10 Masakan Kuliner Khas Indonesia Yang Mendunia

erwinkeren.com – Ngomongin makanan pasti bikin lapar, apalagi Kalau Kamu lagi laper terus membaca postingan dari Saya ini, pasti bakal tambah laper, hahaha. Nah Kali ini Saya akan memberikan info tentang Masakan Kuliner Khas Indonsia Yang Terkenal Di Dunia.

Saya bangga dan bahagia bisa tinggal di Indonesia. Negara Indonesia ini sangat kaya. Kaya akan luas wilayahnya, kaya akan budayanya, kaya akan ragam bahasa daerahnya, kaya akan tempat-tempat wisatanya, dan kaya akan kulinernya.

masakan kuliner khas indonesia

Apakah Kamu termasuk orang yang memiliki hobi makan? Kamu suka makan? Buat Kamu yang hobi makan, Kamu pasti beruntung sekali tinggal di Indonesia. Di Indonesia, Kamu dapat dengan mudah menemukan aneka masakan yang memiliki citra rasa yang lezat. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing.

Kelezatan masakan Indonesia bahkan sudah diakui oleh Dunia. Bahkan konon katanya, Turis asing sengaja datang ke Indonesia untuk mencicipi kelezatan masakan Indonesia. Kamu ingin tahu, Apa saja Masakan Kuliner Khas Indonesia yang mendunia?

10 Kuliner Khas Indonesia Yang Mendunia

1. Rendang
rendang
Rendang atau randang adalah masakan dari daging yang memiliki cita rasa pedas, yang dalam proses pembuatannya menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan rendang ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya membutuhkan waktu sampai berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat.

Rendang adalah makanan khas Minangkabau, Sumatera Barat. Rendang bisa Kamu temukan dengan mudah di restoran padang.  Rendang juga telah mendapatkan posisi pertama dalam daftar “World’s 50 Most Delicious Foods” (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International (2011).

2. Nasi Padang
nasi padang
Nasi Padang adalah makanan dari nasi kukus padang yang disajikan dengan berbagai masakan padang, yang berasal dari Sumatera Barat. Jadi, Nasi Padang adalah nasi yang biasanya dihidangkan dengan masakan padang lainnya seperti:  rendang, gulai tunjang, gulai gajebo, soto Padang, dendeng balado, ayam pop, dan gulai kepala ikan kakap disertai Samba Lado. Nasi padang bisa Kamu beli di Rumah masakan Padang.

Saking populernya nasi padang, bahkan ada seorang bule dengan nama Kvitland yang menciptakan lagu “Nasi Padang” dan diupload ke chanel youtubenya. Ada juga lagu dangdut yang berjudul “Goyang Nasi Padang” yang dinyanyikan oleh Duo Anggrek.

3. Nasi Goreng
nasi goreng
Nasi goreng merupakan sebuah makanan berupa nasi yang dimasak dengan cara digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap, saos, sambal, bawang merah, bawang putih, dan bumbu masakan lainnya. Ditambah pelengkap berupa lauk seperti: telur, ayam, daging, ikan asin, dan kerupuk. Nasi goreng adalah makanan yang mudah sekali ditemukan. Kamu bisa membeli nasi goreng di warung, pedagang kaki lima, dan juga restoran.

Bahkan Barack Obama (Presiden Amerika serikat ke 44), mengenal nasi goreng, dan bahkan suka dengan nasi goreng. Karena rasa enak dari nasi goreng, CNN International menempatkan nasi goreng menjadi makanan terEnak nomor 2 di dunia dalam daftar “World’s 50 Most Delicious Foods” (50 Hidangan Terlezat Dunia).

4. Sate
sate
Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Daging yang digunakan dalam makanan sate adalah daging ayam, daging kambing, daging kelinci, daging kuda, daging sapi, daging domba, dan lainnya. Lalu sate disajikan dengan berbagai bumbu yang bergantung pada variasi resep sate, seperti: bawang, kecap, saos kacang, dan lain-lain. Konon, sate adalah makanan yang berasal dari Jawa. Untuk lebih kenyang makan sate, biasanya sate dimakan bersama dengan lontong atau nasi.

5. Mie goreng
mie goreng
Walaupun disebut sebagai Mie Goreng, namun cara masaknya adalah dengan cara direbus. Mungkin bisa dibilang, lebih tepat disebut Mie rebus ketimbang mie goreng.

Mie goreng ini biasanya identik dengan anak kos, mungkin anak kos sering banget makan mie goreng. Didalam negeri, harga mie goreng tergolong murah. Namun jika diluar negeri, mie goreng memiliki harga yang cukup mahal. Harga Mie goreng diluar negeri mahal, Biaya Nge-kost diluar negeri mahal, Kamu ngekost diluar negeri terus beli mie goreng diluar negeri? bisa tekor Kamu, hahaha. Untunglah Kamu tinggal di Indonesia, karena kelezatan mie goreng ini bisa Kamu dapatkan dengan harga yang murah.

Banyak sekali merk Mie goreng di Indonesia. Namun Mie Goreng disini yang paling terkenal enak sampai ke luar negeri adalah Mie goreng dengan merk Indomie dan Mie Sedap.

Indomie adalah merk yang memproduksi makanan mie instan. Banyak varian rasa Indomie yang bisa Kamu coba. Varian rasa mie indomie yang terkenal lezat adalah “Special Fried Curly Noodles”.

Selain Indomie, ada juga merk mie Indonesia yang terkenal, yaitu Mie Sedap. Varian rasa Mie sedap yang paling lezat adalah Mie Kari Spesial.

SeriousEats.com (2012) menempatkan Mie Indomie rasa “Special Fried Curly Noodles” di posisi pertama, dan Mie Sedap rasa “Mie Kari Spesial” di posisi nomer 5.

Indomie dan Mie Sedap adalah merk Mie goreng asal Indonesia yang paling mendunia.

6. Tempe
tempe
Tempe ialah makanan yang pada umumnya terbuat dari fermentasi terhadap biji kedelai. Tempe memiliki banyak kandungan gizi, seperti:  serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Tempe juga bisa dijadikan obat karena tempe memiliki: antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Tempe adalah makanan khas Indonesia. Konon, tempe ini adalah makanan tradisional dari masyarakat Jawa, khususnya di Yogyakarta dan Surakarta.

Banyak yang menganggap jika tempe ini adalah makanan kelas bawah, namun itu tidak benar, karena tempe juga ditemui di restoran.

Sudah murah dan bergizi, jadi kenapa harus malu makan tempe? Beruntung Kamu tinggal di Indonesia, karena diluar negeri, hargam tempe terbilang cukup mahal.

7. Gado-Gado
gado gado
Gado -gado adalah makanan yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah, yang dihaluskan. Ditambahi pula dengan telur rebus, kentang, lontong, dan ditaburi bawang goreng. Dan disajikan pula dengan kerupuk, seperti: kerupuk udang, atau bisa juga kerupuk emping. Makanan gado-gado ini sudah pasti sehat, karena mencampurkan banyak sayur.

Gado-gado ini mirip seperti salad, yang cara penyajiannya mencampurkan beberapa sayur-sayuran. Bedanya gado-gado dengan salad adalah: gado-gado menggunakan saus kacang.

Gado-gado pernah menjadi juara pertama dalam perlombaan masak internasional yang diadakan di Napoli, Italia. Gado-gado dinobatkan sebagai Juara I kategori “tampilan sajian” pada Lomba Masak International yang diadakan oleh Internasional Liotorale Flegreo Nel Mondo (2010).

8. Soto

soto

Soto adalah salah satu makanan khas dari Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Bisa dibilang jika soto adalah sajian makanan berkuah yang didalamnya terdapat daging dan bahan lainnya seperti sayur.

Soto paling sering menggunakan daging dari hewan seperti daging kambing, daging sapi, dan daging ayam.

Ada banyak sekali varian soto menurut keKHASan daerahnya, seperti: soto babat, soto madura, soto lamongan, soto betawi, dan masih banyak lagi.

Dalam penyajiannya, soto dihidangkan bersama dengan nasi, lontong, ketupat. Dan biasanya akan ditambah dengan mie kuning, mie bihun, telur puyuh, kerupuk, bawang goreng, kadang ada juga yang meeteskan air perasan jeruk limau kedalam kuah soto.

Biasanya, hidangan soto akan disajikan di acara pernikahan atau acara hajatan.

Soto berhasil go International berkat warga negara Kita yang mempopulerkan makanan soto di festival makanan Jepang, PPIJ-Komsat Ibaraki, Jepang. Dan soto laris manis disana.

9. Rawon
rawon
Rawon adalah masakan Indonesia berbentuk sup daging berkuah hitam. Kuah rawon yang berwarna hitam berasal dari buah kluwek. Konon, rawon adalah masakan khas Jawa Timur.

Rawon menggunakan daging sapi yang diptong kecil kecil. Bahan-bahan untuk membuat rawon adalah: menghaluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal. Biasanya, rawon disajikan saat ada acara hajatan.

Black Soup adalah julukan bagi rawon jika ada diluar negeri. Orang bule menyebut Rawon sebagai Black Soup

10. Gudeg
gudeg
Gudeg adalah makanan Indonesia yang bahan pokoknya terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Untuk memasak gudeg, ternyata memerlukan waktu berjam-jam. Makanan Gudeg itu bewarna coklat, yang membuatnya menjadi berwarna coklat adalah gudeg dimasak bersamaan dengan daun jati.

Gudheg berasal dari Kota Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Gudeg biasanya dimakan dengan nasi agar lebih kenyang. Dan ditambah pula dengankuah santan kentan (Areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Ada berbagai macam varian gudeg, antara lain: gudeg kering (gudeg dengan areh kental), gudeg basah (gudeg dengan areh encer), dan gudeg solo (gudeg dengan areh bewarna putih).

Demikiankah 10 Daftar Makanan Khas Indonesia Yang Mendunia. Kamu sudah makan yang mana? Apa makanan Indonesia Favoritmu?

One Comment

  • Hello there,

    My name is Aly and I would like to know if you would have any interest to have your website here at erwinpratama.com promoted as a resource on our blog alychidesign.com ?

    We are in the midst of updating our broken link resources to include current and up to date resources for our readers. Our resource links are manually approved allowing us to mark a link as a do-follow link as well
    .
    If you may be interested please in being included as a resource on our blog, please let me know.

    Thanks,
    Aly

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *