Kapan Hari Wibu Sedunia?

erwinpratama.com – Pertanyaan seperti Kapan Hari Wibu Sedunia? kemungkinan besar hanya ditanyakan oleh seorang Wibu juga. Sebagai seorang WIBU, Erwin Pratama akan memberitahukannya kepada kalian.

Baca : Apa Arti Wibu

Apa yang dimaksud dengan Wibu? Wibu (Weeaboo) adalah sebutan bagi orang-orang penggemar budaya Jepang, khususnya yang punya hoby baca manga atau nonton anime. Istilah wibu juga bisa diartikan sebagai Otaku, namun ada perbedaan tipis diantar keduanya.

Baca : Kenapa Wibu Bau Bawang

kapan hari wibu sedunia

Kapan Hari Wibu Sedunia

Hari Wibu Sedunia atau World Otaku Days akan dirayakan setiap tanggal 15 Desember di setiap tahunnya. Tidak jelas kenapa pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai harinya wibu di seluruh dunia. Namun ketika Kamu mengetik kata kunci “Hari Wibu Sedunia” ataupun “World Otaku Day” di Mesin Pencari seperti Google, maka akan muncul tanggal “15 Desember”.

Secara tidak resmi, penetapan tanggal 15 Desember sebagai Hari Wibu Sedunia, dan hanya diakui oleh para Otaku/wibu itu sendiri. Menurut beberapa sumber, Keputusan Penetapan World Otaku Day tersebut dilakukan oleh Para komunitas Otaku (Wibu) yang ada di sosial media dan berhasil menyebar luaskannya sampai menjadi viral.

Ada banyak sekali yang bisa dilakukan dalam rangka merayakan hari wibu sedunia, contohnya seperti dibawah ini

1. Membaca Manga

Manga adalah sebutan untuk komik yang berasal dari Jepang. Kamu bisa merayakan hari wibu sedunia dengan membaca manga favoritmu. Ada banyak sekali manga yang beredar, baik yang statusnya On Going (masih berjalan) atau statusnya End (Sudah tamat). Selain baca manga, Kamu juga bisa baca Light Novel, namun Light Novel tidak menyediakan gambar seperti di Manga, dan hanya berupa tulisan.

2. Menonton Anime

Anime merupakan sebutan untuk film animasi buatan Jepang. Kamu dapat merayakan hari wibu sedunia dengan menonton anime. Ada banyak anime yang tayang setiap musimnya (Season). Anime-anime populer seperti Naruto, One Piece, Hunter X Hunter, Dragon Ball, dll, sangat direkomendasikan bagi para Otaku.

3. Kumpul Bersama Komunitas Otaku

Komunitas adalah kelompok sosial yang memiliki kesamaan terhadap ketertarikan atau hoby tertentu. Komunitas Otaku adalah wadah untuk berkumpulnya para penggemar anime dan manga. Merayakan hari wibu sedunia bersama banyak orang yang memiliki kegemaran yang sama, adalah sebuah kebahagiaan yang luar biasa besar. Dalam event komunitas Otaku tersebut, Kamu bisa berdandan cosplay karakter favorit Kamu. Atau Kamu bisa bertemu dengan para Cosplayer dan berfoto bersama Mereka. Atau bisa juga dengan sekedar berbagi informasi seputar anime dan manga terbaru yang seru.

erwinwibu
  • erwinwibu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *