by

Apakah Orang Islam Harus Memilih Pemimpin Islam?

Membahas hal seperti ini mungkin agak risih karena sekarang menjadi masalah di negeri ini. Namun Saya akan memberikan sedikit ide Saya. Saya sendiri seorang muslim namun janganlah Kita muslim, kita selalu benar. Kita harus berfikiran luas.

Orang islam harus memilih pemimpin yang islam itu benar namun Pemimpin itu ada banyak jenisnya.
kepala daerah, bos kantor/perusahaan, imam masjid, dan ayah.

pemimpin

1. imam harus islam itu harus karena memimpin orang islam.
2. Sekarang bos kantor/perusahaan kebanyak dari cina, coba bilang ke bos cina “kamu kafir”, wah ya langsung dipecat tuh :V (ya kalau gak cocok bisa keluar dari perusahaan).
3. Ada bapaknya tionghoa dan ibunya lokal, nah si anak bilang ke bapak, “cina Loe!”, wah ya langsung dipecat jadi anak tuh :v
Ada pula pasangan yang berbeda agama dan menikah lalu dikaruniai anak, lalu anak bilang, “kafir Loe!”, wah apa bapak juga gak marah? :v
4. Pemimpin daerah/negara bisa tidak harus islam sepertinya, karena rakyatnya/yang dipimpin bukan hanya islam saja. Karena ini indonesia, semua agama itu sah, (islam, kristen, katolik, buda, hindu).

Menurut nabi Muhammad SAW pemimpin harus harus memiliki 4 karakter: Sidik berarti benar, Amanah artinya dipercaya, tablig yang berarti menyampaikan, dan Fatanah berarti cerdas.

Saya rasa yang paling utama itu 4 karakter tadi, namun tergantung jenis apa yang dipimpin.

Kalau pemimpin daerah/negara, yang paling utama itu 4 karakter tadi karena mencakup daerah luas.

Jika pemimpin hanya mengandalkan islam, semua orang islam bisa jadi pempin daerah/negara donk walaupun gak tahu masalah politik dan masalah hukum termasuk yang gak lulus sekolah.

Membela non muslim? tergantung keadaan jika seumpama muslim korupsi, apakah harus dibela? Jika yang non muslim tidak bersalah namun disalahkan, apakah harus dibiarkan dan tidak dibela. APakah Kamu tidak memiliki teman non muslim?

Atau Kamu punya teman muslim dan non muslim tapi jika teman muslimmu salah apakah Kamu masih ingin membelanya?

Kenapa 4 karakter harus lebih penting dari agama islam dalam kepemimpinan daerah/negara?

Karena jika 4 karakter tadi dimiliki oleh pemimpin maka bawahannya juga pasti mengikutinya karena memberikan contoh.

Selain itu karakter orang itu mudah dilihat orang sedangkan agama/keyakinan sulit dilihat orang dan hanya Allah saja yang tahu.

Apakah Kamu tahu shalat seseorang? doa seseorang? hanya Allah SWT yang tahu.

Terakhir, orang baik itu dinilai dari mana? karakter/sifat? atau agama?

Apakah Kita boleh mengkafirkan orang lain sedangkan yang berhak mengkafirkan orang lain adalah Allah SWT. Apalagi menuduh kafir kepada sesama kaum muslim yang memilih pemimpin non muslim? Apakah Kita mau mengambil hak Allah yang menentukan kafir?

Semoga dengan postingan ini bisa membuka pikiran Kita untuk lebih menghargai sesama.