10 Kelebihan & Kekurangan Memasang Wallpaper Dinding Untuk Interior Rumah

erwinpratama.com – Apakah Kamu sedang memiliki keinginan untuk memasang wallpaper dinding di rumah? Tunggu sebentar! Jangan terburu-buru! Sebaiknya Kamu simak dulu penjelasan Saya berikut ini. Karena ternyata kelebihan dan kekurangan dalam memasang wallpaper di tembok interior rumah.

Dinding atau bisa juga disebut sebagai Tembok, adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah rumah. Salah satu fungsi dari dinding rumah adalah untuk memberikan sebuah visualisasi dari interior rumah tersebut. Ketika Orang memasuki sebuah rumah, Yang dilihatnya adalah bagian dalam rumah, lebih tepatnya bagian dinding interior rumah.

Dinding rumah awalnya terlihat bagus dengan cat baru yang dioleskan ke dinding. Namun lama kelamaan cat dinding mengelupas, Dinding terlihat kusam dan mungkin bernoda, sehingga membuat dinding tak sedap dipandang mata. Jika hal itu terjadi, maka pemilik rumah harus mengecet ulang tembok rumah Mereka. Namun cat dinding itu hanya tersedia dalam rupa warna (Putih, cream, dll), dan tidak memiliki rupa motif atau tema.

Untuk itulah sudah banyak pemilik rumah yang mulai menggunakan wallpaper untuk menghias dinding Mereka. Karena wallpaper dinding memiliki pilihan warna, motif, maupun tema. Namun sebelum memilih wallpaper dinding, sebaiknya Anda harus memperhatikan keuntungan dan kerugiannya terlebih dahulu. Untuk itulah Erwin Pratama disini akan mengulas sisi positif dan sisi negatif dari wallpaper dinding.

kelebihan dan kekurangan wallpaper dinding

Kelebihan Dan Kekurangan Wallpaper Dinding

~ Kelebihan Wallpaper Dinding ~

1. Kelebihan Wallpaper Dinding memiliki banyak motif
kelebihan wallpaper dinding banyak motif
Berbeda dengan cat rumah, yang hanya tersedia dalam bentuk warna saja. Wallpaper dinding yang dijual di pasaran, memiliki lebih banyak varian warna, motif, maupun tema. Wallpaper dinding tersedia berbagai macam warna polos, putih, cream, biru, hijau, kuning ungu, dan masih banyak lagi warna lain. Wallpaper dinding memiliki banyak pilihan tema, seperti: Alam, Pemandangan, Luar angkasa, Bawah Laut, dan lain sebagainya. Wallpaper rumah juga tersedia dalam pilihan motif tertentu, seperti : Motif 2D, Motif 3D, Motif Texture, Motif timbul, dll.

Bagi Anda yang menginginkan suasana tampilan rumah yang baru dan tidak menonton, disarankan agar memilih wallpaper dinding daripada cat tembok. Ada banyak wallpaper dinding dengan pilihan corak warna, motif, dan tema, yang bisa dipilih sesuai selera dan kepribadian pemilik rumah.

2. Kelebihan Wallpaper Dinding Dapat Menutupi Tembok Yang Rusak
kelebihan wallpaper dinding menutupi tembok rusak
Tembok rumah yang sudah berumur lama, pasti akan terlihat tanda-tanda kerusakan di permukaan dindingnya. Tembok yang rusak itu seperti contohnya: Ada retakan, Cat yang mengelupas, Permukaan dinding yang tidak rata, dan Warna cat tembok yang tidak sama merata. Untuk menutupi permukaan dinding yang rusak tersebut, bisa dengan cara melapisinya dengan wallpaper. Bukan hanya sekedar menutupi dinding saja, wallpaper juga akan membuat tampilan dinding menjadi lebih bagus.

3. Kelebihan Wallpaper Dinding Yang Tidak Menghabiskan Waktu Lebih Dalam Pemasangannya
kelebihan wallpaper dinding dengan hemat waktu pemasangan
Jika melapisis dinding menggunakan cat rumah, maka akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengecat. Karena biasanya dalam proses pengecatan, membutuhkan beberapa lapis Cat. Apalagi “Cat Dasar” yang harus ditunggu sampai kering berjam-jam, dan juga akhirnya ditutup dengan “Finishing Cat” yang juga ditunggu berjam-jam pula.

Namun, jika tembok menggunakan wallpaper, maka dapat menghemat waktu. Pemilik rumah hanya perlu menyiapkan lem wallpaper dan wallpaper dinding yang sudah dibeli sebelumnya. Lalu oleskan lem wallpaper ke permukaan dinding sampai merata menggunakan kuas. Kemudian ambil Wallpaper dan tempelkan ke Dinding yang sudah diberi lem tadi.

4. Kelebihan Wallpaper Dinding Dapat Membuat Tampilan Interior Rumah Menjadi Mewah Dan Elegan
kelebihan wallpaper dinding membuat rumah jadi mewah elegan
Memiliki rumah yang mewah, megah, dan elegan, pastilah sulit bagi kebanyakan orang pada umumnya, dan malah ujung-ujungnya hanya jadi impian belaka. Namun tidak perlu putus asa, Karena Kamu bisa menyulap rumah yang sederhana agar terlihat menjadi mewah dan elegan. Bagaimana caranya? Tentu saja jawabannya adalah dengan wallpaper dinding.

Ketika memasuki sebuah rumah, yang pertama dilihat sudah pasti adalah Dinding interior dari rumah tersebut. Menurut psikologi rata-rata manusia, Jika Mereka melihat dinding interior rumah itu jelek, maka rumah tersebut akan di cap sebagai rumah yang jelek. Namun sebaliknya, jika dinding interior rumah terlihat bagus, maka rumah tersebut akan dinilai sebagai rumah yang mewah dan elegan.

5. Kelebihan Wallpaper Dinding Yang Mudah Dibersihkan
kelebihan wallpaper dinding yang mudah dibersihkan
Barang yang kotor memang haruslah dibersihkan, supaya penampilan indahnya tetap terjaga. Begitu pula dengan sebuah rumah. Jika ada dinding rumah yang kotor, memanglah harus segera dibersihkan, agar dinding tersebut terlihat bagus kembali. Namun membersihkan dinding rumah tidak semudah yang difikirkan.

Jika dinding menggunakan cat, maka akan sulit dibersihkan jika terkena noda kotoran. Disiram pakai air pun, belum tentu dinding rumah itu akan bersih seketika. Noda kotoran pun dirasa tetap ada walaupun samar-samar, pada dinding cat yang sudah dibersihkan.

Namun dinding yang memakai wallpaper akan lebih mudah dibersihkan. Jika Wallpaper Dinding terkena noda kotoran, maka cukup dibersihkan dengan cairan pembersih lalu kemudian disiram dengan air. Dan terakhir gunakan lap pembersih. Maka noda kotoran menjadi hilang dan sudah tidak kelihatan kembali.

~ Kekurangan Wallpaper Dinding ~

1. Kekurangan Wallpaper Dinding Sifatnya Tidak Tahan lama

Wallpaper Dinding itu ternyata sifatnya tidak tahan lama. Ada yang bilang jika wallpaper dinding itu lebih awet daripada cat rumah, namun sepertinya itu tidak benar. Baik cat dinding maupun wallpaper dinding, keduanya tidak akan tahan lama. Dalam beberapa tahun, cat dinding akan mengelupas, dan kusam jika ada di tempat lembab atau sering terkena air. Sedangkan wallpaper dinding juga demikian, dalam waktu lama, mungkin wallpaper dinding akan robek, atau mengelupas, atau bisa juga tampilannya menjadi kusam jika terlalu lama kena air atau berada di tempat lembab.

Bedanya adalah, jika dinding menggunakan cat, dan jika terjadi kerusakan, maka untuk memperbaikinya, pemilik rumah harus mengecet ulang seluruh permukaan dinding, supaya warnanya merata dan terlihat sama. Sedangkan jika dinding menggunakan wallpaper, dan jika terjadi kerusakan, maka pemilik rumah hanya perlu mengganti bagian wallpaper yang rusak dengan wallpaper yang baru.

2. Kekurangan Wallpaper Dinding Yang Harganya Relatif Mahal

Jika dihitung-hitung, Harga beli untuk wallpaper dinding relatif lebih mahal daripada cat tembok. Cat tembok dijual dalam bentuk cairan kental yang ditempatkan dalam wadah kemasan ember. Cairan kental dari Cat tembok dapat diampurkan dengan air, sehingga volumenya bertambah menjadi lebih banyak, dan dapat menjangkau dinding rumah dengan area yang lebih luas.

Wallpaper dinding dijual dalam bentuk Roll (gulungan) dan juga tersedia dalam bentuk satuan block kotak. Untuk melapisi dinding, sepertinya tidak cukup jika hanya membeli 1 roll wallpaper atau 1 block kotak wallpaper. Untuk itu pembelian dalam jumlah banyak diperlukan agar bisa melapisi permukaan dinding dalam suatu ruangan.

3. Kekurangan Wallpaper Dinding Yang Dapat Rusak Dan Berjamur

Walaupun wallpaper dinding dinilai memiliki ketahanan lebih baik daripada cat tembok, namun tetap saja, bahwa wallpaper dinding dapat rusak dan berjamur. Jika Kamu ingin mulai untuk memasang wallpaper dinding, lebih baik jangan dipasang di ruangan dengan susana yang lembab, karena wallpaper dinding akan menjadi terlihat kusam dan bahkan berjamur. Intinya, ruangan dengan udara lembab dapat merusak wallpaper dinding. Pasanglah wallpaper dengan ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan temperatur suhu yang normal, agar membuat wallpaper tersebut dapat bertahan lebih lama.

4. Kekurangan Wallpaper Dinding Yang Dapat Menimbulkan Bekas Pada Tembok

Jika Kamu merasa bosan dan ingin mengganti wallpaper dinding, maka Kamu harus berhati-hati dalam mengelupasnya. Kamu harus memiliki teknik khusus untuk bisa mengganti wallpaper lama dengan wallpaper baru. Jika Kamu salah dalam melakukan teknik pelepasan wallpaper, maka nantinya akan ada bekas wallpaper yang tersisa di dinding. Ini ibarat seperti Kamu melepas stiker pada suatu benda, namun karena Kamu tidak hati-hati, maka akan ada bekas sisa stiker di benda tersebut. Untuk itulah Kamu harus memiliki suatu keahlian dan pengetahuan dalam melepas wallpaper yang tertempel di dinding. Atau jika Kamu tidak dapat melakukannya, lebih baik panggil jasa dari orang yang profesional dalam bidang wallpaper dinding.

5. Kekurangan Wallpaper Dinding Yang Harus Rajin Dibersihkan

Saat awal pemasangan wallpaper baru, maka tampilannya akan cantik dan menarik. Namun lama-kelamaan Kamu akan menyadari kalau warnanya mungkin berbeda, menjadi lebih kusam, atau bahkan menjadi kotor. Noda kotoran yang menempel di dinding hingga debu yang hinggap di dinding, dapat membuat tampilan wallpaper dinding menjadi jelek. Nah supaya terhindar dari debu dan noda kotoran, wallpaper dinding harus rajin dibersihkan supaya tampilannya tetap terjaga. Selain itu, setiap jenis wallpaper memiliki cara yang berbeda-beda dalam metode cara pembersihannya.

 

 

 

 

Erwin
  • Erwin

Leave a Comment

Your email address will not be published.