by

Sidoarjo Dan Blitar : Kedua Kota Yang Melekat Di Hati Saya

Sidoarjo Dan Blitar? Mana yang lebih baik?

Sebenarnya Saya tidak ingin membanding-bandingkan kedua kota tersebut. Tapi ini terpaksa Saya lakukan karena kedua kota tersebut sudah menjadi bagian dari hidup Saya.

Saya (Erwin Pratama) lahir di kota Sidoarjo, tepatnya di Desa Sidokerto, Kecamatan Buduran. Kota Sidoarjo adalah kota kelahiran Saya. Kota Sidoarjo lumayan bersih, tentram, dan jarang terjadi keributan. Saya tinggal bersama kedua orang tua Saya, Ibu dan Bapak.

Setelah sidoarjo, Blitar adalah kota yang juga telah menjadi rumah kedua Saya. Pada hari raya, Saya bersama keluarga mengunjungi nenek yang ada di blitar. Nenek Saya adalah Ibu dari ibu Saya, artinya adalah ibu saya adalah anak dari nenek Saya. Rumah nenek Saya ada di
Jl. Rejoso, Candirejo, Ponggok, Blitar

sidoarjo-blitar

Ada perbedaan yang Saya rasakan ketika berada di kedua daerah tersebut, Sidoarjo dan Blitar. Sidoaro yang Saya tempati sudah masuk ke kawasan KOTA, sedangkan Blitar yang merupakan rumah nenek Saya adalah masih termasuk daerah DESA.

Di Sidoarjo, jaringan internet sudah mendukung 4g lte, hal ini tentu saja membuat Saya senang karena saya orangnya suka online. Sedangkan di Desa Blitar, belum mendukung 4g LTE, bahkan Saya kesulitan menemukan jaringan 4g lte.

Di Sidoarjo, rata-rata semua jalan umum sudah di aspal, sedangkan di desa blitar, ada banyak jalan yang belum di asapal atau jalan umumnya masih berupa tanah gundukan, ada juga jalan yang di asapal tapi banyak lubang.

Di Sidoarjo selalu ramai kendaraan yang lewat, bahkan sering macet jika di hari kerja. Di Desa Blitar, jarang sekali kendaraan yang melintas, apalagi mobil. Bahkan Di Kota Blitar, jumlah kendaraan uga tidak terlalu banyak, jadi sepertinya tidak ada macet di kota Blitar. Namun saat hari lebaran idul fitri, jalanan kota mulai ramai, mungkin karena orang luar kota melakukan mudik ke Blitar.

Sepertinya kualitas udara di Blitar lebih bagus daripada di Sidoarjo karena di Blitar banyak pohon dan jarang ada kendaraan yang lewat.

Suhu di Blitar lebih dingin darpada di Sidoarjo, karena Blitar adalah termasuk dataran tinggi. Hal inilah yang membuatku malas mandi karena suhu airnya yang dingin sekali.

Untuk yang ingin mencari kerja dengan gaji yang menggiurkan maka lebih baik bekerja di Sidoarjo, karena UMR Sidoarjo jauh lebih tinggi daripada UMR Blitar. UMR Sidoarjo tahun 2017 adalah 3,2 juta, sedangkan UMR BLitar tahun 2017 adalah 1,5 juta.

Sidoarjo dan Blitar memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun Saya tetap suka jika tinggal di kedua daerah tersebut.