjaannya. Agar komputer aman dari virus, kamu hanya perlu mengupdate antivirus saja.

5. Bersihkan atau Perbaiki Hard disk
Hard disk yang bermasalah juga menjadi faktor yang menjadikan komputermu melambat.
Berikut masalah pada hard disk dan solusi memperbaikinya.

  • Hard disk low space (kurang ruang)
  • Hard yang terfragmentasi
  • Hard disk yang sudah berumur lama, sehingga kecepatan rpm (kecepatan menulis data hard disk) hardisk menurun
  • hard disk bad sector / hard disk error

Solusinya adalah:

  • Kebanyakan aplikasi atau game yang terinstal akan mengurangi kapasitas hard disk. Menyimpan banyak file seperti foto, gambar, ataupun video juga akan memakan ruang hard disk.
    Solusi hard disk low space adalah menghapus program atau file yang kurang dibutuhkan. Solusi lain anda bisa mengupgrade kapasitas hard disk dengan membeli hard disk baru.
  • Defragment hard disk, caranya klik start button, pada start menu pilih folder accessories, lalu pilih system tools, kemudian pilih disk defragmenter
  • Jika hard disk diketahui rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka sebaiknya ganti atau beli hard disk baru.

6. Bersihkan Komputer Dari Virus Atau Malware
Virus akan merusak komputermu seperti menghapus sistem file atau membuat sistem file menjadi corrupt (rusak). Virus juga dapat mengubah registry yang ada pada windows. Hal inilah yang membuat komputer terasa lemot. Solusinya yaitu selalu update antivirus kmputer kamu.

7. Hardware Overheat
Jika komputer terlalu lama digunakan maka hardware seperti vga, processor, ram, atau kompenan lain akan menyebabkan over heat (panas yang berlebihan). Overheat akan menyebabkan pc akan hang dan melambat. Bahkan jika dibiarkan terlalu lama, hardware kamu bisa cepat rusak. Solusinya adalah matikan sementara pc atau laptop kamu. Atau kamu bisa memakai sistem pendingin untuk mendinginkan perangkatmu.

8. Upgrade Spesifikasi Hardware
Mungkin spesifikasi dari hardware yang ada di laptop atau pcmu kurang memenuhi kebutuhanmu. Jika begitu kamu perlu mengganti hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Hardware yang diganti bisa processor, memory ram, hard disk, atau kartu vga.

9. Beli Komputer / Laptop Baru
Jika semua cara diatas masih kurang berhasil mendongkrak performa perangkatmu, maka kamu harus membeli laptop atau komputer baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Sebelum membeli, kamu harus memikirkan spesifikasi yang dibutuhkan untuk kamu. Misalnya jika kamu seorang desain grafis atau game, kamu butuh spesifikasi yang tinggi. Jika kamu hanya menggunakan untuk mengerjakan tugas saja, spesifikasi sedang sudah cukup.

Tutorial diatas juga bisa dibilang sebagai Cara Mengatasi Laptop Lemot karena tips diatas juga bisa digunakan untuk laptop windows.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *