7 Inspirasi Wallpaper Dinding Minimalis Untuk Ruang Tamu

erwinpratama.com – Ruang tamu adalah sebuah ruangan yang posisinya paling depan di sebuah bangunan rumah. Karena letaknya ada di depan sendiri, maka hal ini menjadikan ruang tamu sebagai tempat yang pertama dikunjungi jika memasuki sebuah rumah.

Fungsi dari ruang tamu adalah sebagai tempat untuk menyambut tamu atapun untuk berdiskusi, mengobrol, berkomunikasi, dengan orang asing atau orang luar rumah. Biasanya seorang tamu akan mendapatkan kesan pertama dari rumah yang Mereka kunjungi, saat Mereka mulai masuk kedalam ruang tamu. Jadi intinya, seseorang dapat berfikir bahwa rumah itu bagus atau tidaknya, bisa dilihat saat mengunjungi ruang tamu.

Tampilan interior dari ruang tamu juga dapat menggambarkan karakter dari pemilik rumah. Jadi sebagai pemilik rumah, maka Kita harus memikirkan baik-baik tentang pemilihan dekorasi rumah tamu yang tepat. Dekorasi pada ruang tamu ini meliputi: Alat-alat perabotan seperti meja dan kursi dan Tampilan dinding dari ruang tamu tersebut.

Sebenarnya ada 2 tipe ide untuk dekorasi ruang tamu, yaitu minimalis dan elegan. Desain elegan adalah sebuah dekorasi yang terlihat mewah dan kaya. Sedangkan Desain ruang tamu minimalis, akan membuat tampilah interior ruang tamu menjadi terlihat sederhana namun tetap enak dipandang. Desain minimalis ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin terlihat sederhana dan tidak ingin terlihat mencolok.

Untuk mengubah suasana ruang tamu menjadi minimalis, kita bisa menggunakan wallpaper dinding yang memiliki ciri khas minimalis dan sederana namun tetap cantik dipandang mata. Sebenarnya konsep minimalis ini adalah sederhana, Simple, Tidak Lebay/Tidak Berlebihan.
Nah untuk saat ini Erwin Pratama akan membahas sebuah desain ruang tamu yang minimalis.

wallpaper ruang tamu minimalis

Wallpaper Ruang Tamu Minimalis

1. Wallpaper Dinding Ruang Tamu Minimalis Dengan Warna Polos
wallpaper ruang tamu minimalis warna polos
Warna Polos adalah sebutan untuk warna tunggal atau hanya 1 warna saja, tanpa tambahan warna lain. Warna polos ini juga mencerminkan tentang konsep minimalis. Warna polos yang sesuai untuk ruang tamu adalah warna Putih dan warna Cream, karena kedua warna itu adalah termasuk warna netral.
Warna netral, sebuah warna yang cocok dipadukan oleh berbagai warna lain. Jika ada warna netral, maka warna-warna lain bisa lebih mencolok. Misalnya saja, jika dinding berwarna putih, maka warna lain, seperti perabotan meja dan kursi (yang umumnya berwarna coklat) dapat melebur sempurna pada dinding putih tersebut.

2. Wallpaper Dinding Ruang Tamu Minimalis Dengan Pola Motif Garis
wallpaper ruang tamu minimalis garis
Garis adalah sebutan untuk kumpulan titik yang berkesinambungan. Atau titik-titik yang jika dihubungkan akan membentuk suatu garis. Ada dua macam garis yang ada, yaitu garis lurus dan garis lengkung. Nah motif garis-garis ini dinilai memiliki karakter yang sederhana dan minimalis. Motif garis-garis ini bisa diterapkan untuk dinding yang ada di ruang tamu. Bukan berarti Kamu harus mencoret dinding dan menggambarnya dengan garis-garis loh ya. Tapi Kamu harus menempelkan wallpaper dengan gaya garis-garis pada dinding di area sekitar ruang tamu.

3. Wallpaper Dinding Ruang Tamu Minimalis Dengan Gambar Batu Bata
wallpaper ruang tamu minimalis batu bata
Batu bata adalah jenis bahan material dalam pembuatan dinding rumah, yang pada umumnya terbuat dari tanah liat. Pada saat awal pembuatan dinding rumah, pasti batu bata akan disusun sedemikian rupa hingga membentuk dinding. Nah biasanya orang akan langsung memberikan lapisan semen pada susunan batu-bata tersebut, lalu terakhir menge-Catnya. Nah susunan batu bata ini dinilai minimalis oleh orang-orang. Namun susunan batu bata ini pastinya akan cepat rusak jika tak segera dilapisi semen, atau susunan batu bata ini akan terlihat kotor dan berdebu seiring berjalannya waktu. Nah untuk mensiasati hal itu, Kamu bisa menggunakan wallpaper dinding dengan gambar susunan batu bata.

4. Wallpaper Dinding Ruang Tamu Minimalis Dengan Gambar Kayu
wallpaper ruang tamu minimalis kayu
Kayu adalah salah satu bahan alami yang memang telah tersedia di alam. Kayu dapat dengan mudah didapatkan dari menebang pohon. Beberapa rumah memang menggunakan kayu sebagai bahan untuk tembok rumah. Dinding rumah dengan bahan dasar kayu memang terkesan minimalis dan juga alami. Namun tembok dari kayu terbilang memiliki beberapa resiko, misalkan saja: Mudah terbakar, mudah rapuh, dimakan rayap, dan lain sebagainya.
Nah untuk mengatasi masalah tersebut, Kamu bisa mengakalinya dengan cara memasang wallpaper bergambar kayu pada dinding rumah. Dengan wallpaper dengan gambar kayu, maka dinding interior ruang tamu kamu akan terlihat minimalis dan terlihat alami.

5. Wallpaper Dinding Ruang Tamu Minimalis Dengan Gambar Batu Alam
wallpaper ruang tamu minimalis batu alam
Batu Alam adalah sebutan untuk jenis batu-batuan yang tersedia murni dari alam. Berbeda dengan batu bata yang dibuat oleh manusia, batu alam tercipta secara natural benar-benar dari alam. Beberapa orang menilai batu alam memikiki kesan nilai keindahan, sebuah seni dari alam. Oleh karena itu beberapa rumah menggunakan bahan batu alam sebagai dekorasi rumah Mereka. Selain itu batu-batu alam memiliki motif, pola, dan warna dengan keunikan tersendiri. Namun masalahnya adalah batu alam itu terbilang cukup mahal. Daripada membeli batu alam dengan harga mahal, sebagai gantinya, Kamu bisa membeli wallpaper dinding dengan gambar Batu Alam yang lebih murah. Mengaplikasikan wallpaper batu alam pada dinding, akan membuat ruang tamu seoalah menyatu dengan alam.

6. Wallpaper Dinding Ruang Tamu Minimalis Dengan Pola Motif Tekstur
wallpaper ruang tamu minimalis tekstur
Apasih tekstur itu? Tekstur atau texture adalah keadaan atau kondisi dari permukaan suatu benda, seperti halus atau kasar. Permukaan dinding pada umumnya juga memiliki tekstur, namun tekstur pada permukaan dinding itu tidak rata dan tidak sama, ada bagian permukaan dinding yang halus, dan ada bagian permukaan dinding yang kasar, serta ada permukaan dinding yang menonjol ataupun berlubang. Nah perbedaan tekstur pada permukaan dinding inilah yang membuatnya terlihat jelek. Nah untuk menyamarakan semua bagian permukaan dinding, maka Kita harus menggunakan wallpaper dinding. Jika Kamu menyukai permukaan dinding yang memiliki teksture pola yang rata, maka Kamu harus mencoba menggunakan wallpaper dinding dengan pola Tekstur.

7. Wallpaper Dinding RUang Tamu Minimalis Dengan Pola Motif Titik
wallpaper ruang tamu minimalis titik
Jika Pola garis menggambarkan minimalis, maka pola titik justru lebih menggambarkan lebih minimalis lagi. Telah dibahas sebelumnya, bahwa “Titik” adalah asal mula dari terbentuknya suatu garis. Untuk menyuguhkan konsep minimalis, maka Titik atau atau lingkaran ini harusnya berukuran kecil. Karena bagaimanapun juga, kata “minimalis” sendiri memiliki makna lain seperti “mininal”, “sederhana”, “sedikit”, dan “KECIL”. Lagipula obyek gambar lingkaran berukuran kecil seringkali disebut sebagai “titik”. Nah Kita tidak mungkin menggambar titik titik kecil pada dinding rumah, karena nanti malah membuat dinding itu jadi kelihatan kotor. Untuk itu menempelkan wallpaper dinding bermotif titik-titik kecil adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan penampilan minimalis pada ruang tamu.

Atau Kamu termasuk orang yang suka dengan kemewahan dan elegan? Coba Baca : Inspirasi Wallpaper Dinding Ruang Tamu Yang Elegan & Mewah

Erwin
  • Erwin

Leave a Comment

Your email address will not be published.