5 Mainan Jadul Yang Populer Berkat Anime

erwinpratama.com – Mari Kita mundur ke masa lalu sekitar tahun 1990an sampai awal tahun 2000an. Jika Kamu adalah termasuk golongan anak anak generasi 90an (lahir tahun 1990an), pasti Kamu akan ingat dengan permainan jadul (Jaman Dulu) berikut ini. Ayo sejenak luangkan waktu Anda untuk ber-Nostalgia.

.

Saat Kita masih kecil, pasti yang ada dipikiran Kita adalah bermain. Tentu saja hal yang dapat dimainkan saat itu adalah sebuah mainan. Tentu ada perbedaan antara mainan anak jaman dulu dengan mainan anak jaman sekarang. Mainan anak jaman sekarang kebanyakan adalah game-game yang dimainkan di hp. Sementara anak jaman dahulu memainkan permainan yang dapat dilihat, disentuh, dipegang, dan dimainkan secara nyata.

Sekitaran tahun 1990an sampai tahun awal 2000an, televisi Indonesia sedang gencar-gencarnya menayangkan anime untuk anak-anak. Dan ada beberapa anime yang mempromosikan sebuah mainan untuk anak-anak. Tentu mainan ini menjadi sangat populer berkat tayangan anime tersebut. Nah mainan apa sajakah itu?

mainan anime jadul

Mainan Jadul Yang Populer Berkat Anime

1. Action Figure Gundam
Gundam adalah robot raksasa yang ada di anime Mobile Suit Gundam. Gundam sendiri merupakan singkatan dari (General Unilateral Neuro-link Dispersive Autonomic Maneuver Synthesis System).

Anime Mobile Suit Gundam dirilis pada April 1979. Lalu muncul juga series Mobile Suit Gundam Wing pada April 1995. Di Indonesia sendiri, anime Mobile Suit Gundam Wing pernah tayang di Indonesia lewat stasiun tv Indosiar yang ditayangkan pada hari minggu pagi pada tahun sekitaran 90an.

Kepopuleran anime gundam ini turut serta membuat para produsen mainan membuat action figur robot gundam. Produsen mainan yang memproduksi action figure gundam terbaik adalah Bandai, Daban, dan Dragon Momoko.

Action Figure yang beredar dipasaran juga memiliki tingkat Grade. HG (High Grade), MG (Master Grade), PG (Perfect Grade), RG (Real Grade), dan SG (Super Deformed)

Untuk yang mau membeli Figure Action Gunpla (Gundam Plastik), Kamu harus merakitnya terlebih dahulu. Beberapa kepingan piece harus dirakit menjadi satuan yang utuh. Jadi, tidak langsung jadi. Namun ada enaknya, kamu bisa melatih kesabaran dalam merakit robot gundam favorit Kamu.

2. Mini 4WD
Mini 4WD adalah sebuah model miniatur dari sebuah mobil balap rakitan yang terbuat dari plastik. 4WD sendiri adalah singkatan untuk 4 Wheel Drive. Sebuah mobile mainan yang dapat digerakkan tanpa menggunakan remote, dengan mesin berupa motor dinamo mini dan 2 baterai untuk tenaganya. Cara main mobil mini 4wd cukup mudah, mobil 4wd yang paling cepat menuju garis finish adalah pemenangnya. Atau mobil yang mencatat waktu record finish tercepat ialah juaranya.

Di Indonesia sendiri, mobile mainan Mini 4WD ini menjadi sangat populer gara-gara serial anime Let’s & Go!!. Di Jepang, Anime Let’s & Go!! mulai tayang pada Januari 1996. Sedangkan di Indonesia, Anime Let’s & Go tayang pada september 2002 lewat stasiun tv RCTI.

Mini 4WD sendiri juga sering disebut sebagai “TAMIYA”. Padahal nama Tamiya sendiri adalah pabrik produsen dari mini 4 wd tersebut. Selain itu adapula produsen mini 4wd lain yang populer yaitu Auldey.

Mini 4 wd yang terjual di pasaran juga biasanya harus dirakit terlebih dahulu, namun ada pula mobil Mini 4WD yang sudah dirakit oleh penjualnya. Selain itu Kamu harus membeli batteray secara terpisah. Dan juga bisa membeli lintasan track balap untuk Mobile Tamiya Mini 4 WD.

3. Kartu YuGiOh
Kartu YugiOh adalah sebuah permainan kartu duel monster. Dimana setiap kartunya memiliki fungsi, kelebihan, dan kekuatannya sendiri-sendiri. Beberapa kategori kartu Yu-Gi-Oh adalah Kartu monster, kartu spell, kartu Trap, kartu magic, dan lain-lain. Bagian depan kartu memiliki tampilan yang berbeda dan fungsi kegunaan yang berbeda, terdapat gambar serta deskripsi dari kartu tersebut. Sedangkan bagian belakang kartu semuanya terlihat sama.

Game Kartu yugioh ini menjadi begitu populer berkat animenya. Permainan duel kartu ini dimainkan 2 orang. Setiap pemain yang bertanding akan membawa deck kartu Mereka. Agar adil, biasanya pemain akan mengocok kartunya sendiri atau mengocok kartu lawan. Setiap pemain akan diberikan Life point. Pemain dapat memunculkan bayangan monster yang bisa menyerang pemain musuh. Life point dari pemain yang turun ke angka 0 akan dianggap kalah. Dan biasanya pemain yang menang berhak untuk mendapatkan kartu dari pemain yang kalah, sebagai hadiah atas kemenangannya.

Permainan kartu Yugioh ini populer berkat anime dengan judul yang sama. Di Jepang, Anime Yugioh! dirilis pada April 1998. Sedangkan sequelnya,YuGiOh! Duel Monsters dirilis pada April 2000. Di Indonesia, Anime Yugioh diatayangkan pada awal tahun 2000an di stasiun tv RCTI, TPI, SCTV, Spacetoon dan Indosiar.

Kartu Yugioh terjual dalam bentuk Deck Kartu, yang terdiri dari beberapa kartu. Namun ada juga yang dijual eceran.

4. Blayblade
Blayblade adalah permainan gangsing ala jepang, yang dibuat menggunakan plastik dan metal, berbentuk lingkaran, dan dapat berputar. Beyblade sebenarnya memiliki bentuk yang berbeda dengan gangsing yang ada di indonesia. Gangsing di indonesia sebenarnya adalah permainan tradisional yang menggunakan bambu atau kayu. Lalu gangsing tersebut diikat menggunakan tali dan lempar gangsing tersebut dengan tujuan untuk membuat gangsing itu berputar. Walaupun berbeda, namun prinsipnya sama antara beyblade dan gangsing.

Permainan beyblade populer berkat anime Bakuten Shoot Beyblade G Revolution. Dijepang sendiri, anime Bakuten Shoot Beyblade dirilis pada Januari 2003. Sedangakan versi indonesianya, dirilis oleh stasiun tv indosiar pada tahun 2006.

Dalam permainan beyblade. Dibutuhkan beyblade dan laucher. Beyblade memiliki beragam bentuk yang unik, namun pada dasarnya adalah lingkaran untuk membuatnya berputar lebih baik. Lalu bagian bawahnya adalah poros yang agak lancip yang biasanya terbuat dari metal. Lalu dibutuhkan pula sebuah launcher, yang berfungsi untuk memutar beyblade. Dua orang pemain akan beradu beyblade mereka dalam sebuah arena. Beyblade yang bertahan berputar sampai akhir, Dialah pemenangnya.

Beyblade yang tersedia di toko itu dalam keadaan sudah dirakit. Jadi pemain bisa langsung memainkannya.

5. Crush Gear
Crush Gear adalah mainan mobil-mobilan, mirip seperti mobil mini 4wd, namun pada depan dan belakang mobilnya terpasang senjata untuk bertarung. Senjata pada bagian depan ataupun belakang akan bergerak jika crushgear dinyalakan, karena senjata ini terhubung dengan bagian roda melalui mekanisme gear. Menggunakan mini dinamo sebagai mesin dan penggerak crush gear. Dan menggunakan 2 batteray untuk daya nya.

Cara memainkan crush gear cukup mudah. Duel crush gear biasanya terjadi antara 2 orang pemain. Masing-masing pemain akan menaruh crush gear Mereka di sebuah arena. Jika crush gear tidak bisa berjalan dengan baik, misalnya: crush gear dalam keadaan terbalik sehingga roda tidak menempel ke tanah/arena. Namun di animenya agak ekstrim. Crush gear akan dinyatakan kalah jika crush gear Mereka hancur berkeping-keping.

Mainan crush gear ini menjadi populer semenjak kehadiran anime yang berjudul Crush Gear Turbo. Di Jepang anime ini dirilis pad Oktober 2001. Di indonesia, anime Crush gear turbo tayang di Stasiun TV Indosiar pada hari minggu pagi pada tahun awal 2000an.

Crush gear adalah mainan yang diproduksi oleh Bandai. Namun mainan Crush Gear sudah tidak diproduksi lagi. Hal ini membuat harga Crush Gear menjadi mahal, karena sudah sangat langka. Beruntunglah Kamu yang masih memiliki mainan Crush Gear saat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *