by

Sudah Benarkah Kita Dalam Memanfaatkan Sosial Media?

Sudah Benarkah Kita Dalam Memanfaatkan Sosial Media? Pertanyaan tersebut sangat cocok untuk seseorang yang sering menggunakan sosial media. Sering sekali banyak orang yang salah dalam memanfaatkan jejaring sosial. Namun sebelum membahas lebih jauh masalah sosial media, Mari Kita ketahui terlebih dahulu apa itu sosial media?

Menurut Wikipedia, sosial media adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Jadi dengan kata lain, sosial media adalah sebuah wadah untuk mengutarakan isi pikiran Kita kepada orang lain dengan melalui media online. Sosial media meliputi: facebook, twitter, instagram, dan lainnya.

Lalu bagaimana memanfaatkan sosial media dengan benar. Saya disini hanya akan membahas 3 situs sosial media yang terpopuler seperti: facebook, twitter, dan instagram.

Social-Media-Icons

Cara Memanfaatkan Sosial Media Secara Umum (untuk facebook, twitter, dan instagram)

1. Utarakan pendapatmu atau isi pikiranmu ke media sosial.
Mungkin saja dengan cara ini apa yang Kamu pikirkan akan didengarkan oleh orang lain, atau Kamu dapat memberikan ide kepada orang lain, atau juga Kamu dapat memotivasi orang lain. Mengeluarkan pendapat adalah tujuan utama dibentuknya sosial media.

2. Berikan Informasi Terbaru.
Kamu dapat memanfaatkan sosial media sebagai sarana penyebar informasi. Bahkan informas terbaru sering lebih dahulu muncul di sosial media daripada di televisi. Informasi terbaru seperti: trend terbaru, berita terbaru, dan lainnya. Uniknya lagi informasi terbaru lebih cepat menyebar (viral) melalui sosial media.

3. Upload Media Seperti Gambar Dan Video
Sosial media juga mengizinkanmu mengunggah file media seperti gambar dan video. Namun tetap Kamu harus lebih bijak menggunakan fitur ini. Jangan sesekali mengunggah foto atau video yang tidak pantas dilihat. Cukup upload saja foto yang bermanfaat seperti: foto saat berekreasi ke suatu tempat. Dan juga untuk video, Kamu bisa mengupload video yang bermanfaat seperti: video berita atau video tutorial.

4. Menghubungi Orang Lain
Beberapa sosial media memberikan fitur chat. Jadi Kamu bisa mengirim pesan pribadi kepada orang lain seperti teman, keluarga, pacar, atau saudara.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan DI sosial Media (berlaku untuk facebook, twitter, dan instagram)
1. Berbicara kasar Dan Sara
Undang-undan ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik) telah berlaku. Jika Kamu berbicara kasar dan sara atau menghina orang lain, maka Kamu dapat dipenjara.

2. Jangan Mengupload Foto Dan Video Yang Tidak Pantas Di lihat.
Biasanya orang sering keblabasan dalam menggunakan fitur ini. Bahkan mereka tidak sadar telah mengupload foto atau video yang tidak pantas dipertontonkan ke publik, contohnya adalah foto dan video yang memamerkan aurat. Di sosial media, apapun akan menjadi viral dan cepat menyebar. Kamu tidak mau kan jika fotomu atau videomu yang bersifat pribadi sampai kepada orang terdekatmu.

Memanfaatkan Sosial Media Facebook
1. Kamu bisa mendapatkan informasi dengan gabung ke grup facebook, jika Kamu suka dengan gadget Kamu bisa gabung ke grup gadget.
2. Kamu dapat melakukan promosi di facebook. Facebook telah menyediakan program iklan fb ads yang akan membantumu dalam melakukan promosi.
3. Facebook adalah sosial media yang cepat sekali viral. Ketika Kamu menemukan hal baru atau hal unik, Kamu bisa langsung posting di fb, maka postinganmu akan cepat terkenal dan menjadi viral

Memanfaatkan Sosial Media Twitter
1. Sosial media twitter lebih bersifat pribadi dan lebih sederhana dari sosial media lainnya. Disini Kamu bisa curhat semau Kamu.
2. Twitter sebagai media promosi. Banyak yang sudah menggunakan twitter sebagai media promosi. Namun Kamu harus memiliki follower yang banyak.
3. Fitur trending topic yang ada di twitter membuat Kita tahu apa yang sedang trending atau yang sedang terkenal.

Memanfaatkan Sosial Media Instagram
1. Instagram adalah sosial media yang dikhususkan untuk media gambar atau foto. Jadi Kamu bisa mengupload foto Kamu di Instagram. Tapi foto yang pantas untuk dilihat ya.
2. Karena berbasis gambar atau foto, Maka Kamu bisa memanfaatkan instagram untuk sarana promosi produkmu. Kamu bisa mengupload gambar produkmu ke instagram.

Sosial media memang sangat bermanfaat untuk Kita semua. Namun tetap ada batasannya dalam menggunakan media sosial. Manfaatkan sosial media untuk diri sendiri dan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *