by

Perlukah Kuliah Itu?

Indonesia Kita tercinta ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia nomor 4. Untuk bisa membangun negara Indonesia ini maka dibutuhkanlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk membuat SDM yang berkualitas maka dibutuhkanlah pengetahuan dan juga pengalaman.

Untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman maka seseorang perlu sekolah. Sekolah itu penting untuk mendidik anak, mengajarkan ilmu, mengajarkan moral yang baik, dan mengenalkan kehidupan sosial seperti berteman dengan orang lain. Jadi sekolah itu penting apalagi pemerintah juga sudah mengupayakan program wajib belajar 12 tahun. Dan pemerintah juga sudah mengupayakan  menggratiskan biaya sekolah.

Belajar dan menuntut ilmu itu penting, sekolah juga penting, lalu bagaimana dengan kuliah?
Kalau menurut Saya, sekolah itu penting namun kuliah itu tidak begitu penting, loh kok bisa? Bukannya sekolah dan dan kuliah itu tujuannya sama yaitu belajar.
Perlu Saya bilang lagi jika sekolah itu wajib namun kuliah itu tidak wajib.

Kuliah adalah proses pembelajaran tingkat lanjut di mana seseorang telah menentukan pilihan jurusan. Biasanya dalam pemilihan jurusan dilakukan berbagai pertimbangan, salah satunya minat dan bakat. Kuliah juga sering dipahami sebagai kegiatan belajar-mengajar di jenjang pendidikan tinggi.

Ada beberapa alasan mengapa kuliah tidak menjadi begitu penting.

1. Kuliah Itu Sudah Ketinggalan Zaman

Dahulu, memang kuliah itu dianggap spesial, karena hanya sedikit atau beberapa orang saja yang bisa kuliah. Dahulu juga orang yang mendapatkan gelar sarjana dianggap istimewa.

Pada zam dahulu, kuliah diangap sebagai tempatnya belajar atau tempatnya mencari ilmu. Di dalam kuliah juga menyediakan perpustakaan untuk dibaca mahasiswanya. Namun ingatlah, itu sudah ketinggalan zaman. Sekarang sudah zaman modern, semua ilmu dan semua informasi bisa Kita dapatkan dengan mudah melalui internet. Ya benar, Kita bisa belajar dimana saja berkat internet.

2. Biaya Kuliah Yang Tidak Murah

Biaya kuliah itu mahal. Kamu bisa menghabiskan puluhan juta sampai ratusan juta untuk kuliah. Jika Kamu membayar uang kuliah dengan keringatmu sendiri, Saya rasa itu tidak apa-apa. Namun Jika Kamu membayar uang kuliah dari duit orang tua Kamu, wah itu kasian banget.

Daripada menghabiskan banyak uang untuk kuliah, mending uangnya dipakai untuk modal usaha.

3. Kuliah Tapi Salah Jurusan

Setelah melalui beberapa semester kuliah, mungkin Kamu merasa jika Kamu salah masuk jurusan. Atau Kamu merasa jika jurusan yang Kamu masuki itu ternyata tidak sesuai dengan passion Kamu. Namun Akhirnya Kamu tetap masuk Kuliah dengan alasan “yang penting bisa tetap kuliah”. Sadarlah jika Kamu sudah membuang banyak uang untuk sesuatu hal yang percuma karena Kamu Kuliah di jurusan yang bukan menjadi passionmu.

4. Kuliah Tidak Menjamin Kamu Akan Memiliki Teman Atau Relasi Yang Baik

Mungkin Kamu akan berfikir jika kuliah bisa mendapatkan teman yang baik atau relasi bisnis yang baik. Mungkin akmu bisa saja mendapatkan teman yang baik atau mendapatkan relasi bisnis. Namun faktanya beberapa mahasiswa malah mendapatkan teman yang bisa membawa dampak negatif bagi diri Kita sendiri, seperti: tawuran mahasiswa, menggunakan bahan terlarang seperti narkoba dan minum minuman keras, atau bahkan seks bebas.

5. Kuliah Tidak Menjamin Kamu Menjadi Sukses Dan Punya Karir Yang Baik.

Kuliah tidak akan menjaminmu mendapatkan pekerjaan yang baik atau bahkan mendapatkan gaji yang baik. Faktanya masih banyak lulusan mahasiswa yang menganggur karena belum mendapatkan pekerjaan. Sudah buang buang duit dan buang buang waktu, eh hasilnya malah menjai pengangguran.

Yeah itulah beberapa alasan yang membuat Saya berfikir jika kuliah itu kurang begitu penting. Namun jika kamu ingin tetap kuliah, Sebenanrya banyak universitas populer di Indonesia seperti: ITS, AmikomMDPUnhasSt3TelkomUnikomITB, UI, dan masih banyak lagi.

Kuliah itu penting untuk sebagian orang, tapi kalau menurut Saya pribadi, Kuliah itu tidak begitu penting. Kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun karena kecanggihan teknologi saat ini. menjadi sukses tanpa kuliah asalkan mau belajar, pantang menyerah meraih mimpi, dan mau belajar dari pengalaman.