25 Macam Jenis Genre Anime Beserta Artinya

erwinpratama.com – Apakah Kamu baru pertama kali nonton anime? Sebelum Kamu menonton anime, yuk kenali dulu genrenya.

Apa itu genre? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata “genre” memiliki arti sebagai “tipe” atau “jenis”. Jadi “Genre Anime” jika diartikan menjadi “tipe anime” atau “jenis anime”.

Seperti halnya musik atau film, anime ternyata juga memiliki genre. Genre pada anime ini akan memudahkanmu dalam memilih sebuah anime untuk ditonton. Dan genre anime ini akan menentukan jalan cerita atau konsep suatu anime.

Beberapa orang menganggap anime hanyalan tontonan anak kecil, namun pendapat itu sepenuhnya salah. Karena pada faktanya beberapa anime tidak layak untuk ditonton anak-anak, karena bisa saja anime tersebut mengandung unsur kekerasan, dan unsur s3ksualitas. Untuk itu Erwin Pratama menyarankan, sebelum menonton sebuah anime, pahami dahulu genre anime tersebut.

genre anime

Macam Genre Anime Dan Artinya

1. Genre Anime Action
Anime dengan genre action adalah anime yang banyak mengandung unsur aksi didalamnya. Unsur aksi disini meliputi adegan perkelahian fisik dan adegan kekerasan. Beberapa anime genre action juga biasanya menambahkan elemen superpower. Genre aksi ini sangat cocok untuk para pria, atau cocok untuk Kamu yang menyukai aksi pertarungan.
Contoh anime genre aksi : Attack On Titan, Sword Art Online, One Punch Man, dll

2. Genre Anime Adventure
Anime dengan genre adventure merupakan anime yang mengandung unsur petualangan didalamnya. Biasanya tokok karakter anime tersebut akan berpetualang menuju tempat baru atau bahkan dunia baru. Biasanya dalam proses berpetualang, karakter utama akan bertemu dengan orang baru, yang kemudian diajak untuk berpetualang bersama.
Contoh anime genre petualangan : One Piece, Hunter X Hunter, Fairy Tail, dll.

3. Genre Anime Comedy
Anime dengan genre comedy ialah anime yang mengandung unsur humor, komedi, dan parodi. Poin utama di anime komedi adalah kelucuan dari tokoh karakter utama atau karakter sampingan/pembantu. Kelucuan ini bisa secara verbal (kata-kata/ucapan) ataupun melakukan aksi konyol. Genre Komedi ini cocok buat Kamu yang ingin tertawa menikmati cerita anime yang lucu dan menghibur.
Contoh anime genre komedi : Gintama, Kaguya Love is War, Nisekoi

4. Genre Anime Drama
Anime dengan genre drama adalah anime yang menceritakan tentang kisah drama yang sifatnya sedih. Genre Drama ini adalah kebalikan dari genre komedi. Kehidupan dari tokoh utama akan diceritakan begitu menyedihkan, banyak masalah yang datang, atau kehilangan sesuatu yang berharga. Walaupun begitu rata-rata alur cerita di anime drama begitu luar biasa indah dan tersusun rapi. Genre drama ini cocok buat Kamu yang ingin mencari tontonan anime dengan cerita yang bagus.
Contoh anime genre drama : Clannad After Story, Koe No Katachi, Shigatsu Wa Kimi No Uso.

5. Genre Anime Ecchi
Anime Dengan genre Ecchi merupakan anime yang mengandung unsur m3sum. Kata “Ecchi” sendiri adalah sebuah pelafalan bagi orang jepang, yang menyebut huruf “H” (“H” dibaca “Ecchi”). “H” disini merujuk kepada “H3ntai”. Anime Ecchi ini sifatnya m3sum. Berbeda dengan H3ntai, anime ecchie TIDAK memperlihatkan dengan jelas adegan s3xualnya. Ciri utama anime ecchi adalah bagian atas perempuan (oppay) yang dipertontonkan sepanjang series, sedangkan bagian bawah sama sekali tidak dipertontonkan. Walaupun begitu, genre Ecchi tidak separah genre h3ntai.

6. Genre Anime Harem
Anime Dengan Genre Harem ialah anime yang bercerita yang berfokus pada tokoh utama cowok, yang dikelilingi, diperebutkan, disukai oleh banyak cewek. BIASANYA, genre harem adalah bahwa si cowok tidak bisa menentukan pilihan mana cewek yang disukainya, akhirnya semakin banyak pula cewek-cewek yang mendekat kepada si cowok berharap untuk merebut hati cowok tersebut. Genre harem ini mungkin cocok buat para jomblo yang berharap bisa disukai oleh banyak cewek cewek cantik, haha.
Contoh anime genre harem : Nisekoi, Grisaia no Rakuen, Saenai Heroine no Sodatekata Fine.

7. Genre Anime Hentai
Anime dengan genre h3ntai adalah anime yang mengandung materi dewasa. Didalam anime h3ntai, terdapat scene adegan s3xualitas. Genre hentai ini tentu saja lebih parah daripada genre Ecchi. Anime dengan kategori h3ntai ini diperkhususkan oleh orang dewasa, dan tidak dianjurkan untuk ditonton oleh anak kecil. Anime h3ntai ini mungkin cocok buat orang yang otaknya udah mesum gak karuan haha. Dalam visualnya, terdapat 2 jenis, yaitu censored dan uncensored.

8. Genre Anime Historical
Anime dengan genre histori ini mengandung informasi tentang sejarah. Sejarah disini meliputi : tempat sejarah, cerita sejarah, biografi kehidupan seseorang/tokoh/kelompok. Namun tidak semua anime dengan kategori historical ini memuat sejarah asli, terkadang beberapa anime menambahkan sejarah buatan (mencampurkan sejarah asli dan sejarah karangan). Anime genre sejarah ini cocok buat Kamu yang ingin belajar tentang sejarah yang ada di masa lalu.
Contoh anime genre historical : Hotaru no Haka, Rurouni Kenshin, Barefoot Gen.

9. Genre Anime Horror
Anime dengan genre horor adalah sebuah anime yang memiliki cerita yang seram, mistis, dan supranatural. Dalam cerita, karakter utama akan dihadapakan dengan sosok makhluk ghaib seperti contohnya : hantu, siluman, atau bahkan monster. Di anime kategori horror ini, manusia bisa saja terburuh oleh makhluk halus. Anime ini sangat cocok untuk orang yang pemberani, yang tidak takut sama sekali dengan hantu. Atau buat Kamu yang hanya sekedar ingin mencari ketegangan dalam cerita horor.
Contoh anime genre horror : Gakkou No Kaidan (Ghost at School), Hellsing Ultimate, Shiki.

10. Genre Anime Josei
Josei adalah genre sebuah anime yang ditujukan khusus untuk wanita dewasa. Target pasar untuk kategori Josei ini memang untuk wanita yang berumur dewasa. Cerita anime Josei masih mengisahkan tentang hubungan percintaan yang lebih realistis. Jika Shoujo mengisahkan kisah cinta ideal yang diimpikan remaja perempuan, maka Josei mengikasahkan kisah cinta yang realistis dan relatable, yang mungkin saja terjadi di kehidupan dunia nyata.
Contoh anime genre Josei : Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu, Chihayafuru, Nodame Cantabile,dll.

11. Genre Anime Mecha
Anime dengan genre mecha merupakan sebuah anime yang bertema tentang mesin robot. Kata “Mecha” sendiri merupakan singkatan dari “mechanic”, yang memiliki makna “mesin”, “mekanik”, “ahli mesin”. Didalam anime mecha ini pastinya akan terdapat robot-robot dengan kekuatan super atau mesin-mesin yang canggih. Anime dengan kategori mecha ini cocok buat Kamu yang ingin melihat adegan pertarungan yang menggunakan robot canggih.
Contoh anime mecha : Gundam, Neon Genesis Evangelion, Code Geass, dll.

12. Genre Anime Music
Anime dengan genre musik ialah sebuah anime yang memasukkan elemen-elemen musik dan lagu didalamnya. Didalam anime kategori music ini, tokoh-tokoh utama akan memainkan alat musik, seperti contohnya : gitar, piano, drum, dll. Dan beberapa tokoh tersebut akan menyanyikan lagu. Atau bisa juga Mereka akan membentuk sebuah group band musik. Genre Anime Musik mungkin cocok buat seseorang yang hoby mendengarkan musik/lagu.
Contoh Anime genre music : K-On!, Love Live! School Idol Project, Hibike! Euphonium. dll

13. Genre Anime Mystery
Anime dengan genre Misteri adalah anime yang menceritakan kisah-kisah misteri. Genre Mystery adalah sebuah cerita yang mengundang rasa penasaran. Seperti contohnya: Siapa pelakunya? Siapa dalang dibalik kekacauan ini? Dimana asal-usulnya kejadian seperti ini. Genre misteri ini cocok buat Kamu yang ingin memecahkan teka-teki. Atau ingin menemukan siapa penjahat sebenarnya.
Contoh anime genre misteri : Hyouka, Danganronpa, Detective Conan, dll.

14. Genre Anime Psychologial
Anime dengan genre psychological meruapakan anime dengan cerita yang berkaitan erat dengan mental seseorang. Cerita akan berfokus pada tokoh utama, yang mengalami suatu kejadian sehingga mempengaruhi mentalnya. Atau bisa juga sebuah anime yang mempelajari suatu bidang ilmu mental manusia. Genre psychological ini bisa saja mempengaruhi mentalmu atau cara berfikirmu atau bahkan mempengaruhi sudut pandangmu.
Contoh anime genre psikologikal : Death Note, Re:Zero, Psycho-Pass, dll.

15. Genre Anime Romance
Anime dengan genre romance ialah anime yang mengisahkan tentang kisah cinta. Tokoh utama akan mengalami hubungan percintaan. Tentu saja kisah romansa ini akan dialami laki-laki dan perempuan. Menurut alurnya, dari yang awalnya tidak kenal, kemudian saling mengenal, dan karena suatu kejadian, akhirnya Mereka timbul perasaan suka. Genre Romance ini cocok buat Kamu yang ingin merasakan manisnya jatuh cinta.
Contoh anime genre romance : Kimi no Na wa, Oregairu, Relife, dll.

16. AGenre Anime School
Anime dengan genre School adalah anime yang berfokus seting tempat di sebuah sekolah. Tokoh-tokoh utama sudah pasti adalah murid sekolahan. Walaupun berlatar belakang di sebuah sekolah, namun adegan yang banyak tersorot bukanlah scene tentang kegiatan belajar di kelas, melainkan kejadian di waktu luang atau di jam istirahat. Genre school ini cocok buat Kamu yang ingin menikmati serunya masa-masa di sekolah.
Contoh anime genre sekolahan : Clannad, Kaguya Sama : Love is War, Oregairu, dll.

17. Genre Anime Sci-Fi
Sci-fi adalah sebuah genre anime yang menceritakan tentang fiksi ilmiah. Kata “Sci-Fi” sendiri merupakan singkatan dari “Science Fiction”. Fiksi ilmiah adalah sebuah sains fiksi, yang sifatnya spekulatif, sains yang belum dapat diterima oleh nalar manusia saat ini, atau sains hasil imajinasi pengarang. Beberapa diantaranya membahas penemuan baru, atau bahkan teknologi canggih yang belum ada saat ini. Walaupun begitu genre Sci-fi ini memberikan inovasi baru terhadap perkembangan sains, sehingga kedepannya teknologi yang ada di film Sci-fi bisa terwujud di dunia nyata.
Contoh anime genre fiksi ilmiah : Psycho-Pass, Code Geass, Steins;Gate,dll

18. Genre Anime Seinen
Seinen merupakan genre anime yang menceritakan kisah yang berfokus tentang kehidupan pria dewasa. Target pasar untuk genre Seinen memanglah seorang pria yang sudah dewasa. Biasanya genre Seinen itu ceritanya lebih serius dan lebih sulit dicerna. Kisahnya Seinen meliputi masalah pribadi, masalah kehidupan, masalah di tempat kerja, masalah hubungan s3xualitas, bahkan sampai ke ranah politik pemerintahan. Pokoknya genre Seinen ini mengisahkan masalah yang harus dihadapi oleh pria dewasa. Anime Seinen ini cocok buat Kamu yang ingin mencari cerita yang lebih serius.
COntoh anime genre seinen : Mushishi, Lupin, Monster, dll.

19. Genre Anime Shoujo
Shoujo adalah sebuah genre anime yang menceritakan tentang kehidupan tokoh utama yang diambil berdasarkan sudut pandang untuk anak remaja perempuan. Dimana ceritanya berhubungan tentang percintaan. Genre Shoujo ini memang ditujukan khusus untuk remaja perempuan. Jika Kamu adalah seorang perempuan, artinya kategori shoujo sangat pas buat Kamu.
Contoh anime genre shoujo : Fruits Basket, Natsume Yuujinchou, Ouran Koukou Host Club, dll.

20. Genre Anime Shonen
Seinen merupakan sebuah genre anime yang menceritakan tentang kehidupan tokoh utama yang diambil berdasarkan sudut pandang untuk anak remaja laki-laki. Genre Shonen ini memang ditujukan khusus untuk remaja laki-laki. Dimana ceritanya berhubungan tentang perjuangan dan persahabatan. Jika Kamu adalah seorang laki-laki, artinya kategori seinen sangat pas buat kamu.
Contoh anime genre Shonen : One Piece, Naruto, Hunter X Hunter, dll.

21. Genre Anime Slice of Life
Slice of Life ialah sebuah genre anime yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dari karakter tersebut. Apa yang dikerjakan, apa yang dilakukan, apa yang dikatakan, akan berdampak kepada cerita kehidupannya.
Contoh anime genre slice of life : Violet Evergarden, Fruits Basket, Clannad: After Story, dll.

22. Genre Anime Sport
Sport adalah sebuah genre anime yang memiliki tema olah raga. Semua adegan scene diambil saat para tokoh karakter sedang olahraga. Scene tersebut meliputi : latihan olahraga, pertandingan olahraga, bertarung melawan tim lain, kerja sama tim, dll. Contoh olahraga yang populer di anime-anime adalah : sepak bola, volley, basket, baseball, dll. Genre Sport ini sangat cocok buat Kamu yang merupakan penggemar olahraga.
Contoh anime genre olahraga : Tsubasa, Haikyuu!!, Slam Dunk, dll.

23. Genre Anime Thriller
Thriller merupakan sebuah genre anime yang lebih menyuguhkan cerita yang lebih menegangkan. Genre Thriler ini hampir mirip dengan genre mistery, hanya saja genre thriller lebih banyak aksi didalamnya. Biasanya, tokoh utama akan berpacu dengan waktu, penuh dengan aksi yang menegangkan, dan biasanya tokoh protagonis akan melawan tokoh antagonis yang jauh lebih kuat. Genre Thriller sangan cocok buat Kamu yang ingin mencari anime dengan cerita yang seru.
Contoh anime genre thriller : Yakusoku no Neverland, Re:Zero, Higurashi no Naku Koro ni Kai.

24. Genre Anime Yaoi
Yaoi ialah sebuah genre anime yang mengisahkan hubungan percintaan terlarang antara cowok dengan cowok. Biasanya anime ini disukai oleh cewek cewek yang memiliki ketertarikan melihat hubungan percintaan antar cowok. Genre Yaoi ini sangat TIDAK DISARANKAN bagi Kamu yang masih NORMAL.

25. Genre Anime Yuri
Yuri adalah sebuah genre anime yang mengisahkan tentang hubungan percintaan terlarang antara cewek dengan cewek. Genre Yuri ini juga sangat TIDAK DISARANKAN bagi Kamu yang masih NORMAL.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *