Apa itu Wibu, Pengertian, Dan Arti Dari Wibu

erwinpratama.com – Mungkin Kamu bertanya-tanya, Apa itu Wibu? Apa Arti Wibu? Wibu (Weeaboo) adalah sebutan atau ungkapan yang ditujukan kepada seseorang yang terlalu menyukai budaya populer dari negara Jepang. Istilah Wibu juga bisa disebut sebagai “Japanophilia“, yang juga memiliki arti yang sama, Orang yang sangat menyukai budaya populer Jepang.

Baca : Kapan Hari Wibu Sedunia

apa itu wibu

Menurut sejarahnya, Kata “Weeaboo” itu digunakan pertama kali di Situs Forum penggemar budaya Jepang yang bernama 4CHAN (www.4chan.org). Kata “Weeaboo” digunakan sebagai pengganti dari kara “Wapanese”, yang mana penggunaan kata “Wapanese” sudah diblokir di Forum 4chan.

Baca : Kenapa Wibu Bau Bawang

Namun jika ditelusuri lebih jauh, kata “Weeaboo” ditemukan pertama kali dari sumber Web Komik yang berjudul “The Perry Bible Fellowship“, yang mana justru kata “Weeaboo” tersebut tidak memiliki arti makna sama sekali ATAU “Weeaboo” dianggap sebagai kata yang tidak menyenangkan pada komik tersebut. Menurut sumber yang tidak diketahui, Pengguna forum 4chan mengganti istilah “Wapanese” yang sudah diblokir tersebut dan menggantinya secara kasar dengan kata “Weeaboo”.

weeaboo

Menurut beberapa orang, tingkatan terparah dari Japanofilia (Japanophilia) adalah bahwa Mereka lebuh menyukai budaya Jepang daripada budaya dari negaranya sendiri. Sedangkan Japanofobia (Japanophobia) adalah kebalikan dari Japanofilia, yaitu adalah sebutan orang yang anti-Jepang, Orang yang tidak suka Jepang, atau bahkan orang yang sangat benci dengan Jepang karena suatu hal tertentu.

Tetapi pada masa modern seperti saat ini, Japanofilia ternyata berbeda dengan Wibu. Japanofilia disebutkan sebagai istilah seseorang yang memiliki minat yang sangat luas mengenai budaya Jepang, tidak hanya sebatas anime dan manga saja. Sedangkan Wibu hanyalah sebutan untuk seseorang yang fokus kepada budaya terkenal Jepang saja, seperti manga dan anime.

Namun di Indonesia, kata “Wibu” merupakan kata ejekan, yang mengejek para pecinta anime. Selain kata “Wibu”, adapula kata ejekan lainnya yang masih mirip, seperti “Wibu No Life” ataupun “Wibu Bau Bawang“. Walaupun begitu beberapa para pecinta anime ini tidak terima dengan sebutan “Wibu” dan lebih memilih julukan sebagai “Otaku” ataupun “Anime Lover“. Walaupun begitu, istilah “Wibu”, “Otaku”, “Anime Lovers”, memiliki makna yang hampir sama dan masih terhitung kedalam satu komunitas yang sama.

wibu menikahi karakter anime

Dalam tingkatan yang lebih parah, seorang Wibu akan lebih mencintai Makhluk 2D (Anime) daripada Makhluk 3D (Manusia). Dalam contoh kasus yang lebih ekstrim, seseorang bisa saja menikahi karakter 2d favoritnya. Dalam hal ini sudah pasti termasuk kelainan mental yang harus segera diperbaiki.

Erwin
  • Erwin

Leave a Comment

Your email address will not be published.