10 Pola Hidup Sehat Agar Tubuh Terhindar Dari Berbagai Penyakit

erwinpratama.com – Sekarang Erwin akan memberikan artikel kesehatan dengan judul 10 Pola Hidup Sehat Agar Tubuh Terhindar Dari Berbagai Penyakit.

Sehat adalah anugrah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Setiap manusia yang hidup di dunia ini, pasti ingin hidup sehat. Ketika Kita sehat, Kita bisa melakukan apa saja yang Kita sukai, Kita dapat bekerja dengan baik, dan Kita dapat makan apapun dengan enak. Sebaliknya, Jika Kita sakit, Kita tidak bisa melakukan apa yang Kita inginkan, pekerjaan yang Kita lakukan jadi berantakan, dan makan apapun rasanya jadi gak enak.

Menjaga kesehatan itu penting sekali. Banyak orang yang tidak bisa menjaga kesehatannya, padahal kalau mereka sudah dilanda sakit, Mereka akan susah sendiri jadinya. Biaya berobat yang mahal selalu menjadi momok tersendiri bagi setiap manusia. Karena harga obat yang cukup mahal, maka janganlah Kamu sakit. Kalau Kamu sakit, bukan Kamu saja yang akan dirugikan, orang terdekat seperti keluarga Kamu juga akan dirugikan. Nah, Erwin punya solusi cara menjaga tubuhmu agar tetap sehat.

cara hidup sehat

Pola Hidup Sehat Agar Tubuh Terhindar Dari Berbagai Penyakit

1. Istirahat Cukup
cukup istirahat, cukup tidur
Cara hidup sehat yang pertama adalah cukup waktu untuk tidur/istirahat. Sebagian orang masih meremehkan masalah tentang kebutuhan tidurnya. Mereka beralasan jika tidak memiliki waktu cukup untuk tidur karena sibuk dengan pekerjaan. Apapun pekerjaan Kita, usahakan agar waktu istirahat Kita cukup. Waktu tidur yang disarankan adalah selama 6-8 jam dalam sehari, dan waktu untuk memulai tidur yang baik adalah dibawah jam 12 malam (jam 9, 10, 11, 12 malam). Bahan tempat tidur seperti kasur dan bantal juga cukup berpengaruh untuk membantumu tidur. Carilah kasur atau bantal yang nyaman, yang bisa membuatmu enak untuk tidur sehingga tidurmu menjadi berkualitas.

Kurang istirahat atau kurang tidur dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Penyakit yang diakibatkan kurang tidur adalah: Mengalami sakit kepala/pusing, terserang penyakit masuk angin, mudah terkena penyakit flu, mengalami depresi, badan terasa lemas, mengurangi daya konsentrasi, nafsu makan terganggu, mudah marah/emosi tidak stabil, Mengalami halusinasi, wajah menjadi pucat, timbul kantung mata, bahkan sampai terkena resiko kanker.

2. Atur Pola Makan
atur pola makan
Semua orang pasti suka makan. Makan memang enak karena bisa bikin perut kenyang. Namun, kegiatan makan bisa jadi penyebab tubuhmu menjadi sakit. Manusia butuh makan memang untuk hidup, tapi jangan sampai hidupmu jadi menderita karena makanan yang Kamu makan.

Untuk Kamu yang suka makan sembarangan, lebih baik segera hentikan mulai saat ini juga. Karena, salah menjaga pola makan ternyata bisa menimbulkan penyakit tubuh. Pola makan yang baik adalah makan 3 kali sehari, pagi, siang, dan malam. Kalau perutmu sudah lapar, segeralah makan jangan ditunda-tunda. Yang penting adalah mengatur jadwal makan dan jangan telat makan. Kalau sudah merasa kenyang, segera berhenti makan.

3. Makan Makanan Yang Bergizi, Kaya Serat, Dan Vitamin
makanan sehat bergizi
Makanlah makanan sehat yang bergizi, penuh vitamin, dan kaya akan serat. Hindari makanan berlemak ataupun juga makanan junkfood.

Makanlah juga buah dan sayuran yang kaya akan serat dan juga vitamin. Nutrisi dalam buah dan sayuran memang sangat diperlukan oleh tubuh.

Selain makanan, minuman juga harus diperhatikan. Minumlah air putih secukupnya. Selain air putih, Minum pula susu.

Penyakit-penyakit akan muncul jika Kamu tidak mengatur apa yang Kamu makan. Salah makan akan menimbulkan penyakit seperti: Berat badan naik/kegemukan, masalah pencernaan, susah buang air besar, kolestrol, sampai kepada kanker usus.

4. Cukup Minum Air Putih
cukup minum air putih
Minum air putih bukan hanya untuk mengatasi rasa haus saja, tapi juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tubuh Manusia membutuhkan cairan yang cukup, jika tidak, maka tubuh manusia akan mengalami dehidrasi. Kita hidup di Indonesia, sebuah daerah dengan iklik tropis, sudah tentu Kita membutuhkan cairan yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Jika Kamu kurang minum air putih, bukan hanya dehidrasi saja yang akan Kamu dapatkan, Kamu juga akan terkena penyakit jika kurang minum air putih seperti: Terkena penyakit ginjal, sembelit, kulit tampak keriput, mudah lelah, konsentrasi terganggu. Jadi, minumlah sesuai kebutuha tubuhmu.

5. Olah Raga Rutin
olah raga
Kamu orangnya suka Mager (malas gerak), dan jarang olah raga,  berhati-hatilah karena penyakit akan mudah sekali menyerang tubuhmu. Banyak orang yang jarang olah raga karena alasan kesibukan atau gak punya waktu untuk olah raga. Olah raga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang dengan cara menggerakkan tubuh. Tubuh yang malas digerakkan akan membuat tubuh tersebut menjadi lemah. Tubuh harus sering digerakkan dan dilatih agar menjadi kuat.

Ayo jangan malas berolah raga, kalau Kamu sibuk, usahakan olah raga minimal satu kali dalam seminggu, bisa dilakukan di minggu pagi. Olah raga sebenarnya bisa dilakukan diluar ruangan ataupun didalam ruangan (Gym). Akan tetapi, olah raga yang paling baik adalah di luar ruangan pada pagi hari, karena sinar matahari saat pagi hari itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kamu bisa melakukan olah raga ringan seperti jalan kaki ataupun jalan cepat.

Jarang olah raga bisa menyebabkan banyak penyakit, seperti: Daya tahan tubuh menurun, berat badan tidak terkontrol, obesitas, tenaga dan kekuatan tubuh jadi berkuang, mudah merasa lelah dan tubuh merasa lemas, kalori menumpuk dan akan menjadi lemak, insomnia (susah tidur), dan Penyakit mudah datang.

6. Hindari Rokok
hindari rokok
Rokok adalah salah satu racun tubuh yang berbentuk sebagai gas. Sebatang rokok saja sudah mengandung banyak zat beracun bagi tubuh. Beberapa zat yang berbahaya pada rokok adalah Nikotin dan Tar, juga terdapat beberapa zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Asap dari pepmbakaran rokok juga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Asap rokok mengandung Karbon Monoksida, Karbon dioksida, dan zat udara beracun lainnya.

Bahaya Rokok: menyebabkan ketagihan untuk terus merokok, muka terlihat lebih tua dari umurnya, bibir terlihat berwarna hitam, membuat gigi menjadi kuning, sesak nafas, napas jadi pendek, merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Bukan si perokok saja yang terkena dampak negatif dari rokok, tapi orang non-perokok didekatnya juga terkena asap racunnya.

7. Hindari Narkoba
katakan tidak pada narkoba
Narkoba adalah salah satu racun tubuh yang berbentuk sebagai Obat, pil, serbuk, suntikan, dll. Istilah “Narkoba merusak generasi muda” memang benar sekali. Kaum muda selalu menjadi sasaran pengunaan narkoba. Jangan sekali-kali dekat dengan narkoba karena banyak sekali efek negatif dari narkoba.

Bahaya Narkoba: menyebabkan ketagihan untuk terus mengkonsumsi narkoba, nafsu makan berkurang, tubuh jadi kurus kering, wajah pucat, merusak sistem kekebalan tubuh, Bisa terkena HIV/AIDS jika menggunakan narkoba lewat jarum suntik, paranoid/halusinasi, merubah sifat seseorang menjadi jahat, overdosis narkoba, hingga menyebabkan kematian. Narkoba sangat berbahaya karena dapat merusak generasi bangsa.

8. Hidari Minuman Keras
hindari minuman alkohol
Minuman Keras adalah suatu bentuk racun yang berbahaya jika dikonsumsi tubuh Kita. Banyak orang beranggapan jika minum minuman keras akan melupakan masalah atau meringan masalah, namun itu salah. Minum minuman keras justru akan menambah masalah bagi tubuh.

Bahaya Minuman Keras: menyebabkan ketagihan untuk terus meminum minuman keras, mabuk, mual dan muntah, gangguan lever, menurunkan fungsi otak, dapat merubah sifat orang menjadi jahat. Didalam hukum agama islam, minum minuman keras seperti alkohol, termasuk salah satu dosa besar, karena bisa membuat orang tidak sadar melakukan perbuatan buruk seperti membunuh dan memperkosa orang lain.

9. Berpikir Positif
berfikir positif
Penyakit itu juga bisa datang lewat pikiran Lho. Pikiran adalah pengendali tubuh. Jika Kamu bisa mengendalikan pikiranmu untuk terus berfikir positif, maka penyakit susah untuk menyerah tubuhmu. Sugesti dari pikiran itu kuat sekali sifatnya. Jika Kamu merasa akan sakit, Kamu harus tetap berfikir positif bahwa tubuhmu kuat. Kalau Kamu sakit sekalipun, Kamu harus berfikir jika sakit ini tidak parah, dan berfikirlah pula jika penyakit yang ada di tubuhmu itu cepat sembuh. Hindari stres dan depresi, pekerjaan yang menumpuk memang bikin stres, untuk itu segeralah selesaikan pekerjaanmu.

10. Silaturahmi
silaturahmi
Ada yang bilang jika “Silaturahmi dapat memperpanjang umur”, dan itu memang benar. Pengertian silaturahmi adalah mempererat tali persaudaraan atau lebih dekat dengan teman, saudara, atau keluarga. Dengan silaturahmi Kita dapat lebih mudah untuk tersenyum. Biasanya kalau Kita bertemu dengan orang yang Kita kenal, pasti Kita akan tersenyum dan bahagia. Salah satu hal termudah dalam menjaga kesehatan adalah dengan tersenyum dan merasa bahagia. Untuk itulah mengapa silaturahmi itu penting sekali dalam menjaga kesehatan.

Erwin sudah memberikan tips hidup sehat. Intinya, pola hidup sehat adalah: istirahat cukup, atur pola makan, Makan Makanan Sehat, Cukup Minum Air Putih, Olah Raga Rutin, Hindari Rokok, Hindari Narkoba, Hidari Minuman Keras, Berpikir Positif, Silaturahmi. Dan terakhir, berdoalah kepada Tuhan agar selalu diberi kesehatan.

Jika Kamu sudah mengikuti semua cara sehat diatas tapi Kamu masih sakit, mungkin saja Allah SWT sedang mengujimu. Allah SWT mengujimu lewat penyakit. Jika Kamu sakit, Doa kepada Allah SWT agar mendapatkan kesembuhan, dan minum obat sesuai yang dianjurkan oleh dokter.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *