Apa itu Puisi? Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

erwinpratama.com – Apakah Kamu tahu tentang puisi? Puisi sebenarnya bukanlah hal baru. Menurut sejarah, puisi sudah ada sejak zaman dahulu kala. Puisi tertua yang diketahui oleh manusia, ditemukan tertulis diantara teks piramida, yang telah ada semenjak abad ke 25 SM (Sebelum Masehi).

Beberapa daerah di dunia ini memiliki ragam sejarah puisi. Contohnya di Indonesia. Konon, puisi sudah ada di Indonesia semenjak zaman kerajaan kuno. Karya sastra kuno ini ditulis dalam bahasa sansekerta atau bahasa jawa kuno. Dan pada waktu itu, puisi kuno tersebut dinyanyikan.

Kemudian muncul puisi modern. Puisi modern pertama kali di Indonesia adalah sajak “Tanah Air” yang dikarang oleh M. Jamin (Muhammad Yamin), yang mana puisi ini ditemukan di surat kabar Jong Sumatra No.4.

Lalu di tahun-tahun berikutnya muncul nama-nama penyair (penulis puisi) terkenal, dengan karya-karya puisinya yang fenomenal, populer, dan tak lekang oleh waktu. Bahkan karya-karya puisi dari para penyair legendaris tersebut sering kali diajarkan di sekolah-sekolah. Para penyair hebat tersebut adalah Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, Goenawan Mohamad, Sutardji Calzoum Bachri, Sitor Situmorang, Joko Pinurbo, Remy Silado, Widji Thukul, W.S. Rendra, dll.

apa itu puisi

Apa itu Puisi?

Menurut Saya (Erwin Pratama), puisi adalah ungkapan perasaan dari penyair yang dirangkai menjadi suatu bentuk tulisan dan disusun kedalam bait yang mengandung makna. Seorang penyair (pembuat puisi) pasti tidak sembarangan dalam membuat karyanya tersebut. Mungkin sebagian orang yang membaca karyanya ada yang tidak dimengerti artinya. Para penyair kebanyakan membuat puisi dengan gaya bahasa yang susah dimengerti, hal ini membuat para pembaca puisi susah untuk memahami makna sebenarnya yang ada didalam puisi itu. Walaupun demikian setiap puisi yang diciptakan selalu memiliki arti puisi yang tersimpan didalamnya.

Tidak ada paksaan dalam membuat puisi, apakah puisi itu harus bagus atau tidak. Lagipula membuat puisi itu harus bebas walaupun hasilnya bagus atau jelek menurut pandangan orang lain. Di dalam dunia puisi ada dua jenis puisi yaitu puisi lama dan juga puisi baru. Sebuah puisi menjadi lebih indah jika diberi majas ( gaya bahasa ) didalam rangkaian bait puisi tersebut. Puisi biasanya mengandung makna konotasi didalamnya. Dalam membuat suatu puisi maka kita harus mengetahui unsur – unsur puisi yang sangat penting. Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara membaca puisi yang baik dan benar.

Nah diatas adalah penjelasan singkat tentang puisi dari Erwin Pratama. Lalu bagaimana tentang pengertian puisi menurut orang lain?

pengertian puisi

Pengertian Puisi

Dibawah ini adalah pengertian puisi menurut para ahli dari sumber yang paling terpercaya.

1. Pengertian Puisi Menurut Wikipedia

“Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait.”

2. Pengertian Puisi Menurut KBBI

1. ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait;
2. gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus;
3. sajak;

3. Pengertian Puisi Menurut Herman J. Waluyo

Puisi adalah karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi rima dengan bunyi yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif). Waluyo (2002:1)

4. Pengertian Puisi Menurut Watt-Dunton

Puisi adalah ekpresi kongkret yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama. (Watt-Dunton dalam Situmorang, 1980).

5. pengertian Puisi Menurut Aisyah

Puisi merupakan hasil penafsiran penyair terhadap kehidupan. (Aisyah, 2007:2).

6. pengertian Puisi Menurut Suroto

Puisi adalah karangan yang singkat, padat, pekat. Suroto (1989: 40)

7. Pengertian Puisi Menurut Pradopo

Pradopo (1995) mengatakan bahwa puisi adalah rekaman dan interpretasi dari berbagai pengalaman manusia yang penting, digubah dalam bentuk atau wujud yang paling berkesan.

8. Pengertian Puisi Menurut Aminuddin

kata puisi berasal dari bahasa Yunani pocima “membuat” atau poeisis “pembuatan”. Puisi diartikan “membuat” dan “pembuatan” karena lewat puisi pada dasarnya seseorang telah menciptakan suatu dunia tersendiri, yang mungkin berisi pesan atau gambaran suasana-suasana tertentu, baik fisik maupun batiniah. Aminuddin (2009:134)

9. Pengertian Puisi Menurut Ratih Mihardja

Puisi adalah seni tertulis dimana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Ratih Mihardja (2012:18)

10. Pengertian Puisi menurut Hasanuddin

Puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif penyair yang masih abstrak dikonkretkan, untuk mengkonkretkan peristiwa-peristiwa yang telah ada di dalam fikiran dan perasaan penyair, dan puisi merupakan sarananya. Hasanuddin (2002:5)

11. Pengertian Puisi Menurut Semi

Puisi dapat diumpamakan sebagai suatu pernyataan yang menyenangkan yang muncul dari suatu kemampuan, penyairnya melihat sesuatu secara antusias dengan jurus yang tepat. Penyair mempertimbangkan secara matang apa yang dilihatnya, kemudian mengungkapkan hasil penglihatannya tanpa terlalu berkecendrungan untuk mempermasalahkannya. Semi (1988:84)

Nah jadi bagaimana apakah anda sudah tahu sekarang tentang Definisi puisi itu sebenarnya. Jika Kamu sudah tahu tentang pengertian puisi. Maka sekarang cobalah untuk membuat karya puisi sendiri. Cobalah tantang Diri Kamu sendiri untuk membuat puisi yang indah. Atau kamu sudah membuat puisi? Silahkan kirim puisi kamu ke www.puisi.biz.id agar puisimu menjadi terkenal dan dibaca oleh orang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published.