by

Sadarkah Kalau Setiap Hari Kita Menggunakan Produk Ilegal

Sadarkah Kalau Setiap Hari Kita Menggunakan Produk Ilegal? Mungkin Karena terlalu lama Kita menggunakan barang ilegal, akhirnya Kita menganggapnya biasa saja. Atau Kamu tidak tahu kalau produk yang Kamu gunakan sehari-hari adalah produk ilegal.

Apa sih ilegal itu? Ilegal adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan melanggar hukum yang telah ditetapkan pada suatu negara atau Pengertian ilegal adalah tidak sah menurut hukum, dalam hal ini melanggar hukum, barang gelap, liar, atau pun tidak ada izin dari pihak yang bersangkutan. Ilegal adalah kebalikan dari legal. Lebih mudahnya, ilegal adalah tidak sah, sedangkan legal adalah sah.

Karena tidak sah dimata hukum, tentu saja Kamu bisa dipenjara!

Lalu produk apa saja yang sering kita pakai sebagai barang ilegal?

illegal

1. Musik ilegal

Jika kamu mendengarkan musik dari hasil unduhan di internet, bisa dipastikan itu adalah hal ilegal. Pemilik situs mp3 tersebut juga ilegal karena memberikan lagu tersebut kepada orang lain secara cuma-cuma. Untuk Kamu yang ingin mendengarkan lagu / musik secara legal, Kamu bisa beli cd kaset di toko.

2. Sistem Operasi Ilegal

Kamu punya komputer atau laptop tapi Kamu memiliki sistem operasi bajakan? Berarti Kamu termasuk pengguna produk ilegal. Sistem operasi yang sering dibajak adalah windows. Sistem operasi windows memang cukup mahal harganya. Orang-orang zaman sekarang justru menggandakan cd windows dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih murah, tentu aksi ini juga ilegal. Mengunduh sistem operasi windows secara gratis di internet adalah aktivitas ilegal. Jadi jika Kamu ingin menggunakan produk windows secara legal maka belilah di toko. Walaupun mahal sudah pasti Kita akan mendapatkan produk legal.

3. Software ilegal

PC atau laptop Kamu juga terinstal software ilegal? Wah lengkap sekali, sudah Operating System ilegal, softwarenya pun juga ilegal. Software ilegal juga didapatkan dengan mengunduhnya secara gratis di Internet. Biasanya menggunakan program crack atau keygen untuk mengakali proses aktivasi software tersebut.

4. Film Ilegal

Tahukah kalau sebenarnya film itu dijual di pasaran? Banyak sekarang orang yang ingin menonton film di internet dengan cara mengunduhnya secara gratis. Kalau Kamu ingin memiliki film legal mungkin Kamu bisa nonton film di bioskop.

5. Produk / barang gelap

Sebelum masuk ke Indonesia, barang akan dikenakan pajak, itulah sebabnya barang yang dijual dipasaran menjadi lebih mahal. Biasanya orang akan membei barang yang diselundupkan untuk menghindari pajak dan pastinya untuk mendapatkan harga barang yang lebih murah dari pasaran.

Saya sendiri tidak yakin kalau menggunakan produk ilegal itu dosa atau enggak, haram atau enggak. Tapi menggunakan produk legal yang resmi akan membawa kebanggaan sendiri bagi pemakainya.