by

Kenapa Saya Suka Anime?

Kenapa Saya suka anime?

Sebelum mengetahui alasan mengapa Saya menyukai Anime, alangkah baiknya jika Saya menjelaskan apa itu anime terlebih dahulu.

Anime adalah sebutan dari sebuah animasi buatan Jepang. Anime tentu memiliki gaya jejepangan, mulai dari wajah karakter animenya yang seperti wajah orang Jepang, dan tempat lokasi pada anime menggunakan lokasi atau tempat di daerah Jepang, bahkan budaya dan seni yang ada di anime merupakan budaya dan seni yang asli dari Jepang, pokoknya segala hal yang ada di anime masih ada hubungannya dengan Negeri Jepang.

Dahulu, anime dibuat dengan cara digambar. Namun sekarang, anime modern lebih menggunakan kinerja komputer untuk memudahkan para animator (pembuat animasi) dalam membuat anime. Anime modern lebih enak dilihat jika dibandingkan dengan anime jadul, karena kualitas gambarnya yang bagus serta sudah mendukung HD.

Jika dilihat, anime memang sama seperti animasi kebanyakan. Namun ternyata itu berbeda, anime memiliki ciri khas tersendiri sehingga orang-orang bisa membedakan itu animasi dari negara lain atau animasi buatan jepang.
Ciri-ciri anime adalah:

  1. Semua anime pasti berbahasa Jepang, hal ini wajar karena asal anime memang dari Jepang. Tapi tenang jangan khawatir jika anda tidak bisa bahasa Jepang dan ingin menonton anime, karena Kamu bisa mencari anime yang ada subtitlenya.
  2. Wajah pada tokoh anime memiliki kemiripan seperti wajah orang Jepang pada umumnya, jadi hanya dengan sekilas melihat tokoh animasi tersebut, kamu akan tahu Jika Kamu sedang melihat anime. Selain itu kebanyakan tokoh di anime memiliki ukuran mata yang besar.
  3. Gaya dan busana di anime sangat berhubungan dengan negeri Jepang. Contohnya saja: gaya rambut harajuku, pakaian sekolah di jepang, pakaian kimono, pakaian yukata, dan sebagainya.
  4. lokasi dan tempat di anime kebanyakan berdasarkan dari lokasi asli di Jepang. Bahkan bangunan seperti rumah, gedung, sekolahan, tempat wisata, dan lain sebagainya dibuat semirip mungkin dengan bangunan yang berlokasi di Jepang.
  5. Anime memiliki lagu opening dan lagu ending. Lagu ost anime tersebut kebanyakan berbahasa Jepang karena dinyanyikan oleh artis dan band asal Jepang.

Sewaktu Saya masih kecil, memang kebanyakan nonton anime, wajar saja saat itu banyak anime yang ditayangkan di televisi Indonesia. Saya lahir pada tahun 1993, bisa dibilang jika Saya adalah anak generasi 90an. Pada tahun 1990an sampai awal tahun 200an, saat itu masih banyak sekali anime yang tayang di tv.

Hampir setiap hari, anime selalu ada di tv. Namun anime paling banyak ditayangkan di minggu pagi. Jadi, mulai jam 5 pagi sampai jam 12 siang, anime selalu tayang di tv. Oleh sebab itu kalau dihari minggu, Saya mulai duduk manis menonton tv dari pagi sampai siang.

Banyak sekali anime yang sudah Saya lihat, Berikut ini adalah anime terbaik yang pernah Saya lihat di tv Indonesia: Ninja Boy (Nintama Rantarou), honey bee hutch, Cyborg Kuro-chan, yu yu hakusho, Hunter X Hunter, Yu-Gi-Oh, Dragon Ball, Crush Gear, lets and go, Detective Conan, Doraemon, Crayon Shin-chan, Inuyasha, Samurai X, Ghost At School, eyeshield 21, One Piece, Naruto, dan masih banyak lagi. Namun anime favorit Saya adalah Hunter X Hunter dengan karakter utama Gon dan Killua. Lalu karater anime favorit Saya adalah Killua.

Namun sekarang tayangan anime sudah jarang ditemui di tv, justru sekarang kebanyakan adalah tayangan yang tidak berkualitas yang tidak memberikan efek positif, khususnya pada anak-anak.

Karena sekarang anime sudah jarang muncul di tv indonesia, maka dari itu Saya mencari anime di Internet. Jadi Saya mengunduh anime di Internet. Sebenarnya ini perbuatan ilegal sih, tapi mau bagaimana lagi, hobi Saya memang menonton anime.
Saya tidak sembarangan dalam menonton anime, karena anime dengan alur cerita yang menarik saja yang akan Saya tonton. Untuk mengetahui anime yang bagus, Kamu bisa mencari info dari suatu anime di Internet. Biasanya anime yang bagus memiliki score yang tinggi, Kamu bisa melihat score anime dan review anime di https://myanimelist.net atau lihat top anime terbaik berdasarkan scorenya di https://myanimelist.net/topanime.php
Atau Kamu bisa ,menemukan dan mengetahui apa saja anime terbaik menurut Saya sendiri di blog http://www.animeterbaik.info

Terakhir, alasan Saya menyukai anime adalah…

  1. Kebiasaan dari kecil. Saya dari kecil sudah suka nonton anime, jadi kebiasaan itu masih terbawa sampai sekarang.
  2. Anime memiliki alur cerita yang menarik.
  3. Anime memiliki banyak genre yang bisa dipilih, seperti: Anime aksi, anime petualangan, anime olahraga, anime sekolah, anime horror, anime misteri, anime drama, anime romance, dan masih banyak lagi.
  4. Tokoh anime yang unik dan menarik.
  5. Gaya pakaian dari tokoh anime yang unik dan menarik.
  6. Dalam suatu anime terdapat pesan moral yang disampaikan, seperti: sifat pantang menyerah, saling menghargai teman, berbuat baik pada orang lain, kejahatan akan kalah dengan kebaikan, dan pesan moral lainnya.

Apakah Kamu juga suka menonton anime?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *