12 Niche Youtube Yang Paling Banyak Dicari Orang

erwinpratama.com – Kamu sudah tahu apa itu youtube kan? Siapa sih hari gini ada orang yang gak tahu apa itu Youtube? Menurut Wikipedia,

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

menurut Erwin, Youtube adalah situs tempat berbagi video, dimana Kamu bisa mengupload video sendiri, dan menonton video orang lain, serta berbagi video ke orang lain.

Ada banyak sekali situs online yang menyediakan fitur berbagi video, tapi Youtubelah yang masih menjadi rajanya hingga saat ini. Dikelola oleh Perusahaan raksasa internet terbesar Google, Youtube menjadi website video sharing paling populer. Kamu suka bikin video? Upload saja ke youtube, dan videomu akan ditonton orang banyak.

Youtube bisa membuatmu bak seperti artis yang terkenal di TV. kamu pasti tahu dengan nama-nama ini, Atta Halilintar, Ria Ricis, Jess No Limit, dll, ya Mereka adalah artis youtube yang memiliki subscriber terbanyak di Indonesia.

Bukan hanya menjadi terkenal, Kamu juga bisa menjadi kaya raya berkat Youtube. Bukan rahasia umum lagi jika Youtube bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Ini mungkin saja terjadi karena didalam youtube, ada fitur dari google adsense, yang memungkinkan Kita bisa mendapatkan duit dari hasil upload video Kita.

Kalau Kamu ingin menjadi calon youtuber, maka Kamu harus membaca tips-tips dibawah ini. Menjadi youtuber itu susah susah gampang. Apalagi Kalau kamu baru terjun di dunia youtube, kalau sampai salah jalan, maka Kamu akan susah untuk menjadi youtuber profesional.

Kesalahan awal youtuber pemula adalah pemilihan Niche. “Niche” adalah nama lain dari “tema” atau “topic”. “Niche youtube” maksudnya adalah “tema youtube”. Jadi Niche youtube akan mengikat channel youtubemu agar video yang didalamnya sesuai dan tidak keluar jalur. Contoh, jika Niche channel Youtube adalah “GAME”, maka Kamu harus membuat konten tentang game di channel youtube tersebut. Nah tanpa basa-basi lagi, Erwin akan memberikan konten youtube yang bagus untuk pemula.

niche youtube

12 Niche Youtube Yang Paling Banyak Dicari Orang


1. Niche Youtube Tentang Video Lucu
Semua orang butuh hiburan, termasuk juga Anda, hehehe. Tanpa adanya hiburan, mungkin orang tersebut akan menjadi stress. Justru Manusia yang sedang stress, marah, galau, gelisah, sedih, butuh sebuah hiburan. Hiburan akan membuat Mood mereka kembali menjadi bahagia. Salah satu hiburan yang bisa bikin bahagia adalah menonton video lucu. Menonton video lucu pasti akan membuat Kita tertawa dan akan melupakan kemarahan, kesedihan, dan kegalauan Kita.

Dulu orang-orang mencari tontonan komedi di televisi, namun sekarang banyak orang-orang yang mencari video lucu di youtube. Nah disini Kamu bisa membuat video lucu untuk menghibur orang-orang. Di Niche ini Kamu bisa bikin konten kompilasi video, video komedi, dan video parodi, serta video prank.


2. Niche Youtube Tentang Berita Dan Informasi

Siapa sih hari gini yang gak suka baca berita? Kalau orang tersebut gak suka baca berita, pasti dia akan ketinggalan informasi. Dengan mengetahui informasi baru, Kita bisa melangkah lebih pasti, dan lebih mantab menyusun stategi. Zaman dulu orang-orang membaca koran untuk menerima informasi, Dulu Orang-orang menonton televisi untuk mendapatkan informasi, tapi di zaman now orang-orang sudah bisa mengakses informasi lewat video youtube. Jadi jangan heran jika media-media berita sekarang pada ramai-ramai bikin channel di youtube. Bedanya apasih nyari info di koran, tv, sama di youtube? Bedanya kalau info di koran dan di tv itu terbatas, sedangkan di youtube Kita bisa mengakses informasi yang tak terbatas. Di youtube, Kamu bisa dapatin info-info yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Jadi, kamu bisa membagikan informasi yang Kamu miliki ke semua orang lewat channel youtube Kamu.


3. Niche Youtube Tentang Tutorial

Semua orang pasti pada awalnya tidak mengetahui sesuatu, lalu orang tersebut belajar untuk memahaminya. Untuk bisa memahami sesuatu, orang tersebut membutuh yang namanya “panduan” atau “tutorial”. Contoh: Kamu gak bisa masak, maka Kamu harus mencari tutorial cara memasak. Kamu gak bisa main musik, maka Kamu harus mencari tutorial cara bermain musik. Kamu gak bisa jadi youtuber, maka Kamu harus mencari tutorial cara menjadi youtuber.

Dulu biasanya orang-orang mencari tutorial di internet lewat blog atau website. Tapi tutorial di blog itu hanya menyediakan tulisan dan gambar saja, dan itu sepertinya kurang membantu. Dalam beberapa kasus, orang membutuhkan sebuah tutorial yang dikerjakan secara “Step by Step” lewat sebuah video. Jadi jangan heran jika jaman sekarang orang-orang mulai banyak yang mencari tutorial di youtube.

Kalau Kamu ingin membatu orang lain Atau Kamu ingin berbagi ilmu yang Kamu miliki, kamu bisa membuat channel youtube yang membahas tutorial. Tutorial apa saja? banyak kok macamnya, ada tutorial cara memasak, tutorial tentang android, tutorial tentang youtube, tutorial cara bermain musik, tutorial aplikasi/software, dll. Usahakan buat video tutorial yang menarik, to the point (langsung ke inti permasalahan), jangan jangan bertele-tele, mudah dimengerti dan jelas.


4. Niche Youtube Tentang Gaming

Dulu orang menganggap Gamer sebagai orang yang gak penya kerjaan, karena mereka menganggap bermain game itu hanyalah perbuatan yang sia-sia. Bahkan orang tua sering memarahi anaknya karena selalu main game melulu.  Tapi coba lihat sekarang, zaman modern ini, profesi seorang GAMER PROFESIONAL sangat menguntungkan. Gamer profesional mampu meraup jutaan sampai milyaran rupiah dalam suatu kontes game, tentu saja Kamu harus benar-benar jago dalam main game kalau mau jadi gamer profesional.

Erwin sendiri suka banget main game, khususnya game android. Kamu suka main game? Yuk manfaatkan hobymu itu. Kamu bisa mendapatkan uang dengan cara bermain game, enak banget kan? Caranya adalah bikin channel youtube tentang game. Banyak kok sekarang, gamer-gamer yang jadi youtuber. Kamu bisa upload video Kamu saat sedang bermain game. Agar videomu ditonton banyak orang, mainkan game-game yang sedang trending atau sedang hangat-hangatnya. Tapi ingat ya, jangan lupa waktu saat bermain game, jaga kesehatan.


5. Niche Youtube Tentang Musik Dan Lagu

Saya percaya jika semua orang menyukai musik dan lagu. Dulu orang-orang pergi ke toko musik untuk membeli kepingan cd musik, tapi sekarang orang-orang sudah pindah ke youtube. Di youtube, Kamu bisa mendengarkan semua jenis aliran musik dan Kamu bisa mendengarkan semua lagu yang ada di Indonesia dan lagu luar negeri.

Para artis, musisi, idola, band, dan penyanyi, semuanya sudah memanfaatkan youtube untuk mempopulerkan karya-karya lagu Mereka.

Apakah Kita bisa menghasilkan uang dengan bermain Musik? Bisa! Youtubelah jawabannya. Tapi ingat, Kamu tidak boleh mengupload video musik/lagu yang ada hak ciptanya (copyright), Ini karena Youtube melindungi pemilik asli dari lagu tersebut. Lalu gimana donk? Gampang, Ada 2 cara. Kamu jadi pengcover lagu aja, Cover lagu masih diijinkan oleh youtube. Atau Kamu bisa menciptkan lagu original buatanmu sendiri.


6. Niche Video Tentang Unboxing Dan Review Produk

Biasanya, sebelum membeli suatu barang, orang tersebut pasti ingin mengetahui bentuk dan spesifikasi dari barang tersebut. Contohnya saja, Jika Kamu ingin membeli smartphone baru, pasti Kamu ingin mengetahui bentuk dan spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone tersebut.

Kamu bisa tuh mencoba untuk membuat channel yang berisi konten unboxing dan review. Barang yang di unboxing sudah pasti baru dan masih segel BNIB (Brand New In Box). Jadi cara kerjanya adalah, Kamu membeli barang baru, Kamu unboxing (buka kardus/kemasan), lalu Kamu review (ulas barang tersebut). kelemahan dari niche ini adalah Kamu harus mengeluarkan “modal” untuk membeli barang yang akan Kamu unboxing dan review.


7. Niche Video Tentang Travel

Orang-orang pada umumnya pasti butuh liburan. Selama seminggu, orang dewasa sibuk bekerja, dan anak-anak sibuk sekolah, untuk itu Mereka harus meluangkan waktunya di akhir pekan untuk berlibur. Orang yang sedang ingin berlibur pasti mencari rekomendasi tempat berlibur, nah biasanya Mereka membuka youtube untuk melihat rekomendasi tempat berlibur.

Kamu suka berpetualang ke tempat jauh?Kanapa gak Kamu rekam saja, trus dijadikan konten youtube. Dengan begitu Kamu bisa pamer ke orang lain, atau Kamu bisa menunjukkan ke semua orang tentang spot tempat wisata bagus yang pernah Kamu kunjungi. Saat berlibur ke suatu tempat, Kamu cukup bawa kamera untuk merekam momen liburan Kamu. Oh iya, Kamu juga harus menunjukkan lokasi tempat wisata tersebut dengan detail, agar orang-orang tahu dimana lokasi tempat wisata tersebut. Dan tunjukkan juga rute-rute perjalanan yang harus dilewati agar sampai ke tempat wisata tersebut.


8. Niche Video Tentang Kuliner

Semua orang pasti butuh makan, yaiyalah kalau gak makan orang bisa kelaparan, hahaha. Orang-orang suka banget jajan diluar, karena mungkin saja masakan dirumah “ya itu-itu aja”. Atau Biasanya kalau orang yang sedang travel, pasti Mereka mampir ke tempat penjual makanan untuk mencoba masakan kuliner yang ada di daerah tersebut.

Kamu suka makan? Kamu suka jajan diluar? Kenapa Kamu gak bikin saja channel youtube tentang kuliner. Kamu cukup membawa kamera video untuk merekam makanan apa saja yang Kamu temui selama perjalanan. Ungkapkan pula bagaimana lezatnya rasa makanan yang Kamu nikmati itu.


9. Video Tentang Resep Masakan

Orang kalau sering makan masakan yang sama tiap hari, pasti Mereka akan bosan. Untuk itu Dia harus membuat masakan baru. Tapi bagaimana jika orang itu gak bisa masak? Nah biasanya orang-orang yang gak bisa masak akan mencari resep masakan untuk belajar memasak.

Kamu punya hoby masak? Kenapa Kamu gak buat channel youtube tentang memasak. Kamu rekam saja kegiatan memasakmu langkah demi langkah. Rekam semua bumbu masakan yang akan Kamu gunakan, lalu rekam pula proses memasaknya.


10. Niche Video Tentang Religi

Ada sekitar 6 Agama yang ada di Indonesia, yaitu: Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu. Dan Islam adalah agama dengan penganut terbanyak di Indonesia. Dulu biasanya orang-orang pergi mendatangi majelis taklim untuk belajar tentang agama dan untuk mendengarkan ceramah. Namun di zaman modern ini, orang-orang sudah bisa mendapatkan mendapatkan ceramah agama dari rumah, Mereka hanya tinggal buka youtube terus cari video ceramah agama.

Kamu suka berdakwah? Atau Kamu suka berbagi ilmu tentang agama? Kamu bikin saja bikin channel youtube tentang religi. Ya tentu saja isi kontennya adalah uztad, ulama, atau pendakwah, yang sedang ceramah tentang agama.


11. Niche Youtube Tentang Misteri, Horror, Dan Supranatural

Percayakah Kamu jika ada banyak orang yang suka dengan hal-hal yang berbau mistis? Masyarakat Indonesia pada umumnya sangat mempercayai hal-hal yang berbau ghaib. Bahkan ada lho acara di TV yang membahas hal-hal supranatural. Bukan hanya itu, orang-orang Indonesia ternyata suka menonton film horror.

Kamu tertarik dengan hal-hal yang berbau mistis? Kamu bikin saja channel youtube yang membahas tentang hal-hal mistis. Kamu bisa ceritakan pengalaman mistismu. Atau Kamu bisa pergi ke tempat angker untuk merekam kejadian mistis di tempat tersebut.


12. Niche Video Tentang Vlog

Ada niche alternative nih, yaitu Vlog (video Log). Vlog adalah kegiatan seseorang yang direkam ke dalam video. ya bisa dibilang jika vlog adalah video dokumentasi diri sendiri. Kamu bisa tuh merekam apa saja yang Kamu lakukan seharian, lalu upload rekaman vlogmu ke youtube.

Nah Gimana? Kamu sudah menemukan ide untuk membuat channel youtube? Topik apa yang ingin Kamu pakai di channel youtube Kamu? Atau jangan-jangan Youtube bukanlah jalan yang Kamu pilih? Tenang, Kamu bisa mencoba untuk menjadi blogger, Erwin akan memberikan artikel tenang Niche Blog Yang Ramai Pengunjung.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *