7 Faktor Penyebab Loading Website/Blog Menjadi Lemot Dan Cara Mengatasinya

erwinpratama.com – Kecepatan adalah hal yang harus dimiliki di zaman ini. Salah satu hal yang membutuhkan kecepatan adalah Informasi. Kecepatan mengakses informasi itu penting sekali dizaman digital ini. Jika Kita bisa mengakses informasi dengan cepat, Maka Kita tidak akan ketinggalan informasi yang sedang terjadi. Namun Jika Kita lambat mendapatkan informasi, maka Kita akan tertinggal, dan itu bisa berbahaya, tergantung pada sepenting apa informasi tersebut.

Anggap saja, Kamu adalah seorang pengunjung yang sedang mencari informasi di website ataupun blog orang lain. Jika Blog yang Kamu kunjungi lama kebukanya atau lemot loadingnya, pasti Kamu akan kesal karena buang-buang waktu, bahkan bisa jadi jika Kamu langsung keluar dari blog lemot tersebut dan akhirnya mencari informasi di blog lainnya yang lebih kenceng loadingnya.

Saya sendiri juga pernah mengunjungi blog tertentu untuk mendapatkan informasi yang Saya inginkan. Tapi, begitu Saya masuk ke blog tersebut, ternyata loadingnya lama, tulisan dan gambarnya gak muncul-muncul. Daripada buang-buang waktu, Saya langsung menutup blog yang lemot itu, dan langsung mencari informasi di tempat lainnya.

Kamu punya blog Kan? Pasti Kamu gak mau jika blogmu berat loading-nya. Karena jika loading blogmu berat, otomatis visitormu akan malas mampir di blogmu dan kapok mengunjungi blogmu. Nah Kamu gak mau hal itu sampai terjadi kan? Kalau Kamu masih bingung kenapa blog Kamu loadingnya lemot, Kamu harus mengetahui penyebabnya. Lalu apa Penyebab Website Menjadi Lemot?

penyebab blog lemot

Faktor Penyebab Loading Website/Blog Menjadi Lemot

1. Koneksi Internet Lemot
Jangan langsung menyalahkan blog orang lain lemot, tapi cek dulu koneksi Internet yang sedang Kamu pakai sekarang. Koneksi internet sangat berpengaruh dalam membuka suatu website. Kalau kecepatan internetmu lemot, otomatis semua website yang Kamu buka pasti lemot.

2. Server Hosting Kelebihan Beban
Hosting yang baik pasti akan membawa pengaruh yang baik bagi website Kita. Namun, jika website Kamu lemot, Kamu harus mengecek hosting yang Kamu pakai, karena bisa saja websitemu membutuhkan kapasitas hosting yang lebih besar. Artinya, webhosting Kamu tidak mampu menampung visitormu yang banyak itu.

3. Terlalu Banyak Gambar
Kalian mungkin merasa tidak percaya, kenapa gambar bisa menyebabkan website lemot. Saat membuka suatu website, tulisan, gambar, dan script akan di load. Jika ada gambar yang ukuran memorinya besar, maka otomatis loadnya jadi lambat. Apalagi jika ada banyak gambar di blog Kita dengan ukuran yang besar, pasti makin lemot. Untuk itu gunakan gambar yang ukuran memorynya kecil, Kamu bisa gunakan tools kompres gambar, untuk mengecilkan ukuran memori gambar yang besar.

4. Terlalu Banyak Script
Seperti yang sudah Saya bilang sebelumnya, jika saat membuka website, maka tulisan, gambar, dan script, akan diload. Jika disitusmu banyak scriptnya, maka otomatis menjadi lambat.

5. Mengistal Plugin Yang Tidak Penting
Untuk WordPress, biasanya ada tambahan fitur yang berupa plugin. Plugin wordpress yang terinstal akan memakan resource dari server hosting Kita, seperti cpu dan ram. Jadi gunakan plugin yang penting saja.

6. Terlalu Banyak Widget
Nah kalau wordpress memiliki plugin, blogspot memiliki widget. Terlalu banyak widget yang terpasang di blogspot, maka blogspot juga akan jadi lemot.

7. Template/Theme Yang Teralau Banyak Script
Template/Theme juga merupakan faktor penyebab sebuah website atau blog menjadi lambat. Ini karena didalam template tersebut terdapat banyak sekali script-script (seperti javascript dan lain-lain) yang dirasa tidak terlalu penting.

Cara MengatasiĀ Loading Website/Blog Menjadi Lemot

1. Percepat Koneksi Internet
internet cepat
Jika koneksi internetmu kencang, maka Kamu bisa membuka website ataupun blog dengan cepat pula. Gunakan operator internet tercepat sesuai lokasi Anda. Kestabilan internet dan kecepatan internet bergantung pada lokasi dan operator internet Anda. Atau cari spot wifi yang Kamu anggap pas untuk kebutuhan ngeblogmu.

2. Upgrade Server WebHosting
web hosting
Pasti ada batasan kapasitas server hosting saat Kita membelinya, seperti ram, processor, dan bandwidth. Saat visitor belum terlalu banyak, mungkin Kita membeli hosting dengan spesifikasi yang rendah. Namun kalau visitor semakin banyak, maka Kita diharuskan untuk mengupgrade webhosting Kita. Saat webhosting sudah tidak dapat menampung visitor blog Kita yang jumlah makin banyak, blog atau website Kita akan terasa lemot, dan bahkan tidak bisa diakses lagi.
Jadi, semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blogmu, maka Kamu membutuhkan spesifikasi hosting yang tangguh.
Tapi kalau Kamu pakai blogspot maka Kamu gak perlu khawatir server down, karena blogspot menggunakan server milik Google yang powerfull.

3. Kompres Gambar
kompres gambar
Memang bagus jika menambahkan banyak gambar di websitemu. Tapi semakin banyak gambar maka blogmu akan jadi lebih berat loadingnya. Untuk itu kompreslah gambarmu. Apa itu kompres gambar? Mengompres gambar adalah memperkecil ukuran gambar. Contohnya: Kamu punya gambar ukuran 500kb, maka setelah gambar dikompres ukurannya jadi 100kb. Jadi, ukuran size gambar berpengaruh pada kecepatan blog Kamu.

4. Kurangi Penggunaan Script Yang Tidak Penting
script
Didalam suatu blog ataupun website, pasti terdapat kode-kode script. Ada kode script yang penting dan ada kode scrpit yang gak terlalu penting. Biasanya para blogger pemula memasang script-script yang gak penting hanya untuk mempercantik tempilan blog Mereka, bukannya jadi bagus, blog Mereka malah jadi terlihat norak dan berat loadingnya. Jadi, gunakan script yang dianggap perlu atau gunakan script seperlunya.

5. Hapus Plugin Yang Gak Penting
plugin wordpress
Wordpress memang telah memberikan layanan plugin gratis yang jumlahnya sangat banyak. Dan mungkin tanpa sengaja Kita mencoba memasang plugin tersebut dan ingin tahu fungsinya, namun mungkin Kita lupa untuk menghapus. Plugin wordpress memang bisa memakan source hosting Kita. Jadi gunakan plugin yang dianggap penting saja dan uninstal plugin yang sudah tidak terpakai.

6. Hapus Widget Yang Tidak Penting
widget blogspot
Fungsi widget pada blogspot itu hampir mirip seperti fungsi plugin pada wordpress. Menggunakan widget yang tidak penting pada blogspot, akan berakibat blogspot Kamu menjadi berat saat dibuka. Gunakan saja Widget yang sekiranya penting saja

7. Gunakan Template/Theme yang Fast Loading
template blog
Untuk Pengguna Blogspot: Gunakan template blogspot yang sederhana saja. Pilih template yang memiliki loading cepat.

Untuk Pengguna WordPress: Pakai theme wordpress yang minimalis saja. Pilih theme wordpress yang simple.

Gak perlu tampilan template/theme blog yang norak, banyak gaya, dan terkesan berlebihan. Karena para pembaca blogmu hanya butuh tulisanmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *