by

Niche Blog Yang Selalu Ramai Pengunjung

erwinpratama.com – Apakah Kamu ingin membuat blog baru namun masih bingung dengan pemilihan niche?

Memang benar sih kalau Kita harus mulai berfikir untuk menentukan niche yang harus dipilih jika ingin membuat blog baru. Karena kalau Kita salah memilih Niche suatu blog, maka bisa jadi blog tersebut malah akan sepi pengunjung.

Sebelum membahas lebih jauh masalah niche, mari Kita ketahui dahulu tentang pengertian niche. Apa sih Niche itu? Niche adalah tema atau topik yang akan dibahas pada blog Kita. Dengan adanya sebuah niche, Kita tidak akan keluar jalur, contoh: Jika blog Anda memiliki niche kesehatan, maka tidak mungkin Kamu akan ngepost tentang otomotif, kecuali kalau Blogmu adalah blog gado-gado (Blog yang membahas apa saja).

Pemilihan niche harus dipikirkan matang-matang saat membuat blog. Karena bisa fatal akibatnya. Blog udah lama berjalan, tapi visitor masih sedikit saja jumlahnya. Dan mungkin suatu saat Kamu akan meninggalkan blog tersebut karena dianggap kurang menjanjikan. Sudah capek-capek bikin postingan, eh malah blog tetep sepi. Sebelum membahas niche apa saja yang ramai pengunjung, Erwin akan menjelaskan terlebih dahulu tentang hal yang harus diperhatikan dalam memilih Topik suatu blog/website.

Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan sebuah niche

1. Ramai dikunjungi visitor

Niche yang dipilih harus ramai dikunjungi visitor. Jika tujuan awal Kamu ngeblog untuk mendapatkan banyak visitor, maka pilihlah niche yang banyak diminati dan digemari banyak orang. Jangan sampai Kamu sudah capek-capek bikin artikel banyak namun ternyata blog Kamu tetap saja sepi pengunjung karena salah pilih niche.

2. Sesuai Dengan Kemampuan Kita

Kita harus menguasai niche yang akan Kita pilih. Kita harus ahli dalam niche yang dipilih. Contoh: Jika ingin membuat blog tentang kesehatan, maka Kita harus benar-benar tahu atau setidaknya memiliki ilmu tentang kesehatan. Akan sangat berbahaya jika Kamu salah memberi informasi tentang kesehatan jika tidak sesuai dengan fakta, karena hal ini mungkin saja bisa menyangkut nyawa seseorang. Contoh: Kamu membuat artikel tentang cara mengatasi penyakit jantung, namun Kamu malah salah memberikan solusi cara mengobati penyakit jantung dan malah memperparah penyakit jantung tersebut. Bahaya sekali kan?

3. Sesuai Dengan Hoby

Yang ini sepertinya optional, namun bisa menjadi acuan yang penting. Kalau sudah hoby, apasaja pasti terlihat mudah dan menyenangkan. Seperti sebuah pekerjaan, apabila pekerjaan Kita sesuai dengan hoby Kita, maka Kita akan bekerja tanpa beban. Pilihlah niche sesuai dengan hobymu. Contoh: Kalau Kamu suka teknologi maka Kamu bisa memilih niche teknologi untuk diposting di blog. Atau, Jika Kamu suka memasak, maka Kamu bisa membuat blog tentang resep masakan.

Nah Erwin sudah menjelaskan hal yang yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah niche. Sekarang waktunya untuk memberikan niche blog yang paling banyak dicari pengunjung.

niche blog ramai pengunjung

Niche Blog Yang Selalu Ramai Pengunjung

1. Niche Berita / Daily News

Zaman modern ini, informasi sudah bisa didapatkan dengan cepat. Dengan internet, Kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Semua orang membutuhkan informasi yang selalu update seperti: berita bisnis, berita politik, berita olah raga, berita artis, berita nasional, berita internasional, dll.

Informasi seperti itu tentu saja sangat penting dan mengundang orang untuk membaca info tersebut. Apalagi jika informasi/berita tersebut diupdate setiap hari, maka tentu saja blog Kita setiap hari akan ramai pengunjung.

Walaupun niche ini memiliki urutan teratas di daftar ini karena jumlah visitornya yang sangat banyak namun ada beberapa sedikit masalah yang harus Kamu ketahui.

Kamu harus selalu mengupdate blogmu setiap hari. Bukan hanya 1 post per hari, namun bisa 10 post/hari, dan tentu saja hal ini tidak mudah. Kamu bisa menyewa jasa penulis untuk membantumu. Dan berita/informasi seperti ini tidak akan bertahan lama untuk menjaring visitor karena sifatnya hanya sementara. Contoh: berita artis yang lagi heboh di minggu ini, tidak akan heboh di minggu depan. Karena informasi yang baru akan segera menutupi informasi yang lama. Jadi usahakan buat informasi baru setiap hari.

Selain itu, persaingan di niche daily news sungguh tidak mudah, karena Kamu akan menghadapi website-website berita besar seperti detik, okezone, merdeka news, liputan 6, kompas, CNN Indonesia, Tribun News, dll.

2. Niche Kesehatan

Siapa sih yang gak mau hidup sehat, Siapa sih yang mau hidup sakit sakitan. Semua orang pasti ingin hidup sehat dan gak mau sakit, karena sakit itu pasti gak enak. Kalau Kita sehat, Kita bisa melakukan hal yang Kita sukai dan bisa makan dengan enak. Namun kalau Kita sakit, Kita tidak bisa melakukan apa yang Kita sukai dan makan apapun akan terasa hambar atau gak enak makan.

Karena semua orang ingin hidup sehat maka Mereka tentu saja mencari sebuah blog yang membahas masalah kesehatan. Jadi tak heran jika niche kesehatan juga banyak diminati.

Pengunjung blog kesehatan adalah Mereka yang ingin hidup sehat, contohnya: Mereka tidak ingin kena kanker, maka Mereka akan mencari artikel tentang cara mencegah kanker. Dan Pengunjung blog kesehatan juga adalah Mereka yang sedang terkena penyakit, contohnya: Kamu sedang terkena penyakit flu, pasti Kamu akan mencari artikel cara menyembuhkan flu.

Ada beberapa masalah juga yang harus dihadapi jika ingin memilih niche kesehatan. Kamu harus mengetahui ilmu tentang kesehatan. Akan sangat berbahaya jika Kamu memberikan tips-tips kesehatan yang salah. Seperti yang Saya sebutkan diatas, Kamu membuat artikel tentang cara mengatasi penyakit jantung, namun Kamu malah salah memberikan solusi cara mengobati penyakit jantung dan malah memperparah penyakit jantung tersebut. Niatnya mau nyembuhin orang, malah bikin orang tersebut tambah sakit.

3. Niche Bisnis Online

Di zaman modern ini telah membuat semakin banyak orang melek teknologi. Dan banyak orang pula yang sadar jika teknologi modern khususnya internet telah memudahkan orang – orang dalam mendapatkan keuntungan. Ya benar, Kita mendapatkan uang di internet.

Pengunjung blog dengan niche bisnis online adalah orang yang ingin belajar bagaimana caranya mendapatkan duit lewat internet. Nah, ajarkan kepada Mereka tentang cara mendapatkan uang lewat online lewat blogmu.

4. Niche Teknologi / Gadget

Perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Beberapa orang yang penggila teknologi sangat menyukai informasi tentang teknologi. Teknologi adalah niche umum, sedangkan niche teknologi yang lebih spesifik adalah tentang handphone (harga hp, spesifikasi hp), laptop (harga laptop, sepesifikasi laptop), komputer (harga komputer, spesifikasi komputer).

Pengunjung blog dengan niche teknologi adalah orang-orang yang gemar dengan perkembangan teknologi terbaru, orang yang ingin beli gadget, orang yang hanya ingin tahu harga dari gadget tersebut, dan orang yang ingin mengetahui spesifikasi suatu gadget.

5. Niche Viral / Trending

Informasi Viral Yang Sedang Trending memang selalu membuat blog menjadi rame dalam sekejap. Niche ini hampir-hampir mirip dengan niche berita daily news, namun niche Viral/trending hanyalah berisi tentang kejadian/peristiwa yang lagi trending saja. Viral adalah istilah untuk sebuah informasi yang sering dibagikan dan dibicarakan oleh banyak orang.

Pengunjung yang mengunjungi blog tentang info viral biasanya berasal dari media sosial. Segala informasi yang sedang viral biasanya dimulai dari sosial media seperti facebook, twitter, instagram, namun bisa juga melalui media youtube, dan televisi.

Untuk masalah trafik, Kamu bisa mendapatkan trafik dari media sosial seperti facebook dan twitter.

Membuat konten viral ini bisa dibilang susah tapi juga bisa dibilang mudah. Kamu harus berusaha menemukan hal-hal yang berbau viral atau yang sedang ramai dibicarakan, Kamu bisa mencari referensi tentang konten viral di sosial media. Walaupun konten viral bisa sekejap mendatangkan banyak visitor, tapi ini sifatnya sementara, karena sifatnya info viral memang sementara dan akan digantikan dengan info viral yang baru.

6. Niche Pendidikan

Karena perkembangan internet sudah merata di hampir semua sekolah di Indonesia, sepertinya niche pendidikan ini juga akan mendatangkan banyak visitor.

Niche pendidikan berisi tentang materi yang biasanya diajarkan di sekolah, contoh: rumus matematika, pengetahuan sejarah, dan lain sebagainya.

Pengunjung blog dengan niche kesehatan biasanya adalah para siswa, murid, atau mahasiswa, namun tidak menutup kemungkinan jika para guru ataupun dosen juga membuka blog dengan tema pendidikan. Niche blog pendidikan bisa dibilang sebagai niche abadi, karena setiap orang yang berurusan dengan pendidikan seperti guru, dosen, pelajar, mahasiswa, akan membuka blog pendidikan.

7. Niche Tutorial Blog

Setelah mengetahui bahwa internet bisa menghasilkan uang, dan blog bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan di sebuah blog. Orang-orang mulai belajar cara membuat blog. Nah, blog dengan niche tutorial blog adalah blog yang membahas tentang tutorial dasar sampai tingkat lanjut masalah seputar blogger.

Pengunjung blog dengan niche tutorial blogger adalah orang-orang yang ingin belajar cara membuat blog dan belajar cara menghasilkan uang lewat blog.

erwinpratama.com telah memberikan kumpulan niche terbaik yang ramai dikunjungi pengunjung. Apakah Kamu sudah memilih niche dengan benar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *