kekuatan Titan Shifter Dan Pemiliknya di Anime Attack On Titan

erwinpratama.com – Anime Attack On Titan adalah anime yang menceritakan tentang post apocalypse, dimana umat manusia mengalami kepunahan masal akibat serang para Titan. Para Titan adalah makhluk raksasa berwujud seperti manusia dan Mereka memakan manusia hidup-hidup. Untuk bisa selamat, para manusia mau tidak mau harus tinggal didalam dinding raksasa. Dinding raksasa inilah yang mencegah Titan untuk masuk kedalam kota dan pemukiman warga yang ada didalam dinding.

.

Nah diantara para titan-titan tersebut, ternyata ada yang dari golongan Titan Shifter. Titan Shifter adalah sebutan untuk seorang manusia yang mampu berubah wujud menjadi Titan dan mampu menggunakan kekuatan dari Titan tersebut. Berbeda dengan Pure Titan yang tidak berakal, Titan Shifter masih dapat mempertahankan kecerdasan manusia Mereka.

9 kekuatan titan shifter

9 kekuatan Titan Shifter Dan Pemiliknya di Anime Attack On Titan

1. Founding Titan

Founding Titan atau Titan pendiri adalah Titan yang paling spesial dari 9 Titan Shifter. Kekuatan Titan Founder tidak dapat aktif jika dimiliki oleh manusia biasa. Kekuatan Founding Titan hanya bisa diaktifkan jika pemiliknya merupakan keturunan bangsawan. Atau jika pengguna bukan keturunan bangsawan, pengguna harus bersentuhan dengan Titan berdarah bangsawan.

Kekuatan Founding Titan
Dengan menjerit, Pengguna dapat merubah subyek Ymir menjadi Titan, mengontrol pikiran para titan, memanipulasi memori dari subyek Ymir, dan mengubah tubuh dari subyek Ymir.

Pemilik Founding Titan
Ymir Fritz
adalah seorang budak wanita dari raja Eldia pada masa lampau. Dan merupakan manusia pertama yang mendapatkan kekuatan Titan.

Keluarga kerajaan Fritz
Founding Titan secara turun-turun dari generasi ke generasi dipegang oleh keluaga kerajaan Fritz. Raja eldia ke 145 Kael Fritz memutuskan untuk mencari kedamaian dengan memindahkan keluarganya dan rakyatnya ke pulau paradis dan membangun tembok raksasa. Untuk menyamarkan identitas kerajaan, merubah nama “Fritz” menjadi “Reiss”. Pemilik founding titan keluarga Fritz/Reiss adalah Karl Fritz, Rod and Uri’s father, Uri Reiss, Frieda Reiss

Grisha Yeager
adalah bapak kandung dari Eren Yeager. Grisha terpaksa mencuri kekuatan Founding Titan dengan cara memakan Frieda Reiss.

Eren Yeager
Eren mewarisi kekuatan Founding Titan  dari ayahnya, setelah Ia memakan Grisha. Namun karena Eren bukan anggota kerajaan, maka Eren membutuhkan bantuan dari Titan berdarah bangsawan, seperti Zeke Yeager.

2. Attack Titan

Jika semua Titan Shifter hanya dapat menerima ingatan pewaris masa lalu, justru Attack Titan memiliki kekuatan untuk menerima ingatan dari pewaris Attack Titan di masa lalu dan pewaris Attack Titan di masa depan. Kekuatan spesial ini dapat memandu pengguna Attack Titan untuk terus bergerak maju dan berjuang untuk meraih kebebasan. Attack Titan milik Eren juga diperlihatkan mampu untuk mengeraskan bagian tubuh tertentu.

Pemilik Attack Titan
Eren Kruger
adalah seorang Eldian yang menjadi petugas keamanan Marley. Dia sebenarnya adalah Fukuro / The Owl, yang memberikan perintah rahasia pada pasukan revolusionaris Eldia.

Grisha Yeager
Adalah sosok seorang ayah kandung Eren Yeager. Grisha yang sempat mau di eksekusi, namun berhasil diselamatkan oleh Eren Kruger. Dan Eren Kruger memberikan kekuatan Attack Titan pada Grisha Yeager.

Eren Yeager
Saat tembok raksasa dijebol oleh Titan Armored Dan Kolosal Titan. Ayahnya menyuntikkan serum Titan pada Eren kecil. Eren berubah menjadi Titan murni, lalu memakan ayahnya, dan kekuatan Attack Titan pindah kepada Eren.

3. Colossal Titan

Colossal Titan adalah Titan terbesar dari semua jenis Titan. Colossal Titan memiliki tinggi tubuh sekitar 60 Meter. kemampuan dari Colossal Titan adalah mampu mengeluarkan uap panas dengan suhu tinggi, namun semakin tinggi panasnya, tubuh daging dan otot colossan Titan akan menyusut. Dan saat pengguna transformasi ke wujud colossal Titan, maka akan dibarengi dengan ledakan bom dengan jangkauan area yang luas, namun pengguna juga dapat mengontrol kekuatan ledakan tersebut.

Pengguna Colossal Titan
Bertholdt Hoover
adalah seorang penduduk Eldia yang menjadi prajurit Marley. Bertholdt terpilih sebagai pewaris Colossal Titan sejak terpilih sebagai kandidat, di usia anak-anak. Bersama dengan Reiner, Bertholdt menjebol dinding raksasa paradis.

Armin Arlert
adalah penduduk paradis yang tinggal didalam tembok raksasa. Berteman baik dengan Eren dan Mikasa. Armin mengorbankan dirinya sendiri terpanggang dengan uap suhu tinggi yang dikeluarkan Colossal Titan, dalam upaya agar Eren dapat mengambil tubuh Bertholdt yang bersembunyi didalam Colossal Titan. Armin sekarat, Levi dan kawan-kawan memutuskan untuk memberikan kekuatan Colossal Titan pada Armin, sehingga Armin bisa diselamatkan kembali.

4. Female Titan

Female Titan adalah satu-satunya Titan wanita didalam 9 Titan Shifter. Walaupun sebenarnya Titan pada umumnya tidak memiliki jenis kelamin, namun bisa dilihat, jika Female Titan memiliki bentuk tubuh seperti seorang wanita. Kemampuan Titan wanita adalah mampu mengeraskan bangian tubuh tertentu seperti tangan dan kaki atau mampu membungkus tubuh asli pengguna kedalam kristal yang keras. Dan dengan terikan Female Titan mampu untuk memanggil Titan liar yang berada dalam radius jarak dekat.

Pengguna Female Titan
Annie Leonhart
adalah prajurit wanita Marley yang berketurunan Eldia. Saat masa kecil Annie, Dia berhasil menjadi kandidat terpilih untuk mewarisi Female Titan. Annie membantu Reiner dan Bertholdt untuk merebut Founding Titan yang ada didalam dinding. Dan setelah tertangkap oleh survey Corps, Annie mengurung dirinya kedalam kristal keras untuk menjaga informasi.

5. Armored Titan

Armored Titan adalah salah satu dari 9 Titan yang memiliki kekuatan pengerasan secara permanen yang hapir merata di setiap tubuhnya, kecuali daerah persendian untuk bergerak. Kulit Armored Titan seperti dilapisi oleh lapisan yang berbentuk seperti besi baja yang keras. Colossal Titan dapat menjadi tank dan maju kegaris depan, menjadi sasaran serangan, karena peluru biasa tak mampu melukai lapisan keras yang melindungi Armored Titan.

Pengguna Armored Titan
Reiner Braun
adalah kaum eldia yang tunduk setia dibawah kekuasaan negara Marley. Pada usia 12 tahun, Reiner terpilih sebagai kandidat pemegang Armored Titan, mengalahkan Porco Galliard. Bersama dengan Bertholdt dan Annie, Reiner menjalankan misi untuk merebut Founding Titan yang ada di pulau Paradis.

6. Beast Titan

Beast Titan adalah salah satu dari 9 Titan yang memiliki karakteristik seperti binatang. Berbeda dengan 9 titan lainnya, yang mana Titannya berwujud mirip manusia. Beast Titan memiliki karakteristik fisik dari hewan yang berbeda yang bervariasi antara pewarisnya. Untuk Zeke Yeager, Beast Titannya berbentuk seperti kera raksasa. Sedangkan Beast Titan milik Tom Ksaver berbentuk seperti hewan domba bertanduk besar.

Pengguna Beast Titan
Tom Ksaver
Adalah prajurit Marley yang bertugas sebagai peneliti. Dan merupakan mentor serta teman dari Zeke Yeager. Di saat detik-detik akhir hidupnya, Tom Ksaver mewariskan kekuatan Beast Titan pada Zeke Yeager. Beast Titan miliknya memiliki wujud binatang domba dengan tanduk besar dan berjalan dengan 2 kaki.

Zeke Yeager
adalah putra kandung dari Grish Yeager. Dan merupakan saudara jauh dari Eren Yeager. Eren dan Zeke memiliki ayah yang sama namun beda Ibu. Bentuk Beast Titan Zeke yeager adalah kera raksasa, dengan lengan yang panjang, dan mampu untuk melempar objek benda hingga jarak jauh dan mengenai target tepat sasaran, karakteristik ini mungkin diambil Zeke karena Dia pandai bermain melempar bola sejak kecil. Selain itu ada kekuatan unik dari Beast Titan Zeke Yeager, kekuatan yang hampir mirip dengan Founding Titan. Zeke dapat merubah subyek Ymir menjadi Titan, dengan cara memberikan cairan tulang belakang Zeke kepada Subjek Ymir. Kemampuan spesial ini diperoleh Zeke, karena didalam darah Zeke mengalir keturunan kerajaan Eldia. Ibu kandung Zeke adalah Dina Fritz yang merupakan keturunan kerajaan Eldia.

7. Jaw Titan

Jaw Titan adalah Titan dengan tubuh terkecil sekaligus Titan dengan gerakan paling lincah dan cepat dari semua 9 Titan. Jaw Titan dilengkapi dengan rahang & gigi yang keras serta kuku cakar yang keras & tajam.

Pemilik Jaw Titan
Marcel Galliard
adalah prajurit marley dari ras eldia, sekaligus seorang kakak dari Porco Galliard. Didalam perjalanan untuk menyerang tembok raksasa di pulau paradis, tiba-tiba Titan Ymir muncul, Marcel kemudian menyelamatkan Reiner dengan mengorbankan Dirinya sendiri.

Ymir
Ymir awalnya adalah seorang eldia yang tinggal di Marley. Seorang gadis kecil tanpa nama yang miskin dan terlantar. Hingga suatu saat ada yang sebuah kultus pemujaan yang memberinya nama sebagai “Ymir” dan memujanya, mengacu kepada leluhur Eldian, Ymir Fritz. Kultus tersebut kemudian ditangkap Marley dan Ymir dihukum menjadi Titan murni, dan hidup sebagai Titan murni sampai 60 tahun. Hingga suatu hari Dia memakan Marcel dan mendapatkan kekuatan Jaw Titan, serta akhirnya mampu berubah wujud sebagai manusia kembali. Lalu Ymir pergi ke dalam dinding Maria dan bergabung menjadi Survey Corps. Jaw Titan milik Ymir terbilang tidak sempurna karena tidak memiliki rahang dan cakar yang kuat. Jaw Titan Ymir juga memiliki nama UnOfficial sebagai “Dancing Titan”.

Porco Galliard
adalah adik dari Marcel Galliard, yang juga merupakan prajurit eldia dibawah komando Marley. Setelah kalah dari Reiner, dan gagal menjadi Armored Titan. Galliard mendapatkan kekuatan Jaw Titan dari Ymir. Ymir menyerahkan diri dan dibawa kembali ke Marley. Jaw Titan milik Porco terbilang sempurna, karena memiliki rahang gigi yang keras dan cakar yang tajam. Cakarnya mampu menggores kristal pelindung dari WarHammer Titan. Dan rahang giginya mampu memecahkan kristal pelindung dari Warhammer Titan.

Falco Grice
adalah kandidat dan calon pewarin Titan Marley. Falco bersih keras agar dirinya bisa menjadi pewaris Armored Titan demin menyelamatkan Gabi.
Falco yang terkena cairan tulang belakang Zeke, tiba-tiba berubah menjadi titan murni tanpa akal karena teriakan Zeke Yeager. Porco Galliard mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Reiner, Porco kemudian dimakan oleh Titan Falco. Falco kemudian secara otomatis menjadi pewaris Jaw Titan. Jaw Titan Falco benar benar istimewa. Memiliki badan yang kecil seperti pada jaw titan umumnya. Jaw Titan Falco memiliki 2 bagian rahang, rahang dalam seperti manusia, dan rahang luar seperti paruh burung yang keras. Cakarnya seperti cakar burung. Dan memiliki bulu. bahkan Jaw Titan Falco dapat terbang. Karakteristik dari burung tersebut mungkin didapatkannya karena Dia terkena cairan tulang belakang milik Zeke si Beast Titan.

8. Cart Titan

Cart Titan adalah satu-satunya titan yang berjalan dengan 4 kaki dari semua 9 Titan. Cart Titan memiliki kecepatan yang hampir menyamai Jaw Titan. Pengguna Jaw Titan juga dapat bertransformasi berkali-kali dalam jumlah banyak. Cart Titan juga memiliki waktu durasi paling lama. Namun Cart Titan memiliki kelemahan seperti mudah diserang karena postur tubuhnya. Selain itu pengguna Cart Titan memiliki waktu regenerasi yang lambat jika dibandingkan 9 titan lainnya.

Pemilik Cart Titan
Pieck Finger
Sama seperti Zeke, Reiner, Bertholdt, Annie, Marcel, Porco, Falco, Pieck Finger juga tinggal di Liberio, sebuah daerah pengasingan khusus keturunan Eldia yang ada di Negara Marley. Cart Titan Pieck Finger dilengkapi dengan persenjataan seperti armor pelindung, senjata tembak, dan dapat menampung orang diatas badannya. Pieck Finger sendiri mengaku jika dirinya dapat melakukan transformasi ke Cart Titan hingga ratusan kali sebelum akhirnya dia merasa lelah. Cart Titan milik Pieck Finger juga memiliki waktu durasi transformasi hingga 40 hari, namun hal inilah yang membuat Pieck Finger kesulitan berjalan menggunakan 2 kaki sebagai manusia, menurut klaimnya sendiri, Dia lupa berjalan dengan 2 kakinya.

9. Warhammer Titan

Warhammer Titan adalah salah satu dari 9 Titan yang memiliki kemampuan untuk membuat struktur dari kulit yang diperkeras. Struktur yang keras itu dapat digunakan untuk membuat senjata, seperti pedang, panah, tombak, dan palu raksasa. Selain itu pengguna tidak harus berada didalam tengkuk leher belakang Titan. Pengguna dapat mengontrol Warhammer Titan dari jarak jauh menggunakan kabel daging Titan yang panjang, sedangkan tubuh penggunanya terbungkus oleh kristal yang keras, dan dihubungkan dengan kabel daging Titan tersebut.

Pengguna Warhammer Titan
Adik Perempuan Willy (Keluarga Tybur)
Secara turun temurun, kekuatan Warhammer Titan selalu diwariskan kepada keluarga Tybur. Keluarga Tybur adalah keluarga bangsawan keturunan Eldia yang memimpin Negara Marley. Hal ini karena keluarga Tybur dianggap sebagai pahlawan dalam perang besar Titan pada masa lalu.
Demi alasan keamanan, pemegang Warhammer Titan dirahasiakan oleh publik. Pemilik Warhammer Titan yang ada di keluarga Tybur adalah Adik perempuan dari Willy Tybur, yang tidak disebutkan namanya itu.

Eren Yeager
Dalam upaya untuk balas dendam kepada negara Marley yang telah menyerang pulau parasi dan menjebol dinding Maria, juga dalam upaya untuk melindungi pulau paradis dari ancaman negara koalisi untuk menyerang pulau Paradis, serta untuk keperluan Rumbling, Eren mencuri Kekuatan Warhammer Titan. Karena pengguna tubuh manusia Warhammer Titan dilindungi oleh kristal yang keras, Eren memanfaatkan rahang gigi yang kuat dari Jaw Titan untuk merusak kristal tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *