10 Rekomendasi Anime Horor Terbaik, Terseram Sepanjang Masa

erwinpratama.com – Anime Horor adalah anime yang mengandung unsur horror didalamnya. Horror adalah sebuah genre dimana ceritanya akan membuat penonton merasa takut atau ngeri, atau akan menimbulkan emosi ketakutan dan kengerian. Tidak semua genre horror itu berhubungan dengan hantu ataupun hal-hal mistis lainnya. Karena sumber ketakutan manusia, tidak hanya pada hantu saja. Unsur-unsur dalam Genre Horror adalah bertema tentang kemarian, supranatural, atau bahkan penyakit mental.

Pada anime horor, karakter utama akan dihadapkan pada sebuah realita yang mengerikan. Bahkan tokoh utama bisa mengalami gangguan mental, karena menghadapi situasi yang mengerikan tersebut. Karakter antagoneis atau karakter vilain, akan memiliki kekuatan yang luar biasa, bisa berhubungan dengan kekuatan mistis dan kekuatan supranatural. Anime genre horror, memiliki cerita yang menyeramkan, cerita yang penuh misteri, cerita yang menegangkan, dan cerita yang bisa membuat kaget secara tiba-tiba. Musik yang dimainkan juga memberikan dampak yang bernuansa seram, yang saling berhubungan erat dengan scene-scene dalam anime horor.

Anime genre horor ini sangat cocok buat Kamu yang ingin menonton adegan seram yang bikin bulu kuduk merinding. Adegan jumpscare yang ada di scene-scene tertentu, membuatmu bisa melompat ketakutan. Anime dengan kategori horor ini mungkin tidak cocok buat Kamu yang memiliki jantung lemah atau bahkan memiliki penyakit jantung. Selain itu, genre horor ini tidak cocok buat Kamu yang takut pada hantu xixixi. Berikut Rekomendasi Anime Horor Terbaik yang bisa Erwin Pratama berikan kepada Kamu.

Rekomendasi Anime Horor Terbaik

1. Monster

Monster adalah sebuah anime horror yang menceritakan tentang seorang dokter ternama yang menguak misteri tentang pembunuh yang dijuluki sebagai Monster.

Kenzou Tenma adalah seorang dokter ahli bedah profesional yang bekerja di rumah sakit Düsseldorf pada tahun 1980an.
Saat sedang bersiap untuk mengurus pasien yang merupakan seorang pekerja imigran, Kenzou tenma dihubungi direktur rumah sakit untuk mengganti pasien. Akhirnya Kenzou tenpa melakukan operasi pada pasien lain yang merupakan pemain terkenal.
Nama Kenzou Tenma langsung mendapat reputasi yang bagus karena menyelamatkan pasien yang jauh lebih terkenal. Namun dari hal tersebut nyawa pasien pekerja imigran tidak terselamatkan. Kenzou Tenma kemudian mengalami krisis hati, dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak memilih-milih pasien. Suatu hari kejadian serupa muncul, 2 orang pasien, Johan Liebert (pria biasa) dan Anna Liebert (walikota) mengalami hal darurat. Kenzou Tenma malah menyelamatkan nyawa Johan Liebert, dan mengakibatkan nayawa walikota tidak tertolong. Akibatnya popularitas Kenzou Tenma sebagai Dokter merosot tajam. Bukan hanya itu nyawa yang barusan Dia tolong adalah seorang pembunuh mengerikan yang jenius. Kenzou Tenma kemudian mencoba menguak misteri pembunuhan tersebut.

2. Yakusoku No Neverland

Yakusoku No neverland merupakan sebuah anime horror yang mengisahkan tentang anak-anak yatim piatu yang dibesarkan disebuah rumah yatim piatu, yang mana itu hanyalah sebuah kedok dari peternakan manusia.

Grace Field House adalah sebuah rumah yang diisi oleh para anak-anak yatim piatu. Rumah tersebut dikelilingi oleh hutan yang luas dan gerbang pintu masuk yang keamanannya selalu terjaga. Anak-anak ini diawasi oleh wanita dewasa bernama Isabela, yang mereka sebut sebagai “Mama”. Anak-anak ini diwajibkan untuk mengikuti tes, untuk melatih otak Mereka. Setelah itu Mereka boleh bermain dan melakukan aktivitas apapun, namun jangan terlalu jauh dari rumah. Setiap beberapa bulan, seorang anak akan dikirim keluar dengan alasan akan diadopsi oleh keluarga baru, namun setiap anak yang dikirim keluar, tidak pernah terdengar lagi kabarnya. Emma, Norman, Ray, menyadari ada keanehan di rumah pantu asuhan tersebut. Setelah mencari informasi, ternyata mereka selama ini ditipu. Kehidupan Mereka hanyalah sebagai ternak dari para monster-monster. Mengetahui hal ini Emma, Ray, Norman, bersama anak-anak lain mencoba kabur dari rumah panti asuhan tersebut. Namun ternyata dunia luar begitu mengerikan.

3. Kenpuu Denki Berserk

Kenpuu Denki Berserk atau dikenal sebagai Berserk ialah anime horror yang bercerita tentang perjuangan tentara bayaran Guts yang mencari jalan hidupnya sendiri melawan kengerian dunia.

Guts adalah seorang warrior yang terlahir dari mayat Ibunya yang tergantung. Dia kemudian dibesarkan oleh ayahnya sebagai tentara bayaran. Namun suatu hari Guts membunuh ayahnya untuk membela diri, karena ayahnya akan membunuhnya. Guts terus menaikkan popularitasnya sebagai warriot yang tangguh. Reputasi dari Guts kemudian sampai di telinga Griffith. Griffith kemudian memaksa Guts untuk bergabung kedalam kelompok tenta bayaran yang dipimpin oleh dirinya, yang bernama The Band Of The Hawk. Griffith bertarung dengan Guts, dan Griffithlah pemenangnya. Guts akhirnya begabung dengan kelompok tentara bayaran tersebut. Bergabungnya Guts kedalam Band of The Hawk membuat popularitas Mereka menjadi lebih terkenal. Namun Griffth mempunyai rencana licik. Ternyata Dia mengorbankan semua anggotanya untuk membuat Dirinya menjadi wujud God Hand, makhluk ArcDemon yang memiliki kekuatan luar biasa. Guts kemudian harus berjuang melawan keputusasaan melawan demon-demon mengerikan.

4. Perfect Blue

Perfect Blue adalah anime horror yang berkisah tentang seorang gadis yang keluar dari Idol Group, untuk memutuskan berkarir solo.

Sinopsis Anime Perfect Blue : Mims Kirigoe adalah member dari idol group jepang yang bernama CAM!. Setelah menghabiskan waktu 2 tahun untuk menghibur para penggemarnya, Mima memutuskan untuk keluar dari group, untuk mengejar impiannya sebagai seorang aktris pemain film. Dalam karir aktingnya, Mima kemudian bergabung dengan manager yang merupakan mantan po-idol, Rumi Hidaka. Suatu hari Mima mendapatkan info dari surat penggemar dan menemukan sebuah website bernama “Mima’s Room”, yang berisi postingan tentang catatan kesehariannya dari sudut pandang Mima sendiri, namun bukan Mima yang mengelola situs website tersebut. Walaupun telah resmi keluar dari idol group, Mima ternyata di stalker oleh fansnya dahulu. Seorang Penguntit aneh nan misterius terus membuntuti Mima. Akibat tekanan stress dari pembuatan film dan di stalker oleh fans yang aneh, Mima menderita gangguan mental, Dia jadi sulit membedakan mana yang nyata dan mana yang hayalan.

5. Hellsing

Hellsing merupakan anime horror yang menceritakan tentang seorang vampir yang bertugas untuk menghabisi makhluk supranatural yang mengancam nyawa manusia.

Sinopsis Anime Hellsing : Suatu hari, Desa cheddar sedang diteror oleh seorang vampir yang menyamar sebagai pendeta. Vampir tersebut kemudian mengubah penduduk desa menjadi ghouls. Organisasi Hellsing yang dipimpin oleh Integra Fairbrook Wingates Hellsing, kemudian mengutus Alucard untuk menghabisi vampir yang menyerang desa Cheddar. Alucard sendiri adalah seorang vampir, namun Dia tetap tidak akan ragu untuk membunuh sejenisnya sendiri. Didalam gereja desa Cheddar, Hellsing menemukan pendeta vampir itu, namun seorang gadis polwan, Seras Victoria, menjadi sandra dari pendeta vampir. Alucard terpaksa menembak Seras Victoria bersama dengan pendeta vampir tersebut. Pendeta vampire jadi abu, sementara victoria sekarat. Alucard memberi pilihan Seras Victoria, ingin mati atau hidup sebagai vampire. Seras Victoria memilih untuk hidup sebagai vampir. Mereka berdua kemudian bekerja sama di bawah organisasi Hellsing untuk melindungi manusia dari ancaman mankhluk supranatural.

6. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu

Kiseijuu: Sei no Kakuritsu ialah anime horror yang mengisahkan tentang para alien yang datang ke bumi. Para Alien ini akan masuk kedalam kepala manusia, mengambil alih fungsi otak manusia, yang akhirnya Alien ini akan mengendalikan manusia sebagai inangnya.

Suatu malam, Izumi Shinichi sedang terlelap dalam tidurnya. Seekor alien kecil datang menghampiri tubuh Shinichi dan ingin mengambil alih tubuhnya sebagai inangnya. Alien tersebut berusaha menuju otak Shinichi, melalui lubang telinga, melalui lubang hidung, namun gagal karena Shinichi terbangun. Alien tersebut kemudian masuk melalui tangan, saat menuju ke bagian otak, Shinichi menghalanginya. Shinichi kemudian menyadari ada yang aneh pada dirininya. Suatu hari saat pulang sekolah, seorang anak kecil hampir tertabrak mobil, Shinichi sontak menghentikan mobil tersebut dengan tangan kanannya, anehnya mobil tersebut berhenti, mobil tersebut penyok, namun tangan Shinichi baik-baik saja. Shinihi melihat ada mata di tangan kanannya. Shinichi pulang kerumah untuk melakukan tes dengan menyakiti tangannya, namun tangan Shinichi kemudian berubah bentuk, memiliki mata, dan mulut, serta dapat berbicara. Mereka berdua pun terpaksa hidup berdampingan. Takdir baru Mereka pun dimulai, mereka pun bekerja sama melawan alien jahat lainnya yang memasuki dunia manusia.

7. Shinsekai Yori

Shinsekai Yori adalah anime yang bercerita tentang kehidupan umat manusia di tahun 3013, dimana umat manusia mulai bisa mengembangkan kekuatan supranatural Psychic.

Di tahun 3013, populasi manusia mengmbangkan kekuatan psychic yang Mereka sebut sebagai “Canto”. Namun banyak orang yang menggunakan Canto untuk aksi kejahatan dan kekerasan, hal ini mengakibatkan kekacauan pada alam.
Akhirnya Rezim pemerintahan memutuskan untuk mengendalikan para pengguna psychic ini agar tidak melukai orang lain.
Sementara itu, Saki Watanabe, mulai membangkitkan kekuatan psychicnya di usia 12 tahun, dan Dia belajar mengendalikan kekuatannya di academi sage, sekolah khusus paranormal. Bersama dengan teman temannya, Saki Watanabe menemukan hal yang janggal tentang dunia ini. Dimana teman mereka menghilang dan bahkan Mereka hampir tidak mengingat keberadaan mereka, seolah-olah memori dan kenangan dihapus secara paksa.

8. Paprika

Paprika merupakan sebuah anime horror yang berkisah tentang sebuah alat canggih yang mampu menembus kedalam mimpi manusia. Tujuan awal pembuatan alat ini adalah untuk mengobati luka psikis seseorang, namun malah disalah gunakan untuk kejahatan.

Di masa depan, manusia sudah bisa melihat mimpi orang lain, mengakses mimpi Mereka, dan mengontrol mimpi mereka.
Dua orang dokter, Atsuko Chiba dan Kosaku Tokita, talah mengembangkan “DC Mini”. sebuah alat yang berfungsi untuk menggali mimpi orang lain. Tujuan awalnya adalah untuk menyembuhkan pasien dari gangguan psikologis yang Mereka alami. Namun masalah mulai muncul ketika teknologi ini dicuri. Orang-orang disekotar Mereka mulai bertingkah aneh. Mimpi Mereka mulai dibajak oleh teroris mimpi. Untuk mengatasi hal itu “Paprika”. seorang alter ego dari dari Atsuko Chiba berusaha mencari teroris melalui mimpi mimpi.

9. Higurashi no Naku Koro ni

Higurashi no Naku Koro ni ialah sebuah anime horror yang menceritakan tentang sebuah desa yang tenang dan damai, namun ternyata terdapat misteri pembunuhan yang belum terpecahkan. Ada apa sebenarnya dengan desa dan seluruh penduduk di desa ini?

Keiichi Maebara baru saja pindah ke desa Hinamizawa yang damai dan tenang ini. Keiichi kemudian dengan cepat akrab dengan beberapa anak disana. Saat desa sedang bersiap untuk mempersiapkan festival di musim panas tiap tahunnya, Keiichi mulai belajar tentang legenda yang ada didesanya tersebut. Keiichi merasa ngeri, karena pernah terjadi pembunuhan dan penghilangan mayat di desa Hinamizawa beberapa tahun terakhir, peristiwa pembunuhan itu sepertinya terhubung dengan festival dan dewa pelindung desa yang Mereka sebut sebagai Oyashiro. Ketika Keiichi bertanya pada teman-temannya, Mereka malah diam, mengabaikannya, atau bahkan menolak memberikan jawaban. Saat banyak misteri aneh mulai bermunculaan mulai terjadi, Keiichi merasa teman-temannya tersebut menyembunyikan sesuatu, bahkan Keiichi berfikir apakah teman-temannya tersebut dapat dipercaya? Keiichi pun akhirnya terjatuh kedalam kejadian-kejadian misterius di desa Hinamizawa.

10. Jigoku Shoujo

Jigoku Shoujo adalah sebuah anime horror yang mengisahkan tentang gadis neraka bersama pengawalnya, yang akan mengirim targetnya langsung ke neraka.

Pernahkah kalian mendengar urban legend? Dimana ketika seseorang dengan rasa dendam yang tinggi, kemudian mengakses situs neraka pada tepat tengah malam, maka Dia akan terhungung dengan gadis neraka.
Ai Enma adalah soerang gadis neraka. Bersama pengawalnya, Ai Enma menawarkan sebuah kontrak perjanjian. Ai Enma akan memberikan boneka jerami kepada clientnya. Lalu Enma Ai akan menjelaskan, Jika tali pada bokeka jerami itu dicabut, maka orang yang dibenci akan dikirim ke neraka, namun ada hal yang harus dibayar dengan setimpal, Orang yang menarik tali tersebut juga akan dikirim ke neraka. Orang baik sekalipun bisa menjadi orang jahat dengan penawaran terkutuk ini.

Baca Juga : Macam Jenis Genre Anime Beserta Artinya

Erwin
  • Erwin

Leave a Comment

Your email address will not be published.