17 Jenis Burung LoveBird Lengkap Beserta Gambarnya

erwinpratama.com – Siapa yang suka memelihara burung? Apakah Kamu gemar merawat burung? Erwin suka banget dengan burung LoveBird, karena memiliki warna yang indah. Nah kalau begitu Erwin akan memberikan artikel yang berjudul Jenis Burung LoveBird Lengkap Beserta Gambarnya khusus buat Kamu yang suka dengan burung.

Para pecinta burung pasti mengetahui tentang burung loverbird. Burung jenis love Bird ini menjadi favorit bagi orang-orang yang gemar memelihara burung. Bahkan ada orang yang mengoleksi burung-burung lovebird ini.

Kata “Love Bird” jika diartikan kedalam Indonesia maka akan bermakna sebagai “Burung Cinta”. LoveBird adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis. Kata “Agapornis” adalah perpaduan dari bahasa yunani “Agape” dan “Ornis”. Kata “Agame” memiliki arti “Cinta”, sedangkan kata “Ornis” memiliki arti “Burung”. Jadi kata “Agapornis” memiliki arti “Burung Cinta”.

jenis lovebird

Burung yang indah ini dinamai burung LoveBird karena perilaku secara umum sepasang burung Love Bird akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain.

Ciri-Ciri Burung LoveBird

  • Memiliki ukuran tubuh yang kecil, sekitar 13cm hingga 17cm.
  • Memiliki berat tubuh antara 40 gram sampai 60 gram.
  • Memiliki sifat sosial.
  • 8 dari sepesies lovebird ini (Black-Masked Lovebird, Fischer’s Lovebird, Lilian’s Lovebird/Nyasa Lovebird, Black-cheeked Lovebird, Peach-faced Lovebird, Black-winged Lovebird, Red-faced Lovebird, Black-collared Lovebird
    or Swindern’s Lovebird) berasal dari benua Afrika.
  • Sementara spesies Grey-headed Lovebird sendiri berasal dari Madagaskar.
  • Memiliki sifat Monogami di alam bebas, Hanya memiliki satu pasangan sepanjang hidup Mereka.
  • Usia hidup rata-rata mampu mencapai 10 tahun sampai 15 tahun.

Hal yang membuat burung lovebird ini menjadi burung yang populer adalah karena burung lovebird ini memiliki bulu yang berwarna-warni. Bukan hanya itu, suara kicauan burung love bird sangat merdu. Memiliki pola warna bulu yang menarik dan suara kicau yang merdu, tak heran jika burung love bird ini mampu terjual dengan harga yang tinggi. Semakin tinggi harga lovebird, semakin bagus kualitas burung tersebut. Harga yang dibandrol butung love bird tergantung jenis, warna bulu, dan suaranya. Apalagi jika burung love bird tersebut menjadi juara di perlombaan burung, maka harga yang ditawarkan akan semakin besar. Harga Love Bird cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu, jutaan, puluhan juta, ratusan juta, bahkan sampai 1 miliar.

Jenis Burung LoveBird
Secara umum, species LoveBird di alam liar terbagi menjadi 9 golongan.

1. Fischer’s Lovebird (Nama Latin: Agapornis fischeri)

Fischer's Lovebird
Gambar burung Fischer’s Lovebird

Fischer’s Lovebird memiliki tinggi sekitar 14 cm. Mempunyai bulu yang sebagian besar berwarna hijau, kepala dan bagian tubuh atas berwarna orange, bagian pantat berwarna biru, paruh berwarna merah, mata berkacamata putih.
Daerah asal Fischer’s Lovebird terletak dibagian selatan Danau Victoria di Tanzania utara, Benua Afrika.

2. Black-Masked Lovebird (Nama latin: Agapornis personata)

Black-Masked Lovebird
Gambar Burung Black-Masked Lovebird

Black-Masked Lovebird mempunyai tinggi sekitar 14 cm. Memiliki bulu yang sebagian besar berwarna hijau, Warna kepala hitam seperti memakai topeng, bulu dada berwarna kuning, paruh berwarna merah, mata berkacamata putih.
Black-Masked Lovebird memiliki daerah asal di Tanzania, Burundi dan Kenya, Benua Afrika.

3. Black-cheeked Lovebird (Nama Latin: Agapornis nigrigenis)

Black-cheeked Lovebird
Gambar Burung Black-cheeked Lovebird

Black-cheeked Lovebird memiliki tinggi 14 cm. Sebagian besar berwanra hijau, leher dan bagian belakang kepala berwana coklat, bagian depan kepala berwarna coklat kemerahan, bagian dada atas berwarna orange, paruh berwarna merah, mata berkacamata putih.
Zambia, Afrika adalah tempat asal untuk Black-cheeked Lovebird.

4. Lilian’s Lovebird/Nyasa Lovebird (Nama Latin: Agapornis lilianae)

Nyasa Lovebird
Gambar Burung Nyasa Lovebird

Ukuran cukup mungil hanya 13 cm. Sebagian besar berwarna hijau, termasuk punggung dan pantat, kepala berwarna oranye, paruh berwarna merah, mata berkacamata putih.
Umumnya banyak dijumpai di Malawi, Benua Afrika.

5. Black-winged Lovebird/Abyssinian Lovebird (Nama Latin: Agapornis taranta)

Abyssinian Lovebird
Gambar burung Abyssinian Lovebird

Jenis LoveBird paling tinggi badannya sekitar 16.5 cm. Sebagian besar bulunya berwarna hijau, paruh berwana merah, beberapa helai sayap berwarna hitam. Burung jantan mempunyai warna merah di bagian kepala depan dan bagian atas. Sedangkan Burung betina seluruhnya hijau.
Jenis LoveBird ini bertempat tinggal di Eritrea selatan sampai Ethiopia selatan, Afrika.

6. Peach-faced Lovebird (Nama Latin: Agapornis roseicollis)

Lovebird muka salem
Gambar Burung Peach-faced Lovebird

Tinggi Peach-faced Lovebird sekitar 15 cm. Sebagian besar bulunya hijau, muka berwarna merah muda, bagian punggung bawah dan pantat berwarna biru, paruh berwarna gading (kuning).
Peach-faced Lovebird (LoveBird Muka Salem) berasal dari Namibia, Africa Selatan, Angola.

7. Red-faced Lovebird (Nama Latin: Agapornis pullarius)

Gambar Burung LoveBird Muka Merah
Red-faced Lovebird

15 cm adalah tinggi burung Red-faced Lovebird. Sebagian besar bulunya berwarna hijau dengan warna merah di leher bagian atas dan kepala. Burung jantan memiliki warna merah lebih banyak dan lebih gelap pada daerah wajah dan kepala. Juga burung jantan mempunyai warna paruh yang lebih gelap daripada burung betina.
Daerah Afrika Tengah adalah tepat asal burung Red-faced Lovebird (LoveBird Muka Merah) berada.

8. Black-collared Lovebird or Swindern’s Lovebird (Agapornis swindernianus)

Gambar Burung LoveBird Kerah Hitam
Black-collared Lovebird

Memiliki panjang tubuh sekitar 13.5 cm. Sebagian besar berwarna hijau, warna leher coklat dengan warna hitam di bagian belakang leher, paruh berwarna abu-abu tua atau hitam.
Black-collared Lovebird or Swindern’s Lovebird banyak dijumpai di bagian khatulistiwa Afrika.

9. Grey-headed Lovebird or Madagascar Lovebird (Agapornis canus)

LoveBird Madagaskar
Gambar Burung LoveBird Kepala Abu-Abu

Burung kecil ini memiliki panjang hanya 13 cm. Sebagian besar bulunya memiliki warna hijau dengan hijau gelap di punggungnya. Warna pada paruhnya kelabu muda. Pada burung jantan, di bagian tubuh atas, leher dan kepalanya berwarna abu-abu.
Rumah asli burung Grey-headed Lovebird or Madagascar Lovebird ada di Madagaskar.

ya, itulah 9 jenis LoveBird secara umum. Tapi ada jenis lovebird lainnya. Dengan menyilangkan perkawinan jenis lovebird satu dengan jenis lovebird lainnya, maka akan muncul mutasi jenis lovebird baru dengan warna yang unik dan bervariasi. Bisa dibilang jika Love Bird Dibawah ini adalah LoveBird Hibrida.

10. LoveBird Albino atau Lovebird Putih

lovebird albino
Gambar Burung LoveBird Albino

Lovebird albino atau Lovebird pastel putih adalah jenis LoveBird yang paling langka, karena susah ditemukan. Semua warna bulu pada badannya adalah berwarna putih. Tidak ada warna lain selain warna putih bersih. Love Bird Albino memiliki warna mata merah, namun ada juga yang bermata hitam.

11. LoveBird Lutino (Nama Latin: Agapornis Roseicollis)

lovebird lutino
Gambar Burung LoveBird Lutino

LoveBird Lutino secara umum memiliki perpaduan warna kuning dan merah/orange. Warna bulu tubuh berwarna kuning, dengan warna merah atau orange pada bagian leher dan kepala. Warna paruhnya adalah merah menyala. Warna matanya merah. Dan mata berkacamata putih.

12. LoveBird Parblue

LoveBird Parblue
Gambar Burung LoveBird Parblue

Parblue merupakan singkatan dari “Partial Blue”, yang bisa diartikan sebagai “Sebagian Biru”. Ini karena warna bulu badannya berwarna biru, sedangkan kepalanya bisa berwarna putih, orange, atau kuning. Biasanya warna bulu badan dengan warna kepala akan kontras. Intinya warna bulu dibadannya mayoritas berwarna biru.

13. LoveBird HalfSider

LoveBird HalfSider
Gambar Burung LoveBird HalfSider

LoveBird HalfSider adalah salah satu jenis lovebird langka. kata “halfsider” sendiri memiliki arti “setengah sisi”. Artinya sengah sisinya berbeda warnanya. LoveBird Halfsider ini seolah-olah memiliki kesan seperti 2 burung lovebird dijadikan menjadi 1. Atau seolah-olah love bird halfsider memiliki sisi lain atau berkepribadian ganda.

14. LoveBird Batman

LoveBird Batman
Gambar Burung LoveBird Batman

LoveBird Batman adalah LoveBird dengan bulu berwarna hitam atau berwarna gelap. Disebut sebagai LoveBird Batman karena mirip dengan warna batman, yaitu hitam. Apalagi kepalanya berwarna hitam, seperti memakai topeng batman. LoveBird Batman adalah salah satu jenis love bird yang langka. Warna kepala hitam, warna sayap hitam, warna lainnya adalah warna gelap seperti abu-abu gelap.

15. LoveBird Blorok

lovebird blorok
Gambar Burung LoveBird Blorok

LoveBird Blorok memiliki warna bulu yang tidak selalu memiliki dominan warna tertentu, biasanya akan tercampur dengan warna lain. Bulu love bird blorok terkesan semburat, acak-acakan, dan tidak rapi. Walaupun begitu, burung blorok ini tetap dicari banyak orang karena keUNIKannya terebut. Dan harga burung blorok juga terbilang cukup mahal karena sulit untuk mendapatkan atau menghasilkan lovebird blorok ini.

16. LoveBird Merah

lovebird merah
Gambar Burung LoveBird Merah

LoveBird Merah juga biasa disebut sebagai red suffusion atau red suffused. Ciri-cirinya sudah pasti bulunya yang ada di hampir semua tubuhnya bewarna merah. Susah sekali menemui atau mendapatkan burung LoveBird ini karena LoveBird merah ini termasuk lovebird yang langka. Karena langka, sudah pasti harga LoveBird Merah terbilang mahal.

17. LoveBird Pastel

lovebird pastel
Gambar Burung LoveBird Pastel

LoveBird Pastel adalah jenis burung cinta yang memiliki warna lebih kalem atau warna lebih soft. Bisa dibilang jika warna lovebird pastel itu terlihat pucat atau terlihat seolah-olah warnanya luntur. Jika lovebird umumnya berwarna hijau cerah atau kuning cerah atau biru cerah, maka lovebird pastel akan terlihat seperti warna hijau pucat atau kuning pucat atau biru pucat.

Jika Kamu ingin memelihara burung love bird. Erwin akan memberikan info singkat Cara Bertenak LoveBird secara umum. Untuk Cara Ternak LoveBird terbilang Gampang-Gampang Susah, apalagi jika Anda ingin mendapatkan lovebird yang langka atau lovebird yang unik, pasti cukup susah. Nah, Saya hanya mengambil poin terpenting dari cara memelihara burung lovebird.

Cara Ternak LoveBird

  1. Siapkan kandang untuk lovebird.
  2. Beli sepasang lovebird yang sehat dan berkualitas.
  3. Tunggulah hingga lovebird siap untuk kawin.
  4. Jodohkan lovebird jantan dengan LoveBird Betina.
  5. Masukkan pada kandang yang berbeda dengan lovebird yang lain jika Anda berternak lovebird lebih dari sepasang.
  6. Rutin memberi makan agar lovebird cepat bertelur.
  7. Siapkan tempat yang nyaman untuk menaruh telur LoveBird, dan jangan mengganggu induk lovebird saat mengerami anakny, cukup lihat dari jarak jauh saja.
  8. Pisahkan anak lovebird dengan induknya.
  9. Memberi makan anakan lovebird sampai menjadi lovebird dewasa.
  10. Saat telah menjadi dewasa, Kamu bisa menjual lovebird tersebut, atau mengikutkan LoveBirdmu kedalam lomba burung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *