7 Tips Membeli SmartPhone Sesuai Kebutuhan

erwinpratama.com – Mau beli smartphone tapi bingung? Kamu harus memikirkan matang matang dalam membeli gadget canggih untuk kebutuhan sehari-hari. Setiap smartphone pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena smartphone memiliki fitur untuk orang tertentu. Fitur pada smartphone akan mubadzir (percuma) jika fitur tersebut jarang digunakan atau bahkan tidak pernah digunakan. Ada beberapa fitur yang memiliki harga yang mahal seperti: fitur sidik jari, fitur anti air, fitur dual camera, fitur iris scanner, dll. Jika kita membeli handphone dengan fitur yang berharga mahal, namun tidak pernah digunakan, maka akan sangat rugi sekali kita jika membelinya.

Beli smartphone murah atau mahal? Erwin disini tidak memberikan tips membeli smartphone berdasarkan murah atau mahal ya. Karena murah ataupun mahal itu relatif tergantung kemampuan orang tersebut. Namun disini Erwin hanya memberikan tips membeli smartphone sesuai kebutuhan. Misalnya Kamu membeli smartphone itu buat apa? Fitur apa saja yang paling Anda butuhkan. Dan Fitur smartphone Apa yang paling Anda prioritaskan.

tips memilih smartphone

Tips Membeli SmartPhone

1. Tips Membeli Smartphone Bagi Pemula

Untuk Kamu yang baru terjun ke dunia smartphone, Saya sarankan Kamu untuk tidak membeli smartphone yang mahal dulu. Semakin mahal harga smartphone, maka akan semakin canggih smartphone tersebut karena didalamnya ada banyak sekali fitur-fiturnya. Buat apa beli smartphone mahal-mahal, jika ujung-ujungnya ada beberapa fitur yang tidak terpakai sama sekali, dan tentu saja ini bisa disebut MUBAZIR.
smartphone orang tua dan anak
Apalagi anak kecil yang baru mengenal smartphone. Sebagai orang tua yang baik, tidak perlu memberikan smartphone yang mahal-mahal. Kalau anak ingin dibelikan smartphone, ya belikan saja yang sesuai dengan umur dan kemampuannya. Cara ini bisa menghemat uang Anda untuk membeli hal atau barang lainnya yang lebih berguna. Awasi pula aktivitas anak Anda dalam menggunakan smartphone.

2. Tips Membeli Smartphone Bagi Gamer
smartphone gamer
Jika kamu termasuk orang yang suka bermain game, maka kamu harus memilih ponsel pintar yang mempunyai processor dengan jumlah core (inti) yang banyak. Tentu saja clock speed processor (GHZ) juga harus besar agar game yang dimainkan lancar dan tidak lemot. Minimal processor yang disarankan adalah processor quadcore. Untuk game kelas bawah, maka cukuplah dengan processor Quad Core. Dan untuk game kelas menengah dan atas, pilihlah processor Octa Core. Kalau masalah harga, Smartphone dengan CPU Snapdragon lebih mahal daripada smartphone CPU Mediatek.

Tidak lupa juga memory ram sebagai pendukungnya agar bisa memainkan banyak game. Minimal memory ram yang disarankan adalah ram 1 gb. Untuk game ringan, ram 1 gb dirasa cukup. Sedangkan untuk game kelas menengah, perlu ram 2gb. Dan untuk game berat, Kamu harus beli HP ram 3 gb keatas.

Bukan hanya processor dan ram saja, namun GPU (Graphics Processing Unit) juga penting dalam sebuah game. Biasanya sih GPU akan mengikuti processor. Jika processor High-End, maka GPU-nya juga pasti High-End.

Jangan lupakan pula masalah batteray. Untuk seorang gamer, kapasitas baterai itu penting. Kamu gak mau kan, lagi asyik main game, eh baterai tiba-tiba habis. Pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Dan pilih juga smartphone yang memiliki fitur fast charging atau Quict charging, agar Kamu gak perlu waktu lama untuk ngecharge HP Kamu.

3. Tips Membeli Smartphone Bagi Orang Yang Suka Selfie
smartphone selfie
Selfie adalah potret diri yang diambil sendiri menggunakan kamera. Orang zaman sekarang melakukan foto selfie dengan smartphone Mereka. Dan orang-orang memanfaatkan kamera depan (kamera sekunder) ponsel sebagai media untuk selfie.

Jika kamu termasuk orang yang suka selfie dan tampil narsis, maka kamu membutuhkan sebuah smartphone yang dilengkapi kamera depan yang jernih. Lebih baik lagi jika kamu memilih handphone yang memiliki kamera depan yang ada flashnya.

4. Tips Membeli Smartphone Bagi Orang Yang Suka Foto-Foto
smartphone kamera
Jika kamu adalah orang yang suka mengabadikan momen atau suka foto-foto, kamu harus membeli smartphone dengan kamera belakang yang memiliki jumlah MP (mega pixel) yang besar dan juga harus ada flashnya. Namun kamu jangan terpedaya oleh jumlah megapixel yang besar, karena kualitas kamera itu sebernarnya bergantung pada sensor kamera yang dipakai. Selain itu mungkin kamu memerlukan kamera yang memiliki fitur optical zoom, hal ini agar dapat memotret benda yang lokasinya jauh dengan hasil yang baik. Selain itu dizaman ini sudah ada smartphone dengan dual kamera yang dilengkapi dengan software kamera yang canggih.

5. Tips Membeli Smartphone Bagi Orang Yang Suka Melakukan Aktivitas Outdoor
smartphone outdoor
Jika kamu adalah seorang petualang atau melakukan aktivitas extream di luar ruangan sambil membawa ponsel, maka kamu membutuhkan hp outdoor. Beberapa ponsel outdoor dirancang untuk bisa tahan di tempat-tempat tertentu. Ada hand phone yang memiliki fitur anti air, anti debu, bahkan anti banting.

6. Tips Membeli Smartphone Bagi Orang Suka Bergaya
smartphone iphone
Jika Kamu membeli Smartphone dengan tujuan untuk bergaya, Maka Kamu membutuhkan sebuah brand smartphone yang dapat Kamu banggakan. Mungkin Kamu harus membeli smartphone merek iPhone. Iphone adalah merek Smartphone premium yang terkenal dengan harganya yang selangit. Dengan Iphone, Kamu bisa dengan bangga memamerkan Smartphone berlogo Apple tersebut ke teman-teman atau ke orang sekitar Kamu. Dengan memiliki iPhone, Kamu akan dianggap kaya, banyak duit, berkelas, dan premium.

7. Tips Membeli Smartphone Bagi Orang Suka Menjaga Privasi Dan Keamanan
smartphone security
Keamanan privasi pastilah hal yang sangat penting bagi setiap orang. Kita pasti tidak ingin privasi dan rahasia Kita dibongkar oleh orang lain. Untuk Kamu yang mengerti betul arti pentingnya menjaga privasi, maka Kamu membutuhkan sebuah smartphone yang memiliki fitur-fitur untuk menjaga privasimu. Karena Kamu gak ingin kan ada orang yang usil yang mengutak-atik privasi foto ataupun video yang ada di galery ponsel Kamu. Atau Kamu gak mau kan data-data penting Kamu dicuri oleh orang lain.

Beli saja smartphone yang ada fitur fingerprintnya. Dengan adanya fitur finger print (pemindai sidik jari), maka hanya sidik jari kamu saja yang bisa mengoperasikan ponselmu. Karena sidik jari setiap orang itu unik dan tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

Selain itu ada yang lebih canggih lagi dan lebih aman. Yaitu smartphone dengan fitur Iris Scanner (pemindai iris mata). Iris pada mata manusia juga sifatya unik.

Atau sekalian saja beli smartphone yang memiliki fitur anti sadap. Semua aktivitas yang Kamu lakukan di smartphone Kamu, akan terjamin keamanannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *