10 Merek Smartphone Terbaik Dan Terlaris Yang Paling Populer Di Indonesia

erwinpratama.com – “Smartphone” jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia akan memiliki arti “Ponsel Cerdas”. Bisa dibilang jika smartphone adalah sebuah ponsel yang dianggap cerdas karena memiliki banyak fitur canggih didalamnya. Atau bisa dibilang jika smartphone adalah sebuah ponsel yang memiliki sistem operasi yang mampu meringankan hampir semua pekerjaan manusia.

Sebelum era smartphone muncul, muncullah terlebih dahulu sebuah ponsel jadul yang masih menggunakan keypad dan tentu saja masih belum memiliki sistem operasi. Ponsel jadul saat itu hanya bisa digunakan untuk kirim SMS dan telepon saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, sebuah ponsel harus berEVOLUSI demi mencukupi kebutuhan Manusia.

merk smartphone

Smartphone-smartphone yang pernah menghiasi pasar ponsel Indonesia adalah Nokia Symbian, Sony Ericsson Symbian, BlackBerry, Iphone, dan Smartphone Android. Indonesia sepertinya telah menjadi sasaran empuk bagi produsen-produsen smartphone. Terbukti dengan banyaknya merek smartphone yang beredar di tanah air. Namun smartphone yang menjadi idola saat ini adalah smartphone android dan smartphone iOS. Lalu merek smartphone terbaik yang ada di Indonesia apa saja? Erwin akan memberikan daftar brand smartphone yang paling laku di pasar Indonesia.

10 Merek Smartphone Terbaik Dan Terlaris Yang Paling Populer Di Indonesia

1. Samsung
samsung
Samsung adalah perusahaan elektronik asal Korea Selatan, yang didirikan oleh Lee Byung-chull pada 1 maret 1938. Produk andalan Samsung adalah Samsung Galaxy S series dan Samsung Galaxy Note series.

Urutan teratas sepertinya memang pantas ditempati oleh Samsung. Selain populer di dunia, Samsung juga diminati banyak orang di Indonesia. Bisa dibilang jika sekarang Samsung adalah rajanya smartphone. Karena banyak dipakai masyarakat Indonesia, Orang-orang Indonesia menyebut Samsung sebagai HP sejuta umat.

Strategi pemasaran Samsung dalam mempopulerkan produknya dinilai sangat baik. Samsung menyasar ke berbagai segmen konsumen. Mulai dari segmen bawah dengan mengeluarkan Smartphone Samsung Low-End, Lalu segmen menengah dengan meluncurkan Smartphone samsung Mid-End, dan terakhir menyasar ke segmen atas dengan merilis smartphone samsung High-End. Bukan hanya itu saja, Gerai service center Samsung juga sudah tersebar di hampir seluruh Indonesia. Selain itu Samsung juga rajin mengiklankan produk terbaru Mereka di TV.

PT Samsung Electronics Indonesia (SEIN) adalah perusahaan yang merilis dan memasarkan Smartphone Samsung di Indonesia, jadi tak heran jika smartphone samsung yang ada di Indonesia semuanya bergaransi SEIN.

2. Iphone
iphone
Iphone adalah Smartphone buatan Perusahaan Apple yang bermarkas di California, Amerika. Apple inc didirikan pada 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Selain menciptakan produk smartphone, Apple juga menciptakan produk Komputer desktop, Laptop Macbook.

Mendengar kata Iphone, pasti yang pertama terlintas di pikiran orang-orang adalah smartphone premium, mewah, dan berkelas. Ya itu benar saja, dengan memiliki hp iphone, Kamu akan merasa seperti orang kaya dan berkelas. Karena harganya yang terbilang mahal, Iphone bisa dibilang sebagai hapenya orang kaya. Kalau Kamu bisa membeli Iphone, Kamu bisa dengan bangga memamerkan Iphone Baru Kamu ke orang-orang. Kamu bisa tampil gaya dengan Iphone.

Karena harganya yang terbilang mahal, maka tidak semua orang bisa membelinya, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membeli Iphone. Mungkin ini memang menjadi strategi pemasaran dari Apple sendiri. Perusahaan Apple mematok Iphone dengan harga mahal agar terkesan sebagai smartphone premium. Jadi orang-orang yang membeli Iphone akan merasa Dirinya istimewa dan berkelas.

Berbeda dengan smartphone kebanyakan yang menggunakan os Andoid, Iphone secara khusus menggunakan sistem operasi iOS.

Garansi Iphone di Indonesia ada 2 macam: garansi resmi dan garansi distributor. Iphone bergaransi resmi adalah Iphone dengan garansi TAM, Ibox, SES, Trikomsel, Erajaya. Sedangkan garansi distributor adalah Platinum, The One, B-Cell.

3. Xiaomi
xiaomi
Smartphone Xiaomi dibuat oleh Xiaomi inc yang berpusat di Beijing, Cina. Perusahaan Xiaomi didirikan oleh Lei Jun pada 6 April 2010.

Xiaomi adalah smartphone buatan Cina yang sangat populer di Indonesia. Xiaomi terkenal sebagai perusak harga pasaran smartphone. Bagaimana tidak, Xiaomi menjual smartphonenya dengan harga lebih murah dari kompetitornya. Mau tidak mau kompetitoranya juga harus menurunkan harga Mereka demi dapat bersaing dengan Xiaomi. Orang-orang memilih Xiaomi karena harganya yang murah. Orang-orang ingin mendapatkan smartphone spesifikasi tinggi dengan harga yang semurah mungkin.

Kenapa HP Xiaomi bisa murah? Hal ini karena strategi pemasaran Xiaomi yang juga murah. Xiaomi tidak pernah mengiklankan barangnya di TV, tidak ada sponsor hp xiaomi di tv. Xiaomi mengiklankan produknya lewat internet dan media sosial. Selain itu Xiaomi mengaku jika Dirinya hanya mengambil “sedikit keuntungan” dari setiap penjualan hp xiaomi. Strategi Xiaomi inilah yang membuat harganya menjadi murah.

4. Sony Xperia
sony xperia
Sony Xperia adalah merek Smartphone buatan Jepang yang diciptakan oleh Sony Mobile Communications Inc, yang berada dinaungan perusahaan Sony Corporation. Perusahaan Sony didirikan sejak 7 Mei 1946 oleh Masaru Ibuka & Akio Morita. Smartphone andalan Sony adalah Sony Xperia Z Series, Sony Xperia X Series, dan Sony Xperia XZ Series.

Sebelum muncul smartphone Sony Xperia, HP merek Sony Ericsson lebih dahulu populer di Indonesia. Para penggemar HP Sony biasanya tergolong LOYAL atau SETIA. Kalau udah jatuh cinta sama produk sony, maka Mereka akan selalu percaya pada produk-produk bermerek Sony. Desain HAPE Sony yang cantik selalu membuat orang-orang jatuh cinta, khususnya bagi penggemar HP Sony. Selain desain body Xperia yang cantik, Build Quality nya juga bagus, Produk Jepang gitu Lho.

Namun belakangan ini, Smartphone Sony Xperia sudah sangat jarang ditemui lagi di Indonesia. Konon katanya Sony Xperia sudah jarang dijual di Indonesia. Sepertinya Sony Xperia tidak mampu bersaing di pasar Indonesia. Kelemahan terbesar Sony adalah… Mereka tidak berhasil memasarkan produk Smartphone Mereka dengan baik. Bahkan tidak ada produk Sony Xperia yang diiklankan di TV Indonesia.

5. Oppo
oppo
Oppo adalah merek Smartphone yang dibuat oleh OPPO Electronics Corp yang berbasis di Dongguan, Guangdong, Cina.

Mendengar Mereknya saja membuat Orang yang mendengarnya merasa lucu, karena nama “Oppo” terdengar seperti bahasa Jawa “OPO” yang berarti “Apa”. Namun berkat nama brand tersebut, orang-orang jadi suka karena terasa tidak asing di telinga orang Indonesia, khususnya orang Jawa.

Ternyata Oppo termasuk Smartphone Cina yang banyak digemari oleh orang-orang Indonesia. Strategi pemasaran OPPO terbilang cukup bagus. Produk Oppo hampir selalu diiklankan di televisi. Selain itu, Oppo juga memiliki maskot, berbentuk robot boneka dengan warna putih dan hijau yang lucu, yang ditugaskan juga sebagai media promosi.

6. Vivo
vivo
Vivo merupakan merek Smartphone asal Tiongkok yang dibuat oleh perusahaan Vivo. Vivo adalah anak perusahaan dari BBK electronics yang didirikan oleh Shen Wei pada tahun 2009, yang bermarkas di Dongguan, Guangdong, Tiongkok.

Vivo sepertinya cukup sukses memasarkan produknya di Indonesia, terbukti dengan banyaknya orang Indonesia yang menggenggam hp Vivo. Sama seperti Oppo, Vivo juga punya maskot boneka robot yang lucu berwarna Biru dan putih. Kadang Maskot Oppo dan Vivo saling terlibat perkelahian lucu yang bikin gemez orang-orang yang melihatnya. Iya mungkin inilah salah satu strategi pemasaran dari VIVO dan juga OPPO tentunya.

7. Asus Zenfone
asus zenfone
Asus Zenfone adalah merek Smartphone yang diproduksi dan dipasarkan oleh ASUS. Asus Zenfone memulai debutnya pada tahun 2014. Asustek Computer Inc adalah perusahaan elektronik yang berpusat di Taiwan. Perusahaan Asus didirikan oleh TH Tung dan Ted Hsu pada 2 April 1989.

Mendengar nama “ASUS” pasti yang terlintas dipikiran orang-orang adalah laptop Asus. Dari dulu, Asus memang terkenal dengan produk laptopnya. Dan kebanyakan orang Indonesia menggunakan Notebook ataupun Netbook Asus. Asus sepertinya tak puas jika hanya mengandalkan produk laptopnya saja. Asus kemudian melebarkan sayapnya ke dunia Smartphone. Asus lalu merilis Smartphone dengan brand Asus Zenfone.

8. Advan
advan
Advan adalah merek smartphone pabrikan Indonesia yang diproduksi oleh Perusahaan Advan yang berpusat di Jakarta, Indonesia. Pabrik Advan resmi dibangun pada tahun 2017 di Jakarta.

Kita harus bangga pada produk Indonesia yang satu ini. Ternyata Indonesia sudah bisa menciptakan smartphone sendiri dengan brand Advan. Dan faktanya, Advan adalah salah satu hp pintar karya anak bangsa yang banyak dipakai di Indonesia. Harganya murah dan merakyat namun kualiasnya tidak kalah  dengan ponsel luar negeri. Justru Kita harus mendukung produsen ponsel dalam negeri agar bisa bersaing dengan ponsel luar negeri.

9. Lenovo
lenovo
Lenovo adalah merek Smartphone asal Cina yang diproduksi oleh Lenovo Group Limited. Perusahaan Lenovo dibuka pada tahun 1984 oleh Liu Chuanzhi.

Awalnya banyak yang mengira kalau Lenovo ini adalah merek Barat/merek Amerika, namun itu tidak benar, Lenovo adalah nama brand asal Cina. Mulanya Lenovo memperkenalkan diri sebagai produsen elektronik yang populer dengan produk PC dan Laptop. Kemudian Lenovo ikut meramaikan pasar smartphone dengan membuat ponsel cerdas dengan nama Lenovo.

10. Nokia
nokia
Nokia adalah merek smartphone yang dibuat oleh Nokia Corporation di Finlandia, namun sekarang lisensi nama “Nokia” dipegang oleh perusahaan HMD Global.

Rasanya tidak lengkap jika Saya tidak memasukkan nama Nokia kedalam daftar ini. Dahulu kala, Nokia adalah rajanya Hape. Nokia dulu merupakan sebuah brand HP dengan julukan “HP sejuta umat”, karena banyaknya pengguna Nokia di dunia dan juga di Indonesia. Namun Nokia pernah mengalami kebangkrutan. Dan sekarang Nokia sedang berusaha untuk mengangkat namanya lagi dengan merilis Smartphone Nokia dan Featured phone Nokia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *