20+ Anime Terbaik Yang Pernah Tayang Di Stasiun TV Indonesia

erwinpratama.com – Ingatkah Kalian jika dahulu kala beberapa stasiun televisi Indonesia beramai-ramai menayangkan anime? Dulu memang benar adanya jika anime sempat berjaya di stasiun tv Indonesia. Dulu, stasiun televisi menjadi surganya anak-anak. Dulu menonton televisi rasanya sudah enak sekali. Bahkan rasanya ingin cepat-cepat menonton tv untuk menunggu anime favorit yang akan tayang.

Hari minggu pagi adalah hari dimana banyak anime yang disiarkan di tv. Dari minggu pagi sampai minggu siang anime selalu terus tayang tanpa putus.

Anime yang masuk di Indonesia biasanya akan di dubbing atau diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh penerjemah. Bukan hanya animenya, namun beberapa lagu di anime juga di dubbing ke bahasa Indonesia.

Namun kejayaan anime mulai hancur, dan sekarang sudah jarang pihak stasiun tv yang menyiarkan program anime. Justru tv sekarang lebih banyak menyiarkan sinetron yang mungkin tidak pantas untuk ditonton.

Saya sebagai admin di blog anime ini sangat menyukai anime. Saya lahir pada tahun 1993, yang artinya Saya adalah anak generasi 90an. Sudah banyak anime yang Saya tonton. Kali ini Saya mau memberikan anime-anime terbaik yang pernah tayang di tv Indonesia.

anime tv indonesia

1. Hunter X Hunter
anime ini adalah anime favorit Saya nomor 1. Anime Hunter X Hunter pertama kali tayang di TV7 (sekarag Trans 7). Anime ini memiliki alur cerita yang luar biasa. Walaupun sering ditontong berkali-kali, namun tidak akan pernah merasa bosan. Anime Hunter X Hunter menceritakan seorang anak bernama Gon Freecss yang ingin mencari Ayahnya, Ging Freecss. Untuk itu Gon ingin menjadi Hunter. Selama perjalanan, Gon akan bertemu Killua, Kurapika, dan Leorio.

2. Naruto
Siapa yang tidak kenal dengan Naruto? Semua pecinta anime di Indonesia pasti kenal dengan naruto. Naruto pertama kali ditayangkan di Trans TV. Naruto adalah anime yang menceritakan tentang seorang ninja bernama Naruto yang ingin menjadi Hokage (sebutan untuk pemimpin desa konoha gakure). Namun perjalanannya untuk menjadi ninja yang hebat tidaklah mudah dan penuh rintangan.

3. One Piece
One Piece adalah anime yang menceritakan tentang dunia bajak laut dan perburuan harta karun one piece. Luffy secara tidak sengaja bertemu dengan Shanks, si bajak laut rambut merah. Shanks telah menginspirasi Luffy untuk menjadi bajak laut. Luffy akhirnya ingin menjadi bajak laut dan membuat kru bajak laut topi jerami. Luffy ingin menjadi bajak laut dan ingin menemukan harta karun One Piece. One Piece pertama kali tayang di RCTI.

4. Rurouni Kenshin
Rurouni Kenshin atau sering disebut sebagai Samurai X adalah anime yang menceritakan tentang seorang pembunuh legendaris yang disebut sebagai, Hitokiri battousai (Batosai sang penyayat). Namun Ia akhirnya pensiun dan ingin bertobat menjadi orang baik. Kenshin adalah battousai yang menyembunyikan identitasnya karena ingin meninggalkan masa lalu yang kelam. Kenshin Himura memiliki pedang yang unik, sebuah pedang bermata terbalik yang diberi nama sakabatou. Samurai X pertama kali ditayangkan di SCTV.

5. Bleach
Bleach adalah anime yang menceritakan tenteng dunia shinigami dan dunia roh. Seorang anak sekolahan bernama Ichigo tidak sengaja bertemu dengan shinigami yang bernama Rukia Kuchiki. Rukia menolong keluaga Ichigo yang diserang oleh Hollow. Ichigo tanpa diduga menerima kekuatan shinigami setelah ditawari oleh Rukia. Akhirnya Ichigo menjadi Shinigami dan menerima tugas untuk membasmi para hollow. Anime Bleach pertama kali ditayangkan di Indosiar.

6. Dragon Ball
Dragon Ball adalah anime yang menceritakan tentang petualangan untuk mencari ketujuh bola dragon ball. Karakter utama di anime ini adalah Goku, seorang super saiyan. Memiliki kekutan super dan memiliki ekor. Seorang super saiyan bisa menjadi monyet raksasa jika menatap bulan purnama. Anime dragon ball pertama kali ditayangkan di Indosiar.

7. Inuyasha
Inuyasha adalah anime yang menceritakan tentang dunia pada masa lampau dimana terdapat banyak siluman dan menceritakan tentang petualangan mencari pecahan shikon no tama (bola empat arwah). Kagome secara tak sengaja tercebur ke sumur tua, lalu mengirimnya ke masa lampu pada masa perang. Kagome pun akhirnya bertemu dengan Inuyasha si siluman anjing. Suatu hari Kagome secara tidak sengaja membuat shikon no tama pecah dan menyebar ke seluruh bumi. Tak ada pilihan lain, Kagome dan Inuyasha mencari dan mengumpulkan bola kristal shikon no tama. Anime Inuyasha pertama kali ditayangkan di Indosiar.

8. Death Note
Death Note adalah anime yang menceritakan tentang sebuah buku yang bisa membunuh seseorang, buku tersebut bernama Death Note. Buku Death Note adalah buku milik Shinigami yang tinggal di dunia Shinigami. Jika nama seseorang tertulis di buku tersebut, maka Ia akan mati. Anime Death Note pertama kali tayang di Global TV.

9. Yu-gi-oh
Yugioh adalah anime yang menceritakan tentang duel Kartu monster, dimana karakter utamanya bernama Yugi. Kepopuleran anime Yugioh ditandai dengan adanya kartu Yugioh yang dijual di Indonesia. Diadakan pula turnamen duel kartu Yugioh di indonesia. Anime Yugioh ditayangkan pertama kali di RCTI.

10. Detective Conan
Detective Conan adalah anime yang menceritakan tentang Detective cilik yang pintar memecahkan segala macam kasus kejahatan. Conan dulunya adalah seorang remaja bernama Shinichi Kudo, Ia terkena obat dari penjahat yang membuat tubuhnya mengecil. Anime Detective Conan pertama kali ditayangkan di Indosiar.

11. Captain Tsubasa
Captain Tsubasa adalah anime yang bertema tentang olah raga sepak bola. Karakter utamanya adalah Tsubasa, bocah yang jenius dalam memainkan sepak bola. Tsubasa terkenal dengan tendangan jarak jauh miliknya. Tsubasa juga adalah seorang kapten dari tim sepak bola Nankatsu. Tsubasa juga memberikan hiburan bagi pecinta sepak bola di Indonesia. Tsubasa pertama kali tayang di TV7 (sekarang trans 7).


12. Let’s & GO!!
Let’s & GO!! adalah anime tentang mobil balap mainan yang orang Indonesia menyebutnya dengan Tamiya. Karakter utama ada dua yaitu Go Seiba dan Retsu Seiba dengan mini 4wd andalannya magnum dan sonic. Anime ini sangat populer, ditandai dengan adanya mobil tamiya di Indonesia. Bahkan ada turnamen mobil tamiya lengkap dengan sirkuit jalannya. Anime Let’s & GO pertama kali ditayangkan di RCTI.

13. Eye Shield 21
Eye Shield 21 adalah anime tentang olah raga rugby atau american football. Karakter utamanya adalah Sena. Sena bergabung dengan Deimon Devil Bats dan menjadi running back. Sena menggunakan seragam rugby dengan nomor 21 dan memakai penutup mata berwarna hijau. Sena merahasiakan identitasnya menjadi EyeShield 21. EyeShield 21 memiliki kecepatan berlari yang luar biasa. EyeShield 21 ditayangkan pertama kali oleh Global TV.

14. Ghost At School
Ghost at school atau Gakkou no Kaidan atau Ghost Stories adalah anime yang bertema horror dan misteri. Dua saudara kandung, Satsuki dan Keiichirou pindah ke kampung halaman almarhum Ibu Mereka. Mereka berdua bersama dengan teman baru Mereka, Koigakubo Momoko, Aoyama Hajime, Kakinoki Reo, masuk ke gedung sekolah tua berhantu untuk menyelidiki hal-hal yang berbau paranormal. Mereka akhirnya tahu jika Ibunya Satsuki dapat menyegel para hantu-hantu yang ada di sekolah dan hantu-hantu di kota itu. Ibunya Satsuki meninggalkan buku harian tentang cara menyegel hantu gentayangan. Dengan buku harian almarhum ibunya, Satsuki dan kawan-kawan harus menyegel hantu-hantu yang mati penasaran tersebut. Ghost at School pernah tayang di tv Indonesia TV7 (sekarang Trans7)

ghost at school

15. Saint Seiya
Saint Seiya atau Knights of the Zodiac adalah anime yang menceritakan kehidupan dan perjuangan para ksatria SAINT dalam upaya untuk melindungi Athena. Saint adalah sebutan ksatria pelindung Dewi Athena, Mereka memiliki baju armor Cloth, dan memiliki kekuatan Cosmos. Tugas dari para ksatria Saints adalah melindungi dan menjaga Saori Kido (reinkarnasi dari Dewi Athena). Pegasus Seiya, Phoenix Ikki, Dragon Shiryuu, Andromeda Shun, Cygnus Hyouga, bersama-sama bertarung melawan para penjahat yang ingin membunuh Saori Kido. Saint Seiya pernah tayang di tv Indonesia TVRI, RCTI, dan Indosiar.

saint seiya

16. Crush Gear
Crush Gear adalah sebuah anime yang bertema tentang mainan mobil penghancur yang disebut dengan Crush Gear. Mobil Crush Gear diadu dengan mobil crush gear lainnya dalam sebuah arena 1VS 1, Mobil Crush Gear yang masih dapat berdiri sampai akhir, maka Dialah pemenangnya. Karakter utamanya adalah Marino Kouya dengan Crush Gearnya Garuda Eagle dan garuda Phoenix. Marino Kouya kemudian membentuk tim bersama Jin Kyousuke, Marume Kuroudo, Oriza Jirou, berempat Mereka berusaha menjadi CrushGear Champion.

crush gear

17. Pokemon
Pokemon (Pocket Monster) adalah anime yang menceritakan tentang monster-monster lucu bernama Pokemon. Karakter utamanya adalah Satoru Taijiri dengan pokemonnya yang berElemen Listrik Pikachu. Tujuan di anime ini adalah menangkap pokemon dan mendaftarkannya kedalam Pokedex, mengalahkan tim Rocket, dan melatih pokemo milikmu untuk menjadi lebih kuat dan bertarung dengan Pokemon lainnya. Pokemon Master adalah sebutan untuk pelatih pokemon yang berhasil melatih Pokemonnya menjadi Kuat. Anime Pokemon pernah tayang di TV Indonesia Indosiar.

pokemon

18. Initial D
Initial D adalah anime yang menceritakan tentang dunia balap jalanan yang ada di Jepang. Karakter utamanya adalah Fujiwara Takumi dan mobilnya Toyota AE86. Anime Initial D pernah tayang di Televisi Indonesia pada program channel Indosiar.

initial d

19. Crayon Shin-Chan
Crayon Shin-Chan adalah anime yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari bocah sekolah taman kanak-kanak yang bernama Shin-chan. Shin-chan adalah anak yang bandel namun lucu. Ulah Shin-Chan membuat orang-orang disekitarnya merasa kerepotan. Shin chan sering kena marah mamamanya karena kelakuannya yang bandel. Shin-chan pernah tayang di tv Indonesia RCTI, sempat pernah tayang juga di trans7.

shin chan

20. Doraemon
Doraemon adalah anime yang menceritakan tentang kehidupan Doraemon dan sahabatnya Nobita. Doraemon adalah robot abad ke 22 yang GAGAL. Doraemon kemudian dikirim ke masa lalu pada abad ke 20 untuk membantu Nobita yang sedang dalam masalah. TUjuan utama Doraemon adalah membantu Nobita menjadi orang yang sukses dan tidak ingin jika keturunan Nobita menjadi orang yang gagal. Dengan kantong ajaibnya, Doraemon dapat menggunakan benda-benda canggih dari masa depan yang memiliki banyak fungsi.

doraemon

Masih kurang? Nih Erwin tambahin lagi Daftar lengkap Anime Yang Pernah Tayang Di TV Indonesia.

1. TV7

  • scrapped princess
  • Ghost at School
  • Yu yu Hakusho
  • whistle
  • Final Fantasy Unlimited
  • Trouble Chocolat
  • rave
  • hanada shounen shi
  • cowboy bebop
  • azuki-chan
  • Hunter x Hunter
  • ultra maniac
  • Slam Dunk
  • full metal panic
  • tiny snow fairy sugar
  • kaleido star
  • detective kindaichi
  • captain tsubasa
  • Nube
  • Mach GoGoGo
  • Shoot
  • louie the rune soldier
  • hikaru no go
  • isami shinsengumi
  • honey bee hutch
  • clamp detective school

2. Trans TV

  • Hide list
  • Love Hina
  • Jin-Roh
  • Evangelion
  • Fruits Basket
  • Blue Submarine No. 6
  • star ocean EX
  • Flame of Recca
  • cyborg kurochan
  • ninku
  • Trigun
  • jubei-chan

3. SCTV

  • -Samurai X
  • -Popolocrois
  • -Sakura Wars
  • -Tokyo Mew-Mew
  • -Monster Rancher/Monster Farm
  • -Makibao
  • -kiteretsu
  • -Robotan
  • -ace o nerae
  • -Metropolis
  • -ninja kabamaru
  • -dog of flandre
  • -dr Slump
  • -dual parallel trouble
  • – lets asked dr rin
  • -virtua fighter
  • -space tekker
  • -danguard ace
  • -grandizer
  • -ojamajo doremi
  • – Master cooking boy
  • -street fighter v2
  • -BT X
  • -Nono-chan
  • -Run-Dim

4. ANTV

  • -Shaman King
  • -Kekkaishi
  • -Zoids
  • -Dragon Leageu
  • -Keroro Gunshou
  • -offside
  • -web driver
  • -magical taluluto

5. Lativi (Sekarang jadi TV One)

  • -casshern
  • -time bokan
  • -kiramekiman
  • -minky momo
  • -creamy mami
  • -Jeannie with the Light Brown Hair.
  • -SDF macross

6. RCTI

  • -Cardcaptor Sakura
  • -.Hack//Sign
  • -candy candy
  • -Magic knight rayearth
  • -doraemon
  • -beyblade
  • -cyborg009
  • -ninja hattori
  • -p-man
  • -zenki
  • -shinchan
  • -si botak hagemaru
  • -atashin-chi
  • -Hamtaro
  • -Pretty Cure
  • -kobo-chan
  • -chibi maruko-chan
  • -one piece
  • -Astro Boy
  • -saint seiya
  • -rose of versailles
  • -Remi
  • -lets & go
  • -yu gi oh
  • -Medabots
  • -UFO baby
  • -chinpui
  • -Akazukin Cha Cha
  • -ikkyu-san
  • -nadja

7. TVRI

  • -Tokyo Underground
  • -Golion
  • -Voltes V
  • -kabuto
  • -three musketeers

8. Indosiar

  • -Gintama
  • -Kickers
  • -Bleach
  • -hungry heart
  • -anpanman
  • -ako-chan no himitsu
  • -mask of zeguy
  • -miracle girls
  • -kinnikuman
  • -Digimon
  • -Cyber Formula
  • -Dragon Ball
  • -Cat Girl Nuku-Nuku
  • -Patlabor
  • -Crush Gear
  • -hana yori dango
  • -Detective Conan
  • -Tokyo Babylon
  • -Shulato
  • -Inu Yasha
  • -Gundam W
  • -Gundam Seed
  • -Gundam Seed Destiny
  • -School detective Q
  • -Air Gear
  • -Sailormoon
  • -Pokemon
  • -Bakugan
  • -faity tail
  • -Galaxy express 999
  • -ninja rantaro
  • -Corrector Yui
  • -B-da man
  • -21 emon
  • -metal fight beyblade
  • -teko ajaib
  • -blue dragon
  • -K.O. beast juusenki (sepertinya ni anime dulu banget pernah tayang)
  • -wedding peach
  • -Bakegyamon
  • -duel master
  • -ragnarok the animation
  • -Ronin WArrior
  • -Ge Ge no Kitaro
  • -master ajiko
  • -guru guru
  • -Initial D
  • -Inazuma 11
  • -Monkey Turn
  • -angelic layer
  • -Dragon Quest
  • -SD gundam force
  • -rockman
  • -naruto shippuden
  • -Battle Spirits
  • -Youkoso Yoko
  • -Metal Fight Beyblade
  • -Pretty Cure Max Heart
  • -Powerpuff Girl Z

9. Space Toon

  • -Absolute Boy.
  • -Sugar Sugar Rune.
  • -The Song of Tentomushi.
  • -Muteking the Dashing Warrior.
  • -Idol Densetsu Eriko.
  • -Magical Emi.
  • -Pastel Yumi.
  • -Paul’s Miraculous Adventure (tanyakan pada teman kita Kaz. Dia pernah mendubbingnya buat latihan lho).
  • -Marybell.
  • -Sweet Mint.
  • -Digi Charat Nyo!
  • -Panyo Panyo Digi Charat.
  • -Lets Ask Pyoko.
  • -Little Woman.
  • -Daddy Long Legs.
  • -Peter Pan.
  • -Temple the Baloonist.
  • -Cinderella.
  • -Ashita no Joe.
  • -Sneezing Magician.
  • -Sugar Princess.
  • -Dewi Karin.
  • -Remi Nobody’s Girl.
  • -Monchichi.
  • -Princess Knight.
  • -Jankenman.
  • -Daigunder.

10. TPI

  • -Saiyuki
  • -Ninja Boys

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *