10 Situs Toko Online Terbaik Dan Terpercaya Yang Populer Di Indonesia

erwinpratama.com – Siapa yang memiliki hoby belanja? Semua orang pasti melakukan aktivitas berbelanja. Dengan berbelanja, Kita bisa memperoleh barang atau jasa dari penjual dengan tujuan membeli barang atau jasa tersebut. Kegiatan jual beli ini tentu akan menguntungkan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli. Penjual akan mendapatkan untung berupa uang dan pembeli akan mendapatkan jasa atau barang yang diinginkannya. Kegiatan belanja tradisional adalah kegiatan jual beli antara penjual dan pembeli, dimana para pembeli harus mendatangi tempat si Penjual. Tentu cara ini bisa dibilang sudah kuno.

Sekarang adalah zaman modern. Semua hal bisa dilakukan dengan teknologi, khususnya teknologi internet. Kemunculan internet membuat orang-orang mulai melakukan kegiatan jual beli di Internet. Dan muncullah sebuah website di dunia maya yang mempertemukan penjual dan pembeli. Website seperti ini biasa disebut dengan Online Shop atau jika diterjemahkan ke Indonesia menjadi Toko Online.

toko online

Dengan adanya Online Shop, Kita tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke toko atau ke pasar untuk membeli barang, Kita hanya perlu melakukan belanja dari rumah. Selain itu, Kita bisa membandingkan harga dari suatu produk dengan mudah. Cukup gunakan Smartphone, laptop, ataupun komputer yang sudah terhubung dengan internet, lalu kunjungi website toko online tersebut.

Setiap tahunnya, jumlah transakasi online di Indonesia kian meningkat. Mungkin trend belanja online lebih disukai karena lebih mudah, simple, bebas, banyak pilihannya, hemat tenaga, dan hemat waktu. Terbukti dengan banyaknya orang Indonesia yang melek teknologi internet memanfaatkan kegiatan online sebagai kegiatan jual beli.

Jika Kamu ingin berbelanja online, tentu saja Kamu membutuhkan sebuah alat untuk bertransaksi. Secara umum, semua transaksi online dilakukan menggunakan transaksi bank, seperti Transfer Bank ATM, SMS Banking, Internet Banking, Kartu Kredit dan sebagainya. Jadi, Kamu harus mempunyai akun bank terlebih dahulu sebelum bisa berbelanja online.

Namun Anda harus teliti dalam berbelanja online. Karena bisa jadi Situs online Shop yang ada di Internet tidak menjamin keamanan Anda dalam berbelanja online. Jangan sampai Anda tertipu dalam bertransaksi online. Karena sudah pasti Anda akan rugi baik secara materi maupun tenaga. Uang Anda hilang dan Anda tidak akan mendapatkan apa-apa.

Nah untuk itu, Erwin akan memberikan daftar toko online terbaik yang yang ada di Indonesia. Kumpulan Online shop terpopuler dibawah ini adalah gabungan dari MarketPlace dan e-Commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

10 Situs Toko Online Terbaik Dan Terpercaya Yang Populer Di Indonesia

1. Tokopedia
tokopedia
Tokopedia adalah situs jual beli online berbasis e-commerce. Bisa dibilang jika Tokopedia adalah toko online terbaik yang paling populer yang ada di Indonesia. Tokopedia didirikan oleh  William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009 dibawah naungan PT. Tokopedia, dan dirilis secara resmi ke publik pada 17 Agustus 2009.

Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sebagai Marketplace, Tokopedia hanyalah perantara saja, semua barang yang ada di tokopedia adalah barang milik Seller. Tapi semua keamanan dan kenyamanan tetap menjadi tugas dari Tokopedia.

Di Tokopedia, Kamu bisa menemukan barang ataupun alat-alat seperti: Pakaian, Fashion & Aksesoris, Kecantikan, Kesehatan, Rumah Tangga, Dapur, Perawatan Bayi, Handphone & Tablet, Laptop & Aksesoris, Komputer & Aksesoris, Elektronik, Kamera Foto & Video, Otomotif, Olahraga, Office & Stationery, Souvenir Kado & Hadizippoah, Mainan & Hobi, Makanan & Minuman, Buku, Software, Film, Musik & Game, dan masih banyak lagi.
toko online tokopedia
Akases Situs Tokopedia di https://www.tokopedia.com

2. Bukalapak
bukalapak
Bukalapak adalah salah satu online shop yang populer di Indonesia. Situs toko online berbasis MarketPlace Bukalapak didirikan oleh Achmad Zacky pada 10 Januari 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang memiliki markas di Jakarta. Lalu pada september 2011, Bukalapak berubah menjadi PT Bukalapak (Perseroan Terbatas), dan dikelola langsung oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).

Bukalapak memakai model bisnis C2C (customer-to-customer), yang artinya Bukalapak melayani sarana penjualan dari konsumen-Ke-Konsumen di Indonesia. Sebagai MarketPlace, Bukalapak menyediakan tempat toko online bagi siapapun yang ingin membuka toko online. Sebagai Marketplace, Bukalapak hanyalah sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Namun Bukalapak tetap menyediakan keamanan dan kenyamanan bagi konsumennya.

Di BukaLapak, Kamu bisa membeli barang-barang seperti: Handphone, Sepeda, Tablet, Aksesori Gadget, Anak-anak, Komputer, Laptop, Printer/Scanner, Media Penyimpanan Data, Fashion Wanita, Fashion Pria, Aksesori Fashion, Peralatan Elektronik, Audio & Video, Perlengkapan Rumah Tangga, Perlengkapan Bayi, Buku ataupun Alat Musik dan lain-lain.
toko online bukalapak
Akases Situs Bukalapak di https://www.bukalapak.com

3. Lazada
lazada indonesia
Lazada Group adalah perusahaan e-Commerce yang diciptakan oleh Rocket Internet pada tahun 2012, dan telah diakuisisi oleh Alibaba pada bulan april tahun 2016. Kemudian Lazada Group yang beroperasi di Asia Tenggara mendirikan Lazada Indonesia pada tahun 2012.

Lazada merupakan toko online dengan sistem e-commerce, yang artinya semua barang yang dijual di Lazada adalah barang milik Lazada sendiri. Sehingga Lazada akan bertanggung jawab secara penuh 100% terhadap barang yang dijualnya. Kalau ada masalah, Lazada siap membantu pelanggannya.

e-Commerce Lazada menyediakan barang-barang untuk Anda seperti:  elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga.
lazada indonesia
Akases Situs Lazada di https://www.lazada.co.id

4. Blibli
blibli
Blibli diluncurkan pada tahun 2010, yang mana merupakan suatu produk digital dari PT. Global Digital Niaga, yang merupakan anak perusahaan Djarum.

Blibli merupakan toko online Indonesia yang berbasis e-Commerce yang mengusung konsep belanja online ala Mall. Konsep dari Blibli ini diharapkan agar orang-orang Indonesia yang sudah biasa belanja di Mall, supaya bisa menemukan barang yang Mereka cari dengan cara yang menyenangkan dan mudah hanya dengan mengunjungi Mall online Blibli. Semua produk yang diwarkan oleh Blibli akan dijamin kemanannya oleh Blibli.

e-Commerce Blibli menyediakan kategori produk: BlibliMart (makanan, minuman, hp & tablet, Kebariutuhan Olahtaga, Komputer & Laptop, Kamera, Mainan & Video Games, Pertalan Elektronik, Fashion Pria & Wanita, Peralatan Rumah, Otomotif, Tiket & Voucher, dan masih banyak lagi.
toko online blibli
Akses Situs Blibli di https://www.blibli.com

5. MatahariMall
mataharimall
Anda pasti tidak asing dengan sebuah Mall yang bermerk Matahari. Matahari adalah Toserba yang sangat populer di Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 1958. Nah, situs mataharimall.com ini bisa dibilang sebagai versi online dari Toserba Matahari yang ada di Kota Anda. Jadi, kalau Kamu lagi males pergi ke Mall Matahari yang ada didaerahmu, Kamu sekarang bisa belanja di Mall Matahari secara online.

MatahariMall merupakan situs e-Commerce yang dimiliki oleh Lippo Group, yang resmi dibuat pada 9 september 2015.

Semua yang ada di toserba Matahari, pasti ada juga di situs online shop MatahariMall, Kamu bisa shopping barang seperti: fashion wanita, fashion pria, kesehatan & kecantikan, handphone & tablet, laptop, gadget, elektronik, lifestyle, hobi, hingga keperluan rumah tangga. Kamu gak perlu khawatir, MatahariMall menjamin keamanan Kamu dalam berbelanja.
toko online mataharimall
Akses Situs MatahariMall di https://www.mataharimall.com

6. Elevenia
elevenia
Elevenia adalah situs belanja online Indonesia yang memiliki konsep open marketplace yang menawarkan kemanan dan kemudahan dalam berbelanja.

Elevenia dirilis pada tanggal 1 bulan maret tahun 2014. Elevenia berjalan dibawah komando PT XL Planet, sebuah perusahaan gabungan antara PT XL Axiata Indonesia dengan SK Planet Korea, Keduanya adalah perusahaan yang bergerak dibidang operator.

Elevenia menyediakan fashion, beauty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer, elektronik, sports/hobby, service/food. Dan Elevenia akan menjamin kemudahan dan kenyaman bagi calon pembeli.
toko online elevenia
Akses Situs Elevenia di https://www.elevenia.co.id

7. Zalora
zalora
Zalora mengkhusukan diri Mereka sebagai Toko Online Fashion dan Kecantikan. Khusus untuk Kamu yang suka memperhatikan penampilan dan ingin tampil gaya, Kamu bisa mengunjungi situs online shop ini.

Zalora adalah online retail yang bermarkas di Singapura dan diluncurkan ke publik pada tahun 2012. Zalora adalah anak perusahaan dari Rocket Internet. Zalora juga sudah membuka cabang di Indonesia pada tahun sama, 2012.

Di Zalora Indonesia, kamu akan menemukan beragam produk fashion dan kecantikan seperti: Koleksi pakaian, baju muslim, jilbab, aksesoris, sepatu, jaket, kebaya, batik, jam tangan, kacamata, dan produk kecantikan untuk pria dan wanita. Semua produk fashion dan kecantikan di Zalora akan terjamin kemanannya oleh Zalora.
zalora indonesia
Akses Situs Zalora Indonesia di https://www.zalora.co.id

8. Blanja
blanja
Blanja adalah toko online Indonesia yang merupakan hasil kerja sama antara Telkom Indonesia dengan Ebay, yang bernaung di bawah payung PT. Metra Plasa. Bukalapak mengudara pada 17 september 2012, dan mengangkat Aulia Ersyah Marinto sebagai CEO.

Blanja adalah Marketplace yang menyediakan kebutuhan barang seperti:  Gadget, Sepatu, Fashion, Elektronik, Makanan, Otomotif, Kamera, Buku, Video, Musik, Komputer, Laptop dll.
toko online blanja
Akses Situs Blanja di https://www.blanja.com

9. Bhinneka
bhinneka
Bhinneka adalah toko online berbasis e-commerce tertua di Indonesia dan dianggap sebagai pelopor webstore yang ada di Indonesia. Kehadiran Bhinneka sudah ada sebelum abad ke 21, menurut pengakuan Bhinneka, Toko Bhinneka sudah ada sejak tahun 1993, sedangkan Webstore Bhinneka sendiri diluncurkan ke Internet pada tahun 1999.

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1997-1998, membuat perusahaan PT Bhinneka Mentari Dimensi  nyaris mengalami bangkrut, untuk mampu bertahan hidup, Hendrik Tio & Nicholas Tio meluncurkan situs Bhinneka.com dengan mengusung model bisnis online webstore pada tahun 1999. Mereka berdua melihat peluang perkembangan internet yang cukup bagus di USA, Jadi Mereka berupaya mengaplikasikannya di Indonesia.

Bhinneka adalah online store yang secara khusus menyediakan barang elektronik baru yang meliputi: komputer, laptop, TV, Smartphone, gadget, network & security system, printer, scanner, aksesori terlengkap, dan lain sebagainya. Karena sudah berumur cukup tua , Bhinneka akan menjaga keamanan Kamu dalam berbelanja.
toko online bhinneka
Akases Situs Bhinneka di https://www.bhinneka.com

10. Shopee
shopee
Shopee ialah online shop e-commerce yang ada di bawah naungan Garena (sekarang telah ganti nama menjadi SEA Group). Shopee mengadopsi bisnis C2C (Costumer to Customer) mobile marketplace, supaya Shopee lebih mudah diterima masyarakat Indonesia.

Shopee awalnya dirilis di Singapura pada tahun 2015, dan diwaktu yang hampir bersamaan Shopee juga dirilis di Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Shopee Indonesia sendiri resmi diluncurkan pada desember 2015 oleh PT Shopee International Indonesia. Shopee dipimpin oleh CEO Chris Feng, seorang alumni lulusan terbaik dari Universitas Nasional Singapura.

Pakaian Pria & Wanita, Handphone & aksesoris, Kompter & aksesoris, Baju bayi & anak, Elektronik, Kesehatan, Kecantikan, Fashion Muslim, Makanan & Minuman, dan lain sebagainya. Shopee berupaya menjamin kemanan Anda dalam berbelanja produk-produk yang ada di Shopee.
toko online shopee
Akases Situs Shopee di https://shopee.co.id

Note: Walaupun 10 situs diatas adalah website toko online terpercaya, namun belum tentu menjamin keamanan Anda sampai 100%. Karena sehebat apapun suatu sistem, pasti ada celahnya. Bisa jadi ada oknum nakal yang melakukan kecurangan. Untuk itu Anda harus tetap teliti. Dan jangan ragu untuk menghubungi dan melaporkan segala bentuk kejahatan kepada admin tempat Anda berbelanja Online.

One Comment

  • Hi Erwin!

    Sekarang makin banyak e-commerce yang bisa dipilih ya buat memenuhi kebutuhan belanja online ^_^

    Cheers,
    Dee Rahma

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *